Kali ini kita akan berbicara tentang ikan hias. Apakah kamu di rumah memelihara ikan hias? Jenis ikan apa yang kamu pelihara? Tentu kalian mempunyai kesukaan tersendiri tentang jenis ikan apa ingin kamu pelihara.

Indonesia merupakan negara maritim atau negara kelautan. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki kekayaan ikan hias cukup banyak. Dan tahu kah kamu, banyak ikan hias di Inonesia ternyata tidak terdapat di negara lain.

Tercatat paling tidak 120 jenis ikan di tempat habitat ikan air tawar, yaitu di taman nasioanal danau Sentarum. Di sana merupakan salah satu kawasan habitat ikan tawar terlengkap di dunia. Bahkan di sana juga tercatat ikan langka yang memiliki nilai tinggi yaitu ikan Arwana.

Ikan Arwana ynag memilki nama latin Scleropages formosus ini tergolong satwa langka di Indonesia dengan habitat asli di Kalimantan dan juga Papua. Ikan Arwana merupakan salah satu  ikan hias air twar yang sangat digemari masyarakat kalangan tertentu.

(Scleropages formosus), atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan.
Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan.
Arwana Asia juga disebut “Ikan Naga” karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa. Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia.
Atau mungkin diantara kamu ada yang suka dengan ikan ini? Atau ingin memelihara ikan hias yang memiliki ciri khas unik ini?.

Ikan yang sering juga disebut ikan Naga ini sering dihubungkan dengan naga dari mitologi Tionghoa.

Jika kamu amati ikan arwana memang mempunyai cirri bentuk tubuh yang unik dank has. Ia memilki tubuh yang terkesab gagah dan sedikit angkuh serta dilengkapi sungut pada mulutnya.

Selain itu, sisiknya yang besar tersusun secara harmonis, membuat ikan ini semakin menonjol keindahannya.

Ketika Arwana diletakkan di dalam akuarium, ia berenang dengan tenang sehingga terlihat anggun. Sangat menarik bukan? Karena keindahan dan kekhasan yang ia miliki, Arwana menjadi salah satu ikan hias paling favorit dan digemari banyak kalangan di dunia.

Ikan hias arwana memiliki beberapa jenis yang tentunya membuat kita terkagum-kagum dengan keindahannya. Kamu penasaran apa saja jenis-jenis ikan Arwana? Inilah beberapa jenis ikan Arwana.

Ikan Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus akan “terancam punah” oleh IUCN tahun 2004. Jumlah spesies ini yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh masyarakat Asia.

Pengikut Feng Shui dapat membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini. Arwana mempunyai bentuk tubuh yang unik, yaitu memanjang dan ramping menyerupai pisau.

Selain itu, arwana juga memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dua buah sungut yang terdapat pada bibir bawahnya. Sungut tersebut berfungsi sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa.

Gerakan renang arwana sangat anggun dan sisik-sisiknya yang berkilau menambah indah sosok arwana. Arwana termasuk jenis ikan yang dilindungi karena ketersediaannya di alam dalam jumlah yang terbatas.

Hal inilah yang menyebabkan mahalnya harga arwana. Meskipun harganya termasuk mahal, namun arwana tetap diminati oleh bayak orang karena keindahannya.

1Arwana Merah, Satwa Air Eksotik Asli Indonesia

www.arowanaproshop.com

Seperti arti namanya, jenis arwana merah ini memilki daya tarik yang berani karena memiliki penampilan yang sangat mempesona. Arwana merah memilki ciri antara lain warna merah penuh tampak pada sirip ikan muda, bibir dan juga sungutnya.

Ketika menjelang dewasa warna merah akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya. Seperti pada tutp insang dan pinggirian sisik.

Ikan ini berasal dari berbagai tempat di Propinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Arwana merah masih dikelompokan dalam 4 varietas yaitu Merah Darah, Merah Cabai, Merang Orange, dan Merah Emas. Sungguh indah bukan?

