Lumba-lumba adalah salah satu kelompok mamalia air yang paling indah. Kebanyakan spesies lumba-lumba hidup di air laut dan dapat ditemukan di semua lautan di dunia, dan hanya beberapa spesies hidup di air tawar dari Asia dan Amerika Selatan.

Siapa yang tidak tahu mamalia laut ini, dan pastinya setiap orang dan tidak memandang gender atau usia pasti menyukai lumba-lumba. Namun semakin tingginya tingkat pemanasan global beberapa tahun belakangan ini juga mengancam populasi lumba-lumba.

Karena pada dasarnya mereka hidup pada perairan dingin yang banyak menyediakan makanan bagi mereka.

Bahkan efek dari Global Warming akhir-akhir ini membuat para ilmuwan khawatir karena harus beradaptasi secara cepat untuk menemukan tempat-tempat baru agar dapat mempertahankan populasi mereka.

Lumba-lumba adalah hewan laut yang hampir mirip dengan ikan paus dan pesut. Ada sekitar 40 spesies lumba-lumba yang ditemukan di seluruh dunia. Mereka juga dikatakan sebagai hewan cerdas yang suka membantu manusia.

Saat ini jumlah lumba-lumba sangat menurun karena penangkapan ikan komersial. Jika hal ini tak segera diatasi, maka dalam waktu dekat spesies lumba-lumba akan segera punah. Maka hewan ini sudah masuk dalam kategori hewan yang dilindungi.

Kebanyakan orang berfikir bahwa hewan laut selalu minum air, hal ini disebabkan karena mereka hidup setiap hari di air. Namun untuk lumba-lumba, mereka sangat alergi terhadap air laut. Jika lumba-lumba kebetulan meminum air laut, mereka bisa sakit parah.

Banyak pihak memanfaatkan lumba-lumba, seperti pihak militer AS yang pernah melakukan percobaan terhadap lumba-lumba untuk misi spionase (mata-mata). Lumba-lumba memiliki kemampuan unik yang sesungguhnya bila kita sebagai manusia jeli bisa menangkap maksud dari perubahan perilaku lumba-lumba tersebut.

Air laut dianggap berlebihan untuk lumba-lumba, dan mereka mendapatkan cairan yang dibutuhkan tubuh dari makanan yang mereka konsumsi.

Mengapa lumba-lumba begitu banyak menarik perhatian orang-orang? Berikut fakta yang harus kamu tahu tentang lumba-lumba sampai menjadikan hewan tersebut disukai banyak orang.

1Suka Membonceng

whaleopedia.org

Lumba-lumba berenang sambil beratraksi ria dan lompat di tengah laut. Begitu sebuah speed boat lewat di sekitar mereka, mereka mengikuti mereka dapat mencapai kecepatan 28 km/jam.

Ketika ada objek berada di sekitar mereka (speed boat) maka kecepatan lumba-lumba dapat bertambah.

Lumba-lumba putih Pasifik dapat berenang dengan kecepatan sekitar 28 kilometer per jam. Ketika mengikuti speed boat yang tengah melaju, mereka dapat berenang lebih cepat lagi.

Hal ini terjadi karena pada saat mengikuti speed boat, ia membuat gelombang yang menciptakan tekanan air dan membuat arus sehingga lumba-lumba tertarik untuk mengikuti arus tanpa mengeluarkan energi mereka.

Lumba-lumba hanya membonceng dengan media arus tersebut tanpa berenang dengan tenaga mereka.

2Gigi Runcing

aqua.org

Jika lumba-lumba memiliki dokter gigi, pasti dokternya akan sibuk. Hihi.

Beberapa jenis lumba-lumba memiliki gigi lebih banyak dan lebih panjang dibanding buaya. Ada jenis lumba-lumba yang memiliki gigi panjang sebanyak 250 buah. Namun lumba-lumba tidak suka menggigit manusia.

Kamu tak pernah membaca berita ada lumba-lumba menggigit manusia, kan?

Ternyata sirip pada masing-masing mereka sangat unik, dan itulah yang mereka gunakan sebagai pembeda antara satu dan lainnya.

