Ikan mas koki termasuk salah satu ikan yang paling populer dan menjadi primadona di kalangan penggemar ikan hias di Indonesia. Hal ini tak lepas dari bentuknya yang lucu dan corak warnanya yang indah.

Ikan mas koki merupakan salah satu dari 500 spesies ikan mas. Ikan mas koki dapat hidup di iklim tropis dan subtropis dengan kisaran suhu antara 4-32 derajat celcius serta usia hidupnya antara 5-10 tahun.

Nafsu makannya pun luar biasa. Ikan mas koki dapat melahap habis makanan yang diberikan padanya hanya dalam waktu sekejap. Walaupun sangat populer, ternyata ikan bertubuh mungil ini sangat mudah terserang penyakit.

Jika kamu ingin memelihara ikan mas koki, cobalah lakukan beberapa langkah praktis berikut ini.

1Tempatkan Pada Wadah dengan Penampang yang Luas

Seringkali kita melihat para pecinta ikan mas koki yang menempatkan ikan cantik ini di sebuah gelas kaca. Mereka beralasan, jika ditempatkan di tempat tersebut, maka akan menimbulkan kesan artistik.

Padahal gelas kaca bukanlah wadah yang tepat untuk merawat ikan mas koki. Gelas kaca yang yang memiliki penampang kecil membuat volume air yang ditampung pun menjadi terbatas. Bahkan hanya untuk satu ekor ikan mas koki saja tidak cukup layak.

Karena ikan mas koki membutuhkan oksigen yang cukup, khususnya pada permukaan air. Sehingga ukuran penampang gelas yang kecil tentu akan mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan ikan mas koki.

Aquarium merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin memelihara ikan mas koki. Permukaannya lebar sehingga ikan mas koki yang kamu pelihara pun akan leluasa mendapatkan udara di permukaan air.

Baca juga: Ikan Hias Air Tawar Ini Paling Dicari di Indonesia

2Pasang Aerator pada Aquarium

Setelah memilih wadah yang tepat, selanjutnya kamu membutuhkan aerator untuk memberikan perawatan yang optimal untuk ikan mas kokimu. Aerator berfungsi untuk mengalirkan udara ke dalam air sehingga jumlah oksigen di dalam air menjadi meningkat.

Selain itu aerator juga berfungsi memutar air di dalam aquarium. Hal ini dapat membuat ikan di dalam aquarium merasakan seperti berada di habitat aslinya.

3Tambahkan Filter Air pada Aquarium

Air bersih mutlak dibutuhkan dalam perawatan ikan mas koki. Hal ini akan membuat ikan mas koki menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Agar air dalam aquarium senantiasa bersih, jangan lupa untuk menambahkan filter air.

4Berikan Makan Sehari Sekali

Ikan mas koki memiliki sifat doyan makan. Meski begitu kamu tetap harus menjaganya agar tidak sampai mengalami kegemukan. Caranya dengan membatasinya makan cukup sehari sekali saja.

Selain itu, pemberian pakan sehari sekali juga dapat menjaga ekosistem air agar tetap terjaga kebersihannya. Hindari juga memberikan makan di malam hari karena pada waktu itu bakteri berkembang biak lebih cepat.

Pakan yang disukai ikan mas koki antara lain seperti pelet, cacing darah, cacing sutra, kutu air dan lain sebagainya.

5Tambahkan Lampu Pijar yang Redup

Tujuan utama dari menambahkan lampu yang redup ini untuk membuat aquarium nampak tetap indah. Selain itu lampu yang redup dapat menghantarkan panas dengan baik serta lebih hemat dalam penggunaan listrik.

6Letakan Kerikil Pada Dasar Aquarium

Keberadaan kerikil di dasar aquarium dapat membuat aquarium terlihat lebih indah. Selain itu, kerikil tidak akan mempengaruhi keasaman air. Berbeda dengan terumbu karang yang dapat membuat air aquarium menjadi asam dan dapat mengganggu kesehatan ikan mas koki.