Secara umum sosok ikan ini terlihat gagah dengan warna sirip yang terang menyala, tak salah jika arwana merah menjadi komoditi andalan ikan hias air tawar Indonesia.

Ikan arwana super red juga mempunyai harga yang sangat mahal dipasaran. Jika jenis ikan ini mempunyai kualitas terbaik, harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Untuk bisa mendapatkan kualitas terbaik dari ikan arwana super red, kita harus bisa memelihara dengan baik, memberikan makanan yang terbaik untuk ikan arwana kita, pemberian pencahayaan, maupun kondisi air dalam aquarium ikan.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah bagaiman kita memilih ikan saat kita ingin membelinya dalam kondisi masih anakan.

Kondisi ikan arwana pada saat anakan sangat berpengaruh pada kualitas ikan arwana saat dewasa nanti. Oleh karena itu, terdapat beberapa ciri-ciri yang perlu diperhatikan dalam memilih anakan ikan arwana agar saat dewasa nanti ikan arwana memiliki kualitas yang baik.

2Arwana Emas, ‘si Cantik’ bercicin Emas

fotohewan.info

Nama lain arwana emas adalah Cross Back Golden (CBG). Ikan ini banyak dijumpai di berbagai tempat di Malaysia. Varietas ini cukup mahal harganya dibandingkan lainnya karena jarang ditemui.

Ciri arwana emas  antara lain memppunyai sirip punggung dan sepertiga bagian atas sirip ekaor berwarna abu kehijauan sedangkan du napertiga bagian sirip ekor dan sirip lainnya berwarna merah kecoklatan.

Perlu kamu tahu, arwana emas memiliki beberapa kelas berdasarkan warna dasar sisiknya, yaitu warna dasar ungu, warana dasar biru, warna dasar emas, dan warna dasar perak. Jika kamu pecinta arwana emas, kamu bisa mengoleksi berbagai jenis dari ikan ini.

Ikan Arwana jenis ini banyak dijumpai di negara Malaysia, seperti Perak, Johor, Danau Bukit Merah dan Trengganu. maka dari itu Ikan Arwana jenis ini sering dijuluki dengan Golden Pahang, Bukit Merah Blue atau Malaysia Gold.

Ada beberapa jenis Ikan Arwana di Malaysia, diantaranya adalah Cross Back dan Cross Back Golden.

Ikan Arwana jenis Cross Back Golden (CBG) dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan warna dasar sisiknya, diantaranya:

  1. Purple Based (Warna dasar ungu)
  2. Blue Based (Warna dasar biru)
  3. Gold Based (Warna dasar emas)
  4. Silver Based (Warna dasar perak)

3Arwana Emas Ekor Merah

img00.deviantart.net

Red tail golden adalah salah satu varietas golden yang berasal dari Indonesia, khususnya Pekan baru – Sumatera. Arwana jenis ini sifatnya lebih agresif dari Cross Black Golden.

Seperti halnya X Cross Black Golden, arwana ini juga memiliki keragaman warna dasar/base color seperti, blue base, green base dan gold base. Arwana ini dapat tumbuh lebih besar dari pada Cross Black Golden.

Jenis arwana ini memiliki ciri dan khasnya sendiri. Tak heran jika para penggemar ikan arwana tetap menjadikan ikan ini sebagai buruan untuk dikoleksi.

Sisiknya memiliki warna dasar kehijauan dan membentuk seperti tapal kuda dan sedkit berwarna merah muda di usia dewasa. Sehingga membuat ikan ini terlhat sangat unik.

