Bagi kamu pecinta dunia fauna laut, pasti sudah tak asing lagi dengan salah satu hewan paling menarik, paling ganas dan selalu dikaitkan dengan kata “keren” dan “kuat” di laut ini.

Ya, dia adalah ikan hiu. Ikan hiu merupakan hewan yang terkenal dengan postur tubuhnya yang besar, kekuatan nya luar biasa, cepat dalam berburu, tajam daam penciuman, cermat dan sensitif terhadap bau yang menurut mereka itu adalah makanan dengan jarak yang cukup jauh.

Ikan yang sampai pernah dibuatkan film oleh Hollywood berjudul “SHARK” ini, ternyata juga sering menjadi hewan buruan secara illegal karena kelezatan siripnya.

Hingga sekarang ini, pemerintah dunia telah mengumumkan bahwa menangkap ikan hiu adalah termasuk perburuan yang dilarang, karena jumlahnya di dunia yang semakin menurun.

Pastinya ya guys ini menjadi hal yang sangat unik, hewan yang seharusnya dijauhi tapi ini malah diburu, hanya demi kepuasan perut dan uang yang melimpah, banyak orang rela mempertaruhkan nyawanya.

Tentu juga hal ini menjadi sebuah fenomena yang langka, hewan yang buas ini sudah bisa sedikit akrab dengan manusia. Namun tetap tak bisa dipungkiri, mereka masih termasuk hewan buas yang harus diwaspadai.

Nah, sebagai pengetahuan penting, berikut ini adalah ulasan tentang beberapa macam ikan hiu terbesar di dunia yang sangat menarik dan mungkin tidak kamu ketahui selama ini, yuuk disimak di bawah ini.

1Megalodon Shark

life-sea.blogspot.com

Kalau kamu bertanya, jenis ikan hiu apakah yang paling besar dan paling ganas di dunia ini?

Jawabannya adalah ikan hiu  yang bernama Megalodon Shark. Hiu yang mempunyai nama latin Carcharodon megalodon yang artinya monster hiu. Dari katanya dengan kata monster cukup mengerikan juga.

Yup megalodon mungkin sudah sering melihat di film-film ikan hiu ya, ikan ini memang super big banget. Bahkan karena saking besarnya ia mengalahkan besarnya kapal pesiar yang besarnya mampu membawa ribuan manusia.

Ikan hiu ini merupakan spesies ikan hiu purba raksasa, ikan pra sejarah yang hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu. Kalau dikatakan lama, ya lama banget, tapi kita masih bisa menikmati aksinya atau mungkin potretnya di film-film barat.

Walaupun ikan ini diklaim telah punah karena jarang diketahui dan mucul di laut besar, namun beberapa ilmuwan mengatakan bahwa mereka masih ada. Mereka masih berkeliaran di samudra yang dalam.

Megalodon Shark itu sendiri adalah jenis ikan hiu kuno atau ikan hiu yang sudah sangat tua. Umur dari ikan ini juga lama, bahkan terlama dari ikan hiu lainnya, maka tak heran beberapa ilmuwan percaya bahwa ikan ini masih hidup, tapi entah dimana keberadaanya.

Tubuh ikan hiu megalodon memang amat besar, bahkan melebihi besarnya Whale Shark (Hiu Paus), yang merupakan ikan hiu paling besar sedunia. Nama Megalodon sendiri pertamakalinya muncul saat setelah seorang pakar dari Swiss yang bernama Louis Agassiz berhasil mengidentifikasi ikan ini pada tahun 1835.

Hewan terbesar di lautan ini mempunyai ukuran dewasa yang bisa mencapai sekitar 14 sampai 18 meter, dengan gigi runcing  dan banyak berdiameter sekitar 120 milimeter. Dengan ukuran seperti itu gak heran hewan ini memang super big.

Dengan ukurannya yang besar mau tidak mau hewan ini makan hewan yang besar juga, tidak mungkin hewan besar kenyang hewan kecil. Makanan hewan ini cukup fenomenal, kenapa? Karena megalodon juga memakan hiu lain,ngeri kan?

Hiu ini makan beberapa ikan hiu jenis lain dan tentunya hewan yang lebih kecil darinya, seperti  lumba-lumba, bahkan ikan paus yang terkenal besar juga menjadi makanan hewan besar ini.

