Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak didapati di perairan kawasan Asia Tenggara. Ikan ini sangat digemari banyak orang hingga para penggemarnya dapat memasang harga untuk satu ekor ikan arwana saja dapat mencapai 5-10 juta rupiah.

Karena itulah, ikan ini sangat cocok untuk dibudidayakan, baik dengan menggunakan kolam besar maupun akuarium. Bagi kamu yang memiliki modal pas-pasan, budidaya menggunakan akuarium menjadi pilihan yang tepat.

Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membudidayakan ikan hias arwana di akuarium.

1Menyiapkan Media Untuk Budidaya

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam membudidayakan ikan arwana adalah menyiapkan media berupa akuarium beserta perlengkapannya. Jumlah akuarium yang dibutuhkan ada sekitar 5 buah. Sedangkan, perlengkapan yang dibutuhkan seperti termometer, aeratorheaterfilter air dan lampu.

2Memilih Jenis Ikan Arwana

Setelah seluruh media untuk budidaya siap. Berikutnya kamu harus menentukan jenis ikan arwana apa yang akan dibudidayakan. Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan yang besar, maka sebaiknya memilih ikan arwana super red yang memang menjadi primadona di pasaran.

Jenis ikan ini memiliki harga yang cukup fantastis per ekornya, sekitar 5 juta rupiah untuk ikan arwana dewasa dan untuk benihnya saja sekitar 1 juta rupiah. Peminatnya pun cukup banyak. sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar jika mengembangkan ikan arwana jenis ini.

Namun semua itu kembali lagi pada modal yang telah kamu siapkan. Jika kamu tidak mempunyai modal yang cukup besar, maka kamu dapat memilih alternatif ikan arwana lainnya.

3Menyiapkan Indukan Ikan Arwana

Kualitas indukan yang kamu siapkan akan sangat mempengaruhi hasil yang kamu peroleh nantinya. Jika indukan yang kamu gunakan memiliki kualitas yang baik, maka besar kemungkinan anakan yang dihasilkan pun juga akan baik, begitu juga dengan sebaliknya.

Pilihlah ikan arwana yang sudah mencapai umur 4 tahun atau lebih. Karena pada umur itulah ikan siap untuk dipijahkan. Pisahkan ikan arwana yang dijadikan indukan dengan kawanannya. Karena indukan harus diberi makanan khusus berupa udang.

Selain itu, cara mudah membedakan ikan arwana jantan dan betina yaitu dengan melihat ukuran tubuh dan kepala ikan. Jika ukuran tubuh dan kepala ikan kecil, maka ikan tersebut adalah ikan betina.