Kekurangan dari arwana ini adalah warna sisik pada umumnya tidak bisa sampai melewati punggung dan hanya sampai pada level sisik ke 4 (dihitung dari bawah badan ke atas).
Harga varietas ini lebih murah dari super red, meski demikian arwana ini tetap memiliki kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.
Varietas ini dijumpai di daerah Pekan Baru, Sumatera. Berbeda dengan Cross Back Golden (CBG), warna emas pada verietas ini tidak akan berkembang hingga melewati punggung namun hanya akan mencapai baris ke empat sisik (baris sisik dihitung dari bawah, perut), atau lebih baik bisa mencapai baris ke lima.
Seperti halnya verietas cross back, warna dasar sisik RTG bisa biru, hijau, atau emas. Begitu pula dengan warna bibir, ekor, dan sirip, kedua varietas ini memiliki keragaan yang sangat mirip. RTG muda memiliki warna lebih kusam dibandingkan dengan varietas cross back muda.
Harga ikan arwana ini lebih murah dari super red, namun ikan arwana ini tetap mempunyai kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

4Arwana Hijau, ‘si Pino’ yang Menarik

i2.wp.com/duniaq.com

Jenis ikan ini ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, dan juga di beberapa tempat di Indonesia. Ikan ini juga biasa disebut dengan green arowana karena memilki warna dasar hijau.

Para pecinta arwana juga menyebut ikan ini dengan sebutan arwana Pino. Arwana hijau memilki cirri antara lain berwarna kelabu kehijauan dengan pola garis-garis berwarna gelap pda ekor.

Warna dasar sisik biasanya krem terang yang diselingi warna hijau pada cincin sisik kedua. Kadang-kadang sisik memeiliki warna dasar hijau gelap. Sirip punggung, anal dan ekor berwarna abu-abu gelap bercampur hijau. Bagian lingkaran mata juga berwarna hijau. Mulut dan penutup insang (operculum) juga lebih bulat dibandingkan spesies arwana lainnya.

Ikan ini mempunyai perbedaan yang jelas dibanding ikan lainnya, yaitu mulut dan kepalanya paling besar dan lebar.
Ikan ini adalah yang paling diminati dan laris di Philipina dan Thailand karena harganya paling murah diantra ikan arwana asia lainnya. di Indonesia, jenis ikan arwana yang paling murah dan laris adalah arwana silver asal brazil.

Arwana pino memiliki warna tubuh sedikit kehijauan pada bagian sisiknya. Untuk sirip dan ekornya berwarna agak gelap kecoklatan. Mungkin hal inilah yang membuatnya kurang menarik dimata para hobbies arwana.

Meskipun begitu bukan berarti tidak ada yang memeliharanya. Kebanyakan para hobbies ketika saya tanyakan mengapa tidak memilih arwana pino sebagai peliharaannya, sebagian dari mereka menjawab “Tanggung mas… biaya pemeliharaannya sama saja, mendingan tambah duit sedikit sudah dapat anakan golden red”. Hehe.

Selain itu juga harga arwana pino beda tipis dengan harga arwana reb banjar yang memiliki warna lebih menarik dibandinhkan dengan arwana pino.

5Banjar Merah

dody94.files.wordpress.com

Bisa dikatakan banjar merah adalah varietas arwana merah kelas 2. Cirri dari ikan ini antara lain warna siriipnya lebih muda cenderung orange-merah pucat, waran sisiknya kuning atau kehijauan, sedangkan bingkai sirip dan tutup insangnya berwarna pink yua tapi setelah dewasa menjadi jingga tau merah.

Bagi sebagian orang khususnya pemula yang lagi kepincut dengan ikan arwana akan mengatakan jika red banjar adalah arwana super red. Memang hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya dari segi namanya sudah cukup memberikan gambaran.

Namun sayangnya hal itu keliru karena keduanya benar-benar berbeda. Kedua jenis ikan hias ini berasal dari Indonesia. Menjadi ikan hias kebanggaan nusantara.

Jadi, memilikinya dan memeliharanya sama saja memelihara dan memupuk kebanggaan citra bangsa.

Untuk arwana super red memang menjadi ikan hias yang dijual dengan harga yang fantastis. Kamu perlu merogoh saku sangat dalam karena harganya bisa sampai puluhan juta.