Kekuatan giginya yang dapat menghancurkan cangkang penyu dengan mudahnya. Ikan hiu terbesar ini adalah pemangsa terbaik yang pernah ada , didukung oleh kekuatan, kecepatan dan giginya.

Sehingga jika kamu bertemu dengan si Megalodon ini, lebih baik kamu segera jauh-jauh saja. Jangan sampai berjarak dekat dengannya, karena paus saja dilumatnya, apalagi kamu yang manusia. Hehehe.

2Whale Shark

divezone.net

Whale Shark memiliki nama latin Rhincodon typus. Nama kerennya adalah Hiu Paus.  Bisa dikatakan juga dengan hiu tutul, karena ada pola warna di tubuhnya seperti macan tutul.

Ini adalah salah satu jenis hiu yang termasuk dalam klasifikasi sebagai berikut.

Kingdom: Animalia

Phylum: Chodarta

Kelas: Chindrichtyes

Ordo: Orectolobiformes

Famili: Rhincodontidae

Genus: Rhincodon

Species: Rhincodon typus

Nama international: Whale Shark

Nama lokal: Hiu Paus, Hiu Bodoh, Hiu Geger Lintang, Hiu Totol, Hiu Bintang, dan Hiu Bingko

Whale Shark merupakan salah satu ikan hiu paling besar sedunia yang saat ini nyata-nyata sekali masih hidup di muka bumi. Banyak manusia yang sudah sering bertemu dengan hewan ini, karena memang hewan ini sering muncul dan terlihat di perairan yang tidak terlalu dalam.

Ciri-ciri dari hewan ini adalah ukuran si Whale ini lebih kecil dibanding Megalodon. Dan biasanya ada bintil-bintil putih di badannya sebagai tanda bahwa dia adalah ikan hiu jenis Whale.

Panjang tubuh Whale bisa mencapai 41 kaki, dengan berat sekitar 15 ton. Dan mempunyai ketebalan kulit sampai 10 cm (3,9 in). Ikan hiu ini memiliki mulut yang berukuran besar, hingga selebar 1.5 meter (4.9 ft) yang berisikan 10 lembaran penyaring dan sekitar 300 hingga 350 deret gigi kecil-kecil.

Hiu Whale mempunyai 5 insang yang besar, kedua matanya terletak di depan kepalanya yang berbentuk datar dan lebar. Sedangkan sirinya seperti berbentuk bulan sabit.

Bisa dilihat di gambar diatas, itu merupakan tubuh seorang penyelam manusia yang berada di dekatnya. Manusia itu terlihat kecil dibanding ikan hiu whale.

Padahal manusia yang ada di gambar itu merupakan orang luar negeri yang sudah terkenal bertubuh besar, tapi jika dibanding dengan ikan itu mungkin hanya 1 dibanding 20 nya. Jika orang Indonesia mungkin sampai 30 nya.

Yang unik dari hewan besar ini adalah walau badan hiu ini tergolong hiu raksasa, tapi ternyata si hiu Whale ini geraknya lambat dan makanannya hanyalah plankton-plankton laut saja lho!

Pertanyaanya adalah apa bisa kenyang ya?secara tubuhnya segitu besarnya dan ia hanya makan plankton yang kecil-kecil. Mungkin bisa dikatakan sekali makan, ia akan makan ribuan plankton agar kenyang.

Ikan hiu whale ini termasuk hewan yang jinak, banyak para penyelam yang bermain-mian dengan nya, manusia yang bermain dengannya tidak diserangnya, alhasil manusia sangat nyaman dengan hewan yang besar ini.

Whale shark itu sendiri lebih banyak hidup di perairan tropis seperti di Thailand, Maladewa, Taiwan, Filipina dan Indonesia.

3Hiu Basking

holdon.club

Nama latin hewan ini adalah Cetorhinus maximus. Dilihat dari namanya saja kamu pasti sudah bisa memperkirakan seberapa ukuran hiu yang satu ini. Nama lain dari ikan hiu ini adalah hiu penjemur.