Namun pada lumba-lumba jenis Spinner Dolphin, gigi yang dimiliki ternyata lebih kecil dari lumbalumba jenis lainnya. Ukuran lumba-lumba yang baru lahir panjangnya 75-80 cm, sedangkan pada satwa dewasa mencapai 2 m (betina) – 2,4 m (jantan).

Dengan berat tubuh dewasa mencapai 77 kg. Perilaku jenis Spinner dolphin kebiasaanya berlompatan dari permukaan air dan berputar hingga 7 kali pada sumbu panjang tubuhnya sebelum kembali jatuh ke dalam air.

Ukuran kelompok lebih kecil dibandingkan dengan jenis lumbalumba yang lain mereka 50 hingga beberapa ribuan ekor mereka berasosiasi dengan lumba-lumba jenis Sttenuata di bagian Timur Pacific.

Mereka menghabiskan waktu makan dimalam hari dengan memangsa ikanikan lapisan tengah dan cumi-cumi dan beristirahat pada sebagian waktu disiang hari.

Penyebaran lumba-lumba ini mencakup wilayah laut tropik dari subtropik dikedua bumi, pada batas Lintang 40o LU dan 40o LS. Di Indonesia lumba-lumba ini hampir bisa kita temukan diseluruh perairan terutama di Laut Jawa, Sumatera, Selat Malaka, P.Lembata, Halmahera, Selat Suna, Maluku hingga Irian Jaya.

3Kerjasama

roadaway.com

Lumba-lumba sangat suka bekerjasama. Mereka lebih suka mencari makan dengan cara berkelompok dengan lumba-lumba lainnya.

Ketika mencari mangsa, kadang-kadang lumba-lumba berburu bersama-sama. Mereka akan berbaris mengepung mangsa. Mula-mula, area yang dikepung cukup luas, sehingga mangsa yang terperangkap pun cukup banyak.

Namun, kawanan lumba-lumba akan terus memperkecil area pengepungan, hingga mangsa kebingungan, kemudian dimakan.

4Nama Panggilan

independent.co.uk

Lumba-lumba berkomunikasi dengan “peluit” dan menggunakan “nama” untuk mengidentifikasi satu sama lain. Beberapa ilmuwan menduga bahwa lumba-lumba memiliki tanda panggilan khusus dan menggunakan salam khusus ketika berpisah dengan kawannya.

5Penolong

abcnewsgo.com

Ketika induk lumba-lumba hendak melahirkan, seekor lumba-lumba berperan bagaikan dokter, yakni berjaga dan menolong persalinan. Setelah bayi lumba-lumba lahir, sang dokter tersebut membantu mengasuh bayi lumba-lumba.

Sebagian besar species lumba-lumba hidup di laut. Namun ada lima jenis lumba-lumba yang hidup di sungai berair deras. Lumba-lumba air tawar dapat ditemukan di Asia Selatan, sungai Yangtze (China) dan sungai Amazon dan Orinoco (Amerika Selatan).

Beberapa kisah menyatakan bahwa lumba-lumba pernah menolong manusia dalam beberapa kejadian.

Salah satunya adalah ketika seorang nelayan tua terombang-ambing dilautan. Saat tengah malam, kayu yang dia gunakan untuk mencari ikan tenggelam.

Pasrah terapung di tengah lautan, nelayan nahas itu pun hanya berpegang pada sebilah kayu yang tersisa dari perahu kecilnya. Tak disangka, seekor lumba-lumba muncul dan membawanya menuju arah pantai.

Aksi heroik mamalia yang sering berkelompok dan imut ini juga terjadi di Australia. Tahun lalu, seorang peselancar nyaris menjadi korban hiu ganas yang mengincarnya. Beruntung seekor lumba-lumba langsung menolongnya dan mengevakuasi si peselancar ke pantai.

Pada kesempatan lain diceritakan juga aksi pertolongan oleh lumba-lumba.

Pada tanggal 30 Oktober 2004, pengawal renang Rob Howes membawa putrinya Niccy yang berusia lima belas tahun dan dua temannya berenang di dekat kota Whangarei, dan sebagaimana yang dikatakan oleh Howes, “Sekawanan besar ikan lumba-lumba tiba-tiba mulai menggiring kami ke atas; mereka mendorong kami berempat dalam kelompok dengan membuat lingkaran yang ketat di sekeliling kami.”

