Ikan arwana adalah ikan yang dikenal dengan warna sisik yang sangat cantik. Ikan arwana termasuk dalam salah satu ikan yang populer dikalangan para pecinta ikan hias.

Beberapa jenis ikan arwana sudah sangat populer di Indonesia dan tidak sedikit juga para pecinta ikan hias mempunyai ikan ini di rumahnya. Namun, banyak orang yang masih belum mengetahui jenis-jenis ikan arwana.

Nah! Berikut ini merupakan beberapa jenis ikan arwana yang mungkin belum kamu lihat sebelumnya.

Baca juga: Fakta Mengejutkan Tentang Ikan Mas

1Ikan Arwana Irian

ferboes.com

Ikan yang lebih sering ditemukan di kabupaten Merauke sampai provinsi papua ini merupakan varietas ikan arwana yang cukup unik.

Ikan arwana yang biasa disebut juga jardini arwana ini mempunyai warna dasar kecoklat-coklatan dengan binti-bintik keemasan pada bagian tengah sisiknya, bagian kepala, bagian sirip, dan bagian ekornya. Ikan arwana ini sebenarnya berasal dari Australia.

2Ikan Arwana Merah

www.binatangpeliharaan.org

Ikan ini akan sangat mudah kamu temui di daerah Kalimantan Barat, seperti Sungai Kapuas dan Danau Senatrum. Namun, saat ini ikan jenis ini sangat mudah ditemui karena ikan jenis ini banyak dikembangbiakkan oleh para breeder arwana.

3Ikan Arwana Afrika

www.satwapedia.com

Ikan arwana afrika merupakan ikan arwana yang berasal dari daerah afrika bagian timur, seperti kamerun, senegal, dan gambia. Ikan arwana jenis ini mempunyai bentuk tubuh yang hampir menyerupai ikan arwana silver.

Namun, terdapat sedikit perbedaan antara ikan arwana afrika dengan ikan arwa silver yaitu bentuk kepala ikan arwana afrika lebih kecil dibandingkan dengan ikan arwana silver.

4Ikan Arwana Silver

akuariumhias.blogspot.com

Ikan yang biasa disebut juga ikan arwana brazil ini mempunyai bentuk tubuh yang sangat berbeda dengan jenis ikan arwana lainnya. Ikan arwana yang habitat aslinya di Brazil ini mempunyai bentuk tubuh dan sirip panjang.

Warna tubuhnya didominasi dengan warna abu-abu yang dilapisi dengan warna mutiara. Ikan arwana jenis ini akan sangat mudah kamu jumpai, karena banyak dijual di pasaran dan harganya cukup terjangkau.

Itulah 4 jenis ikan arwana yang akan membuatmu terpana jika memeliharanya. Selain karena memiliki daya tarik dari warna, ikan arwana juga dikenal dengan berbagai mitosnya lho. Seperti akan memberikan keberuntungan bagi pemeliharanya. Tapi ini Cuma mitos kok. Hehe.

SHARE