Ya, si Basking ini adalah ikan hiu terbesar ketiga setelah Megalodon dan Whale Shark. Dengan panjang bisa mencapai sekitar 40 kaki, dan berat hampir sama dengan berat Whale Shark.

Pada umumnya hiu basking lebih suka hidup pada suhu air 8-14,5 ° C (46-58 ° F). Hewan ini lebih suka di perairan yang hangat, maka bisa diartikan ikan besar ini tidak tinggal di perairan dalam, ikan ini suka menampakkan diri ke permukaan agar mendapatkan air yang hangat terkena sinar matahari.

Basking ternyata bukanlah seekor predator. Jadi ikan besar ini tidak berbahaya bagi manusia, dengan badannya yang besar kecepatan berenang Basking Shark juga tergolong lambat, yakni sekitar 2knot (3,7 km/jam; 2.3 mph).

Uniknya ikan hiu yang besar dan lambat ini dapat melompat membawa seluruh tubuhnya yang besar keluar dari air. Hal ini dilakukan, sebagai upaya untuk mengusir parasit ditubuhnya.

Ikan hiu basking memiliki ciri-ciri rahangnya yang mampu melebar, selain itu hiu ini juga memiliki insang yang hampir menyamai kepala panjangnya. Lalu sirip ekor membentuk seperti bulan sabit dan menjadi pembeda dari semua spesies hiu yang ada. Serta bentuk moncongnya yang mengerucut dan berukuran besar

Ikan hiu Basking sama persis dengan ikan hiu Whale, mereka hanya memangsa plankton-plankton, yang biasanya mereka buru di dasar laut.

Sehingga, walau badannya besar menyeramkan, mereka tak akan mungkin menyakiti kita.

4Great White Shark

www.wascgroup.com

Nah, ini dia si Tokoh Utama dalam film Hollywood berjudul “SHARK” itu. Nama hewan ini adalah Great White Shark, atau Ikan Hiu Putih Raksasa.

Dalam film blockbuster Steven Spielberg memang digambarkan bahwa hiu ini merupakan ikan pemakan dan penyerang manusia yang sangat ganas, tapi pada kenyataannya ikan ini tidak suka memakan manusia.

Great White memiliki nama latin Carcharodon carcharias. Dia menempati urutan ikan hiu terbesar di dunia dan nomor satu paling ganas sedunia setelah Megalodon.

Ikan yang sudah dewasa bisa tumbuh sampai sepanjang 26-an kaki, dan berat sekitar 2267,96 kg. Hiu ini mencapai kedewasaan 15 tahun dan hidup bisa sampai 30 tahun, memang tidak sampai terlalu tua, tapi efek keberadaannya bagi kehidupan laut cukup terasa.

Sampai sekarang ikan hiu jenis ini masih banyak ditemukan di sekitar pantai, karena ikan besar dan ganas ini memang hidup di pesisir perairan di seluruh permukaan lautan utama

Sehingga bagi kamu yang sedang berlibur dan asyik berenang di sekitar pantai, berhati-hatilah karena White Shark adalah predator yang ganas

5Gread Hammerhead Shark

yayanajuz.blogspot.com

Ikan hiu jenis ini biasa disebut di Indonesia sebagai Hiu Martil. Memiliki nama latin Sphyma mokarran. Mungkin ikan hiu ini sedikit unik daripada hiu lain, yaitu ada bentuk tubuhnya yang seperti martil di depan.

Martil itu sendiri adalah seperti palu atau alat pukul berat yang biasa digunakan oleh manusia yang pekerja berat.

Dengan adanya bentuk martil itu pula kenapa ikan hiu ini dinamakan ikan hiu martil, karena memiliki struktur kepala lonjong menyamping seperti bentuk martil.

Ikan hiu ini saat dewasa bisa mencapai panjang sekitar 20 kaki dan yang betina bisa seberat 581-an kg. Panjang ikan ini 2 hingga 6 meter dan semua spesies ikan ini semua mempunyai martil di depan.

Ikan ini tersebar di seluruh belahan dunia, tak sedikit juga mereka yang hidup di sekitar wilayah khatulistiwa. Hampir semua suhu laut di belahan dunia manapun cocok untuk kehidupan si ikan hiu martil ini.