Berbeda dengan red banjar, harganya tergolong cukup terjangkau yaitu sekitar 2 jutaan jika sudah dewasa.

Nah, dari sisi harga kamu sudah tahu perbedaan antara Arwana red banjar dan super red. Giliran anda mengetahui yang mana sih red banjar dan super red.

Pertama kamu harus lebih hati-hati jika anda membeli ikan hias arwana jenis ini. Biasanya ikan super red tidak dijual saat masih berukuran 10 cm, ini yang sering anda temukan di lapangan.

Kedua adalah perhatikan sisik dari kedua jenis ikan ini. Red banjar mempunyai sisik yang kuning atau hijau keperak-perakkan, dan setelah dewasa warnanya akan berubah menjadi lebih orange. Sedangkan untuk super red, warna sisiknya merah permata kental.

Ketiga adalah dilihat dari matanya. Apabila anda melihat jenis ikan ini sedikit juling bisa dipastikan jika ikan tersebut adalah red banjar. Berbeda dengan super red yang matanya tidak juling, terlihat begitu cantik dan pantas saja jika dihargai dengan harga yang super mahal.

Keempat adalah terdapatnya warna merah perak pada sisik yang hampir mendekati matanya. Hal ini berbeda dengan red banjar yang tidak memiliki warna tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu juga memperhatikan kondisi itu supaya anda tidak salah membeli ikan hias.

Kelima adalah bentuk kepala yang bulat dan tidak memiliki moncong yang begitu lancip. Karakteristik ini dimiliki red banjar, berbeda dengan super red yang tentunya memiliki bentuk kepala dan moncong yang lancip.

6Arwana Irian (Jardini)

airdanpena.files.wordpress.com

Arwana Jardini merupakan jenis arwana yang unik karena kekhasan warna yang dimilikinya. Warna dasar dari ikan ini adalah kecoklat-coklatan dengan bintik-bintik kuning keemasan pada bagian tengah sisiknya.

Bintik-bintik kuning tersebut juga  terdapat pada bagian kepala hingga sirip dan ekornya.

Untuk Ikan Arwana Irian yang memiliki kualitas yang baik dapat terlihat dari sirip dan sisiknya yang utuh, sungutnya tidak tertekuk atau patah, pada bola mata tampak bening dan tidak menderita juling.

Agar pilihan kamu lebih mantap perhatikan juga warna bercak dan jumlah bercak yang pas pada setiap sirip. Jadi jika ikan tersebut memiliki bercak merah pada kedua siripnya dengan jumlah yang hampir sama maka ikan tersebut layak untuk anda pelihara.

Ikan arwana irian memang cenderung mirip dengan ikan arwana hijau. Kedua jenis ikan ini termasuk keluarga Sceloropages. Untuk membedakannya kamu dapat melihat dari bentuk tubuhnya, ikan Arwana Irian (Sceloropages leichardti) bentuk tubuhnya compressed, lebar, dan tebal.

Pada tubuhnya terdapat bercak merah atau kuning dan warna pada sirip dan tubuhnya didominasi oleh warna hijau tua. Selain itu kamu juga dapat memperhatikan pada bagian mukanya terdapat guratan kemerahan. Oleh karena itu juga dikenal dengan nama Northern Spotted Barramundi.

Para pecinta arwana sering menyebutnya arwana irian karena meskipun Jardini berasal dari Australia tapi sering ditemukan di pulau Irian.

7Araipama Gigas

upload.wikimedia.org

Ini adalah ikan air tawar terbersar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Percaya atau tidak ikan kerabat arwana ini pada saat dewasa bisa mencapai panjang lebih dari 3 meter dan berat sampai 200 kilogram.

Araipama Gigas hanya ditemukan di Amazon dan sistem sungai Essequito. Dan tahu kah kamu panjang lidah ikan ini mencapai 15 cm ketika mereka dewasa. Permukaan lidahnya yang kasar biasa digunakan penduduk sebagai kikir untuk menghaluskan permukaan kayu.

