Aquascape merupakan perkembangan dari metode pemeliharaan ikan hias di akuarium. Jika dulunya memelihara ikan hias di akuarium dengan lebih banyak memasukkan akuarium dengan dekoratif akuarium yang biasa-biasa saja. Maka sekarang dengan aquascape bisa semakin terlihat apik.

Dalam konsep aquascape, tidak hanya ikan hias saja yang mendominasi ruang akuarium. Namun tumbuhan dan bebatuan untuk menghiasi dalam akuarium juga menjadi hal yang penting. Pada akhirnya, ikan yang dipilih untuk mengisinya pun tidak asal lho.

Dengan pilihan ikan yang pas, maka aquscape pun akan terlihat indah dan harmonis. Tata letak tumbuhan dan bebatuan akan berimbang dengan ikan hias yang mendiami akuarium sehingga seolah-olah seperti dalam seperti di habitat alaminya.

Bagi kamu yang berniat untuk membuat aquascape di rumahmu, bisa memilih beberapa ikan hias seperti berikut ini.

1Gold Fish

newsworks.org

 

Gold fish atau kita mengenalnya dengan ikan mas merupakan salah satu jenis ikan hias yang tepat menjadi pilihan untuk mendiami akuarium kamu. Ikan mas ini memiliki banyak ukuran dan warna yang berbeda. Ikan yang banyak penggemarnya dari ikan mas ini adalah ikan mas koki.

Ukurannya kecil dengan kepala bergelembung dan ekor yang menyebar. Ikan mas sangat familiar dengan suhu negara kita. Walau ikan ini lebih suka hidup pada suhu antara 17 – 24 derajat Celcius. Semua jenis ikan mas memiliki kebiasaan makan yang berantakan.

Sehingga pastikan kamu mengganti air akuarium kamu sekitar 10 hingga 20 persen setiap minggunya.

2Tetra Bloodfin

badmanstropicalfish.com

Ikan ini memiliki ciri khas dengan ukuran yang kecil, tubuh berwarna perak dengan sirip merah mencolok. Ikan ini sangat kiat. Bahkan dalam salah satu sumber menyebutkan bahwa ikan ini dapat hidup hingga 10 tahun di akuarium.

Ikan tetra bloodfin selalu aktif bergerak. Ikan ini hidup dengan baik pada suhu antara 18 – 28 derajat celcius. Cirinya yang lain, ikan ini memiliki karakter damai dan lebih suka berkelompok. Hanya saja, mereka juga cenderung pemalu.

3White Cloud

aquariumtidings.com

Ikan ini cenderung mampu mentoleransi suhu dingin hingga serendah 16 derajat celcius. Mereka memilih hidup berkelompok. Cara ini akan memberikan dampak positif bagi kesehatan dan warna ikan. Jadi pastikan kamu memelihara ikan ini dengan lebih dari enam ekor ikan.

4Danios Zebra

thefishdoctor.co.uk

Ikan Danios memiliki sebutan “first fish” karena daya tahannya untuk hidup cukup kuat. Ikan ini dapat hidup dalam kondisi air yang bervariasi. Seringkali ikan ini menjadi ikan pertama untuk menguji kualitas air akuarium sebelum memasukkan ikan jenis lainnya.

Sebagian besar jenis Danios Zebra memiliki garis horizontal terang dan menarik perhatian ketika berenang di sekitar permukaan air. Lebih lagi, ikan ini bukan merupakan ikan yang suka memilih-milih nakanan.