Ikan ini sangat agresif terhadap sebuah gerakan, hewan ini termasuk predator ganas yang suka memburu ikan pari, cumi-cumi dan hewan laut lainnya. Dengan bentuk matrik di kepalanya, itu membuat predator ini mempunyai penciuman yang sangat bagus.

Bisa diartikan sensor ikan martil ini sangat kuat, ia mampu dengan cepat menemukan partikel atau pergerakan sesuatu di air. Karena kemampuanya yang luar biasa, hal itu membuat ikan hiu martil ini bisa disebut pemburu yang ulung.

Dibanding dengan teman-temannya yang lain, si Martil ini justru malah sering menghindari manusia. Jika kebanyakan hiu terlihat agresif bahkan tak jarang menyerang manusia, si ikan Martil ini tidak sama sekali.

Untuk reproduksi ikan hiu martil ini bisa melahirkan anaknya sekitar 20 sampai 40 anak dalam setahun dan itu dalam sekali melahirkan. Cara reproduksi mereka memang agak kasar tapi itulah uniknya dari ikan martil ini.

Rekor dunia hiu martil betina yang sedang hamil ditangkap di Boca Grande, Florida pada 23 Mei, 2006 berbobot 1280 pon (580 kg). Hiu ini mengandung 55 anak, sungguh luar biasa ya.

6Tiger Shark

dailymail.co.uk

Kalau ngomong tiger pasti mikirnya harimau ya, ya memang ini merupakan hiu yang jenis harimau, corak wajahnya mirip harimau, itulah kenapa ia disebut hiu harimau.

Hiu ini biasanya hidup di perairan khatulistiwa, tapi sekarang lebih cenderung ke perairan pasifik. Hiu ini mempunyai panjang hingga 24.3 kaki, sedangkan bobotnya bisa mencapai 2000 lbs (907,18 kg).

Hiu ini juga terkenal dengan kekejamannya, tidak hanya memakan semua jenis makanan tapi juga menyerang para perenang yang melintas ketika terlihat oleh kedua matanya.

Hewan ini hampir memakan semua jenis hewan yang ada dilautan seperti ikan, singa laut, burung, hiu kecil, cumi-cumi dan penyu. Dengan cara diam-diam lalu menyerang mangsanya dan biasanya ikan ini berburu mangsanya pada malam hari.

Hewan ini memiliki reputasi buruk karena menyerang manusia yang sedang berenang, penyelam bawah laut, dan para surfer di Hawaii dan sering disebut-sebut sebagai “the wastebasket of the sea” alias “kotak sampah di laut”.

Tentu hal itu menggambarkan bahwa hiu ini merupakan hewan yang buas, layaknya harimau hutan yang liar, menyerang dan memakan apa saja yang menurutnya itu seperti makanan.

7Hiu Tidur Pasifik

pinterest.com

Ikan hiu ini merupakan salah satu ikan hiu terbesar di dunia, hiu ini dapat hidup sepanjang 23 kaki dan memiliki berat hingga 800 lbs (361,87 kg).

Ikan hiu ini mungkin jarang diketahui, diburu ataupun muncul diperairan atas karena ikan hiu ini hidup di perairan yang lumayan dalam. Hampir 6500 kaki di bawah permukaan laut ikan ini bersemayam.

Ikan hiu tidur pasifik ini mempunyai keunikan tersendiri dari ikan hiu-hiu yang lain. Ikan hiu ini mempunyai gerakan rolling karakteristik kepala saat makan mangsanya. Dengan mulutnya yang besar ia dapat melakukan dengan mudah gerakan itu.

Hiu ini juga dikenal hiu pemakan bangkai hewan laut, hewan ini dapat melayang melalui air dengan gerakan tubuh sedikit dan sedikit suara hidrodinamik membuat mereka juga disebut predator karena karena gerakannya

Ikan hiu pasifik juga merupakan ikan yang panjang dan besar, ikan ini bisa mencapai panjang hingga 25 kaki. Rata-rata ukuran dewasa 3.65 m (12,0 ft) dan 318–363 kg (701-800 lb). Terbesar ikan hiu ini diverifikasi dalam ukuran diukur 4,4 m (14 ft) panjang dan beratnya 888 kg (£ 1958), meskipun FishBase menerima bahwa itu mungkin bisa mencapai 7 m atau lebih.