Ia kemudian menjelaskan bahwa ketika ia mencoba untuk melepaskan diri dari kelompok protektif itu, dua dari ikan lumba-lumba yang lebih besar menggiring dia kembali.

Howes selanjutnya menyaksikan apa yang ia lukiskan sebagai seekor ikan hiu putih besar dengan panjang tiga meter meluncur ke arah kelompoknya, tetapi tampaknya dipukul mundur oleh bunyi suara ikan lumba-lumba dan berenang menjauh.

“Hiu itu hanya sekitar dua meter jauhnya dari saya, airnya sebening kristal, dan hiu itu tampak sejelas seperti hidung di wajah saya,” ia menjelaskan. Pada saat itu, ia menyadari bahwa ikan lumba-lumba “telah mengepung kami ke atas untuk melindungi kami.”

Pakar Ingrid Visser, yang telah mempelajari mamalia laut selama empat belas tahun, mengatakan pada koran lokal, Northern Advocate, bahwa telah ada laporan-laporan lain dari seluruh dunia tentang ikan lumba-lumba yang melindungi para perenang.

Ia mengatakan bahwa dalam hal ini ikan lumba-lumba mungkin merasakan bahwa manusia berada dalam bahaya dan mengambil tindakan untuk melindungi mereka.

Ingrid Visser dari kelompok lingkungan Riset Orca mengatakan bahwa perilaku ikan lumba-lumba dapat dimengerti, seperti halnya mereka menyerang ikan hiu untuk melindungi diri mereka sendiri dan anak mereka, dan kejadian serupa telah dilaporkan di seluruh dunia. “Mereka sudah bisa merasakan adanya bahaya pada para perenang, dan mengambil tindakan untuk melindungi mereka,” katanya.

Selain itu, ilmuwan peneliti mamalia laut Universitas Auckland, Doktor Rochelle Constantine, mengatakan bahwa ikan lumba-lumba biasanya waspada di hadapan ikan hiu. Respon altruistik dari ikan lumba-lumba adalah biasa, ia menambahkan. “Mereka suka menolong mereka yang tidak berdaya.”

Lumba-lumba sering berkerumun di sekeliling kapal nelayan sembari berloncatan. Mereka menuntun ikan masuk ke dalam jaring nelayan. Di Brazil, lumba-lumba hidung botol memberi tanda ketika jaring nelayan telah penuh dengan ikan.

6Hidup di Air Tawar

smithsonianmag.com

Sebagian besar species lumba-lumba hidup di laut. Namun ada lima jenis lumba-lumba yang hidup di sungai berair deras. Lumba-lumba air tawar dapat ditemukan di Asia Selatan, sungai Yangtze (China) dan sungai Amazon dan Orinoco (Amerika Selatan).

7Habitat

sciencenews.org

Lumba-Lumba bisa hidup lautan mana aja, ada yang hidup di laut tropis, juga ada yang hidup di laut kutub, bahkan lumba-lumba ada juga yang tinggal di sungai, seperti lumba-lumba amazon (Inia geoffrensis).

Lumba-lumba seperti paus pembunuh (Orcinus orca) hidup di lautan seluruh dunia, lautan tropis sampai lautan tundra, baik kutub utara atau kutub selatan.

8Tingkat Intelijensia Tinggi

ibisci.com

Salah satu talenta luar biasa yang dimiliki spesies mamalia laut ini adalah tingkat kecerdasannya yang hampir menyaingi tingkat intelijensia manusia.

Lumba-lumba mampu untuk meniru satu sama lain, memiliki kesadaran diri yang tinggi, serta mampu merespon instruksi-instruksi pelatihan.

Fakta ini juga dibuktikan bahwa lumba-lumba memiliki kemampuan untuk memahami 60 kata dan membuat 2.000 kalimat. Otak lumba-lumba beratnya mencapai 2 kilogram lebih berat dari pada otak manusia.