Sepintas apabila dilihat dari samping, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang mirip ikan arwana. Arapaima memang satu keluarga (famili) dengan ikan arwana yaitu famili Osteoglossidae.

Namun penampang tubuh ikan arapaima lebih bulat sedangkan ikan arwana penampang tubuhnya pipih. Kepala arapaima lebih lancip jika dilihat dari samping dan lebih ceper. Ikan arapaima dewasa bisa mencapai panjang 4,5 meter, dengan berat sampai dengan 200 kg.

Karena bentuknya yang unik (mirip ikan arwana) dan ukurannya yang luar biasa besar, ikan ini sekarang menjadi ikan hias yang banyak diminati para hobiis ikan hias sebagai hewan peliharaan.

Ikan arapaima berasal lembah sungai Amazon dan danau-danau serta rawa-rawa di dekatnya di Amerika Selatan. Terbatasnya distribusi ikan ini karena adanya jeram besar atau air terjun yang tidak bisa dilewatinya.

Arapaima termasuk ikan yang bernapas dengan mengambil udara langsug dari udara atmosfer. Oleh karena itu, ikan ini harus muncul ke permukaan air setiap 5 – 20 menit sekali untuk menghirup udara, tergantung pada ukurannya.

Ikan arapaima muda, biasanya muncul dipermukaan setiap 5 menit sekali, sedangkan ikan dewasa muncul setiap 15 – 20 menit sekali.

Meskipun arapaima menyelam di bawah air selama beberapa menit, ikan ini cenderung untuk tetap dekat permukaan air, dimana mereka berburu dan sering menghirup udara yang menimbulkan suara khas seperti suara batuk.

Arapaima adalah hewan karnivora. Karnivora adalah hewan pemakan hewan lain. Arapaima adalah predator yang berada di puncak rantai makanan di habitatnya.

Ikan ini memakan ikan-ikan kecil, krustasea (seperti udang, kepiting, lobster), dan hewan-hewan darat di sekitar sungai yang bisa diburu terutama burung.

Banjir musiman Amazon telah menjadi bagian dari siklus reproduksi arapaima. Arapaima bertelur pada bulan-bulan dimana ketinggian air surut atau mulai naik. Arapaima membuat sarang kira-kira 50 cm lebarnya sedalam 15 cm di dasar air, biasanya di daerah yang berlumpur.

Saat permukaan air naik, telur-telur tersebut menetas dan bayi-bayi arapaima mendapatkan musim banjir untuk mulai tumbuh, pada bulan antara Mei sampai Agustus Arapaima jantan melindungi bayi-bayi arapaima dalam mulutnya sampai mereka cukup umur untuk dilepas berenang sendiri.

Arapaima betina membantu melindungi arapaima jantan dan anak-anaknya dengan mengitari mereka dan menghalangi predator yang berpotensi memangsa anak-anaknya. Arapaima bisa hidup sampai 20 tahun.

Meskipun jumlahnya semakin berkurang di alam, statusnya tidak sedang terancam punah sehingga ikan ini bukan termasuk spesies hewan yang dilindungi.

Kecenderungan arapaima untuk berada dekat permukaan air membuatnya rentan terhadap predator manusia, yang dengan mudah dapat membidiknya dengan tombak.

Beberapa komunitas penduduk setempat mengkonsumsi daging dan lidah arapaima dan mengumpulkan sisiknya, yang dibentuk menjadi perhiasan unik dan barang-barang lainnya.

Itulah beberapa jenis ikan arwana yang sangat mempesona. Tak ada salahnya jika kamu berminat untuk memelihara salah satu atau beberapa dari jenis ikan hias langka ini.