Sedangkan reproduksi ikan hiu ini tidak banya diketahui bagaimana caranya, yang diketahui selama ini, ikan hiu ini ketika melahirkan biasanya berjumlah 10 anak.

8Hiu Greenland

mediaumum.com

Ikan hiu ini merupakan ikan hiu yang besar, tubuh mereka mempunyai panjang 6,4 meter dan berat 1.000 kilogram hal ini membuat ikan ini sangat lamban bahkan bisa dikatakan inilah ikan paling lamban.

Kecepatan dari pergerakan ikan hiu ini hanya 2,7 kilometer per jam, bisa dikatakan pula kecepatan ini bisa dikalahkan oleh hewan laut lain, bahkan ikan kecil sekalipun.

Ikan hiu ini hanya bisa dijumpai di lautan Arktik, dimana lautan itu mempunyai suhu yang sangat rendah, rendah disini adalah suhu yang mengarah ke dingin. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, karena kondisi suhu inilah yang membuat pergerakan hiu ini sangat lambat.

“Banyak proses fisiologis, termasuk kecepatan perpendekan otot, melambat seiring menurunnya temperatur,” kata Yuuki Watanabe dari National Institute of Polar Research

Yang unik dalam hiu ini adalah walau gerakannya lambat tapi hiu ini dapat berburu anjing laut sebagai makanannya, hal ini diungkapkan oleh para peneliti ketika membedah tubuh dari ikan hiu ini, mereka menemukan sisa tubuh anjing laut yang masih segar yang terdapat di dalam perut hiu.

Tentu itu menjadi pertanyaan para peneliti dan sampai sekarang belum bisa memecahkannya, bagaimana cara ikan hiu ini berburu anjing laut yang jelas mempunyai kecepatan ketika berenang?

9Hiu Bluntnose Sixgill

selingkaran.com

Ikan hiu ini juga merupakan ikan hiu terbesar lho guys, ikan ini sering diketahui dan dikenali banyak orang karena banyak orang yang justru berburu ikan hiu ini dengan umpan ikan tuna.

Tahu gak? hiu ini mempunyai nama julukan yang unik lho, yaitu hiu sapi. Kalau menyebut hiu martil atau hiu tiger akan terlihat sangat keren dan ganas sesuai dengan ikannya, tapi ini sapi, pasti orang tidak akan takut atau justru malah tertarik dengan keunikan nama lain ikan hiu ini.

Ikan hiu ini dapat tumbuh dengan panjang sampai16 kaki atau sekitar (4.8 m), cukup panjang dan besar untuk menjadi ikan buruan manusia.

Ikan hiu sapi ini mempunyai ciri-ciri fisik yang unik, tubuhnya berwarna kecoklatan ditambah ada garis terang berwarna kuning yang berada di samping tubuhnya.

Hiu sapi mempunyai sirip tunggal di bagian punggung dan bagian belakang bawah, hiu ini sedikit lebih pendek dari dari hiu lainnya, bagian depan sedikit ada moncong tumpul.

Ikan ini mempunyai kebiasaan yang tak lazim layaknya ikan, yaitu bepergian atau berpindah ke tempat lain pada malam hari, tapi mereka akan kembali ke tempat semula atau tempat tinggalnya sebelum fajar tiba.

Ikan hiu Bluntnose Sixgill atau ikan hiu sapi ini bisa kita temukan hidup di kedalaman 300 kaki (90 meter) hingga 6,152 kaki (1,875 meter) dibawah permukaan laut.

Cara reproduksi ikan hiu Bluntnose Sixgill masuk dalam kategori ovoviparity yaitu telur meneteas di dalam tubuh ikan betika dengan embrio yang tersisa di dalamnya.

Sedangkan penyebaran ikan hiu sapi ini cukup meluas di belahan dunia, bahkan di Indonesiadi daerah Sumatra bisa ditemukan hiu semacam ini.

Memang hiu ini sangat cocok hidup di daerah iklim tropis, Seperti, di barat Samudera Atlantik , North Carolina dan Florida (AS) dan dari Teluk Meksiko Utara ke utara Argentina,Kuba, Kosta Rika dan Nikaragua.

