Percaya atau tidak, hampir 75% pasokan ikan hias air tawar di dunia berasal dari Indonesia. Ada sekitar 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia yang menjadi komoditas ekspor ke berbagai negara. Ikan-ikan tersebut merupakan jenis ikan hias yang habitatnya berada di air tawar.

Sedangkan untuk pemeliharaan atau budidayanya, ikan hias air tawar biasanya dimasukan ke dalam akuarium atau kolam. Hal ini tentu bergantung pada tujuan pemeliharaan ikan hias tersebut. Ikan hias yang dipelihara untuk kesenangan atau memperindah ruangan biasanya ditempatkan di dalam akuarium.

Sedangkan jika ikan hias ingin dibudidayakan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dari hasil budidaya tersebut, maka biasanya ikan akan ditempatkan di dalam kolam sebagaimana seperti pada habitat aslinya.

Ikan hias air tawar merupakan salah satu jenis hewan yang banyak dipelihara dan dibudidayakan oleh pecinta hewan. Ikan hias menjadi sangat menarik karena ikan ini pada umumnya mempunyai warna sisik yang sangat cantik dan indah.

Ikan hias air tawar, lain jenisnya, lain pula cara pemeliharaanya. Ada ikan hias yang cocok diletakkan di dalam akuarium dan ada juga ikan hias yang lebih terlihat bagus bila diletakkan di dalam kolam.

Ada ikan hias yang harus dipisahkan dari yang lainnya yaitu satu akuarium, satu ikan. Namun ada juga ikan hias yang bisa dikumpulkan dalam satu akuarium atau kolam.

Salah satu ikan hias yang harus dipisahkan secara individu adalah ikan cupang. Nama ikan hias air tawar ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Kita sering menjumpai ikan hias ini di pasar-pasar tradisional. Bahkan di beberapa daerah, kita dengan mudah menemukannya dijual di pinggir jalan.

Banyak para pencinta ikan hias yang memelihara ikan ini, khususnya bagi mereka yang masih berusia muda. Jenis ikan cupang  memang memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri karena ikan hias ini biasanya digunakan untuk aduan sesama ikan cupang.

Jika kamu memiliki ikan cupang lebih dari satu, jangan sekali-kali ikan tersebut diletakkan dalam satu tempat.

Letakkanlah ikan-ikan cupang di tempatnya masing-masing. Kamu bisa memakai toples sebagai medianya. Ikan cupang juga mempunyai banyak sekali jenis dan variasi warna yang membuatnya terlihat sangat indah dan menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here