Banyak anak bukan berarti membuatmu jauh dari lingkungan dan hanya disibukkan dengan kegiatan mengurus buah hati saja.

Memiliki anak yang banyak juga bukan berarti kamu terhenti dari segala kreatifitas yang kamu miliki, kamu masih bisa kok jadi ibu yang produktif.

Anak memang butuh perhatian, tapi hal itu bisa dilakukan sembari melakukan hal-hal yang membuat dirimu berkembang dan berguna juga bagi orang lain. Orang bilang “Banyak anak banyak rezeki”.

Bukankah anak-anakmu bisa menjadi sumber inspirasi dan pemacu semangatmu untuk berkarya lebih baik lagi? Mungkin kamu ibu dengan 4 atau lebih anak, di mana masing-masing anak memiliki sifat dan tahap perkembangan yang berbeda.

aksesorisibu.blogspot.com
aksesorisibu.blogspot.com

Tiap anak sudah pasti memiliki cara tersendiri untuk menarik perhatian, maka bagilah perhatian kepada tiap anak dengan baik secara bijaksana. Jika hal itu kamu nikmati, maka kehidupanmu akan berjalan dengan normal dan baik-baik saja.

Memiliki banyak anak dengan segala perbedaan jangan sampai membuatmu kehilangan kreatifitas dan menjadi tidak produktif. Coba lakukan cara-cara berikut ini agar kamu tetap menjadi ibu yang produktif meski mengurus banyak anak.

1Mengenali Kemampuan Diri

www.kumpulankonsultasi.com

Hal ini cukup penting untuk kamu ketahui karena dirimu sendiri yang dapat mengerti dan memahami kekuatan yang kamu punya. Cari hal-hal yang kamu sukai dan bermanfaat untuk keluargamu.

Dari situ, optimalkan kemampuan yang kamu miliki beriringan dengan menjaga dan memberi perhatian kepada keluarga kecilmu. Jangan sampai disaat kamu sibuk mengurus dan menggali kemampuan diri, anakmu jadi terabaikan.

2Mengajak Anak untuk Bekerja Sama

ichiewangsitfidelbella.wordpress.com

Jangan takut untuk melibatkan anak dalam hal-hal yang akan kita lakukan. Anak akan merasa senang dan dihargai jika kita mengajaknya bergabung melakukan hal-hal baru secara bersama-sama.

Tapi jangan takut juga untuk kelelahan, sudah pasti anakmu butuh diberi pengertian dan pengawasan ekstra supaya tetap dalam koridor yang tepat dan mendapat manfaat dari melakukan kegiatan bersama.

3Jangan Panik

irstory.org

Sudah pasti anak-anakmu akan bertingkah-polah dengan berbagai macam gaya, mungkin hal itu akan menimbulkan kekacauan yang luar biasa. Akan tetapi, buat dirimu tenang dan hadapi mereka dengan cara yang baik.

Buatkan saja mereka permainan yang menarik untuk mengalihkan kekacauan yang sebelumnya mereka buat. Sehingga kamu juga bisa mengarahkan mereka untuk melakukan hal yang positif.

4Jangan Memaksakan Diri

www.bradhorrigan.com

Boleh saja menjadi ibu yang baik, namun jangan tuntut diri sendiri untuk menjadi orang yang begitu sempurna. Apa kamu tidak merasa terbebani jika selalu memikirkan hal seperti itu?

Kamu hanya membuat dirimu tertekan jika selalu berfikir untuk menjadi yang terbaik. Semuanya butuh proses, jadi lakukan saja sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki sambil terus belajar.

Nantinya yang akan menilai kamu adalah ibu yang baik atau bukan itu anakmu. Lebih baik beri perhatian kepada anak-anakmu, asuh mereka dengan kasih sayang dan besarkan mereka dengan ilmu yang cukup.

Maka anakmu akan tumbuh dan lahir dari ibu yang baik dan menjadi anak yang akan dibanggakan nantinya.

5Mensyukuri Kehidupan Ini

www.youtube.com

Hidupmu pasti tidak akan berhenti dalam keadaan yang sama di setiap harinya. Masalah yang silih berganti datang pasti mewarnai kehidupan. Jangan buat itu sebagai beban, tidak setiap hari kamu mendapat cobaan, tidak setiap hari pula kamu mendapat kesenangan.

Kamu hanya perlu berifkir positif dan menikmati apa yang telah kamu dapat. Syukuri saja semua yang terjadi dalam kehidupan ini. Hal inilah yang akan terus membakar semangatmu dan menjadikanmu lebih produktif lagi.