8Manfaat Memelihara Ikan Arwana

ajasmanfaat.blogspot.com

Ternyata, arwana merupakan salah satu jenis ikan purba, yang mampu bertahan hingga saat ini. hal inilah yang merupakan salah satu faktor menarik yang membuat ikan arwana memiliki banyak sekali peminat. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah dari ikan arwana :

  • Kerajaan : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Osteoglossiformes
  • Famili : Osteoglossidae

Ikan arwana memiliki beberapa manfaat, meskipun ikan arwana bukanlah merupakan jenis ikan yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Apa saja manfaat dari ikan arwana? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari ikan arwana.

Manfaat pertama dari ikan arwana adalah sebagai salah satu ikan peliharaan dan juga ikan hias. Sering sekali kita temui jenis ikan arwana ini mengisi akuarium di dalam rumah dan juga beberapa restoran, hal ini diseabkan oleh bentuk dari arwana yang unik dan juga menarik, serta warnanya yang juga berbeda dengan jenis ikan hias lainnya.

Ditambah dengan perawatannya yang tidak terllau mudah dan juga tidak terlalu sulit, maka ikan arwana berhasil menjadi salah satu pemikat dari para pecinta ikan hias eksotis yang ada di Indonesia.

Ikan arwana juga dipercaya dapat mendatangkan rezeki. Ini merupakan salah satu kepercayaan dari masyarakat yang sudah bertahan dari jaman dahulu kala.

Ya, manfaat ikan arwana dipercaya merupakan salah satu jenis ikan keramat yang memiliki manfaat yang sangat penting dalam hal mendatangkan rezeki. Hal ini tidak lain merupakan kepercayaan dari kalangan masyarakat sejak jaman dahulu.

Maka dari itu, ikan arwana banyak diletakkan pada tokok  atau restoran, yang dipercaya dapat menambah rezeki, karena dapat menarik pelanggan agar berdatangan.

Kemudian bagi kamu yang memag jeli dalam melakukan bisnis, ikan arwana merupakan salah satu sumber bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan harga jualnya yang sangat tinggi, manfaat ikan arwana dapat memberikan keuntungan yang sangat besar bagi kamu.

Kamu dapat mencoba melakukan bisnis ini dengan cara menjual ikan arwana yang sudah dewasa, lalu kemudian bisa anda kembangkan dengan cara melakukan pembibitan dan juga peternakan ikan arwana, yang pastinya akan sangat baik untuk keuanganmu.

Manfaat lainnya dari ikan arwana adalah saebagai salah satu lambang kejayaan dan juga keberhasilan. Ikan arwana sering sekali dikaitkan dengan kimliong atau juga dikenal dengan nama naga emas.

Hal ini merupakan salah satu dasar mengapa ikan arwana dijadikan salah satu lambang kesuksesan dan juga kejayaan.

Beberapa orang percaya, ketika mereka sudah sukses dalam beberaa bidang tertentu, maka mereka haruslah memiliki dan juga memlihara ikan arwana, karena ikan arwana dipercaya merupakan salah satu lambang dan juga symbol dari keberhasilan dan kejayaan.

Manfaat ikan arawana lainnya adalah dapat membantu anda untuk menambah relasi. Relasi ini dapat anda peroleh dengan cara bergabung dengan berbagai macam komunitas pencinta ikan arwana, sehingga dengan adanya al tersebut, pastinya ubungan dan juga relasi anda denga orang lain akan semakin bertambah, dan anda pun akan mendapatkan manfaat sosial dari komunitas tersebut.

Bagi mereka yang memiliki kesenangan dan juga hobi tersendiri pada ikan, terutama ikan hias. Ikan arwana merupakan salah satu pelampiasan kepuasan hobi mereka.

Dengan memelihara dan juga merawat ikan arwana, maka hal tersebut akan menjadi salah satu penyaluran hobi dan juga pemuasan hobi yang mereka miliki.

Selain itu, dengan merawat ikan arwana, hal ini dapat membantu kamu untuk mengisi waktu luang. Daripada kamu tidak mengerjakan apa-apa, maka ada baiknya anda mencoba untuk memelihara ikan hias seperti arwana untuk mengisi waktu luang.