Sedangkan di Timur Atlantik, hiu ini ditemukan di Selatan Islandia dan Norwegia ke Namibia, termasuk Laut Mediterania.

Dan juga banyak ditemukan di Samudera Hindia termasuk Madagaskar dan Mozambik. Samudera Pasifik Barat yakni di Jepan, Australia dan Selandia Baru serta luar di perairan Hawaii. Di Daerah  Timur Pasifik, Kepulauan Aleutian, Alaska keBaja California, Meksiko dan Chili Selatan.

10Hiu Big Eye Thresher

sergiodiscepolo.altervista.org

Ikan hiu ini juga merupakan salah satu ikan terbesar di dunia, dengan panjangnya bisa mencapai 15 kaki dan mempunyai bobot tubuh hingga 795 lbs atau sekitar 360 Kg, cukup membuat ikan hiu ini dimasukkan kategori ikan hiu terbesar.

Sesuai dengan arti namanya di atas, big eye merupakan arti dari mata yang besar, yup, ikan hiu ini mempunyai mata yang besar dan  bulat, tentu ini sedikit berbeda dengan mata ikan hiu lainnya.

Dari segi ciri-ciri fisik memang agak sedikit berbeda dengan hiu-hiu lain.Ikan ini seperti mempunyai otot kuat, telihat tubuhnya yang ideal dan mempunyai bentuk ekor yang cenderung panjang dan melengkung, jika dilihat secara fisik, ikan hiu ini seperti ikan hiu yang atletis.

Ikan ini bersemayam di kedalaman 1.650 kaki di dasar laut dan dapat bertahan pada suhu16-25 ° C (61-77 ° F). Ada sedikit perbedaan antara hiu jantan dan betina dalam jenis ikan hiu ini.

Pada hiu jantan dewasa diperkirakan memiliki panjang 9-9,4 ft (2,7-2,9 m) dan usia 9-10 thn. Sedangkan untuk hiu betina memiliki panjang sekitar 11-11,2 ft (3,3-3,4 m) usia 12-13 tahun. Usia ikan hiu ini bisa dikatakan cukup lama, mereka bertahan bisa sampai 19-20 tahun.

Untuk penyebaran jenis ikan hiu ini cukup meluas di beberapa belahan negara, khususnya negara yang mempunyai lautan yang dalam, untuk samudra atlantik hiu ini banyak ditemui di negara New York ke Florida, Bahama, Kuba, Venezuela, dan Brasil selatan.

Sedangkan di atlantik sebelah timur terdapat di portugal, madeira, Senegal, Guinea ke Sierra Leone, Angola, dan Laut Mediterania.

Untuk di samudra hindia ikan ini bisa ditemukan di daerah Afrika Selatan, Madagaskar, dan Laut Arab. Untuk samudra pasifik, ikan hiu ini juga bisa ditemukan di negara jepang, taiwan, barat laut australia dan selandia baru.

Nah, itulah 10 jenis ikan hiu paling besar di dunia, pada kenyataannya sampai sekarang ini memang belum sedetail dalam penelitannya, karena di lautan yang dalam yang tidak bisa dijangkau manusia pasti akan ada hiu-hiu yang lain, yang mungkin lebih ganas, lebih cepat atau mungkin juga hiu yang lebih unik.

Melihat betapa besarnya mereka, kita harus juga selalu ingat bahwa ada Pecipta yang Maha Besar yang telah membuat mereka ada di dunia ini. Tanpa ada yang menciptakan maka mustahil hiu-hiu ini ada di dunia.

Hiu-hiu diatas merupakan pelengkap indahnya dan betapa beragamnya hewan di dunia ini.Karena mereka adalah juga merupakan komponen dari dunia ini, maka kita wajib menjaga mereka agar anak cucu kita kelak masih bisa melihat mereka.

Jangan sampai kita terus memburu dan mematikan mereka, karena mereka juga bagian penyeimbang kehidupan di laut, jika mereka punah, maka roda kehidupan akan terganggu dan akan terjadi namanya kerusakan akibat kehilangan salah satu roda berputarnya.

Mari kita menjaga mereka dengan baik, karena mereka juga bermanfaat bagi kehidupan lain, semoga bermanfaat bagi kita semua.