Studi menunjukan bahwa area pendengaran di otak lumba-lumba jauh lebih maju dari pada manusia. Lumba-lumba bisa diajak berkomunikasi lewat bersiul dan membuat suara berbeda lainnya.

Instruksi yang dipahami oleh lumba-lumba pun tak hanya dari pelatihan tatap muka, akan tetapi juga dapat berasal dari sugesti visual dari televisi. Hal ini menunjukkan bahwa lumba-lumba bisa memahami lingkungan sekitarnya, mempelajarinya, dan menghafal dengan cepat.

9Indera yang Sangat Sensitif

7-themes.com

Lumba-lumba memiliki sistem penglihatan yang canggih. Jika mata manusia tidak bisa jelas dan fokus ketika di dalam air, mata lumba-lumba seperti kamera canggih yang memungkinkan mereka dapat melihat dengan jelas di daratan maupun di air.

Hal itu memang sangat diperlukan lumba-lumba. Beberapa jenis lumba-lumba harus naik ke permukaan untuk bernapas setiap 20 sampai 30 detik. Setiap kali muncul ke permukaan, lumba-lumba secara saksama akan memperhatikan pergerakan kawanan burung di sekitar mereka, karena di tempat burung berkumpul terdapat kawanan ikan.

Level sensitivitas pengelihatan, pendengaran, dan sentuhan lumba-lumba sangat jauh berbeda dibandingkan manusia dan mamalia lainnya.

Lumba-lumba mampu melihat jarak jauh dari dalam maupun luar permukaan laut dan pendengaran lumba-lumba sepuluh kali lebih baik daripada manusia pada umumnya.

Lumba-lumba mengeluarkan suara sebagai media mereka untuk “melihat”. mereka mengeluarkan suara lalu menggunakan pantulannya untuk mencari makanan dan navigasi. Saat mengeluarkan suara tersebut ikan dibuat bingung.

Selain itu, lumba-lumba dapat beristirahat dengan hanya mengaktifkan setengah dari otak mereka, dan matanya terbuka sebelah. Desain istimewa pada matanya melindungi mata lumba-lumba dari air laut yang asin, dan setiap mata lumba-lumba dapat berfokus pada satu titik berbeda pada waktu bersamaan.

Ketika berenang, lumba-lumba dapat melihat ke depan dengan satu matanya untuk menentukan arah, sambil dalam waktu bersamaa berjaga-jaga dari bahaya dengan satu matanya yang lain.

Lumba-lumba bahkan dapat menutup salah satu matanya, dan mengistirahatkan separuh otaknya. Beberapa waktu kemudian, ia ganti melakukan hal yang sama pada mata dan separuh otaknya yang lain.

Lumba-lumba menyadari kelebihannya tersebut, dan memanfaatkannya secara maksimal. Selain itu, indra peraba pun sangat berkembang dan mereka menggunakannya untuk terikat satu dengan yang lain.

Hewan laut satu ini bisa melihat, mendengar, dan menyentuh apa pun pada tingkat yang sama sekali berbeda dari sensitivitas bila dibandingkan dengan manusia dan banyak spesies mamalia lainnya juga.

Selain itu, indra peraba pun sangat berkembang dan mereka menggunakannya untuk terikat satu dengan yang lain.

10Pengindraan Impuls Listrik

4muda.com

Hal ini memang terdengar asing, namun ini adalah kemampuan lumba-lumba yang sungguh menakjubkan.

Kelebihan ini memudahkan mereka untuk menemukan mangsa terutama di dalam air keruh karena mereka dapat merasakan impuls listrik dari makhluk lainnya.

Salah satu fakta yang benar-benar menakjubkan tentang lumba-lumba adalah bahwa mereka dapat menggunakan kemampuan langka yang disebut “electroreception“.

Ini lebih dari sekedar kekuatan super, kemampuan ini pada dasarnya berarti mereka dapat merasakan impuls listrik dari makhluk lainnya, yang membantu mereka menemukan mangsa mereka di air keruh.

Kemampuan ini dikenal pula dengan sebutan “electroreception.” Mungkin hal ini membuatmu tercengang namun kenyataanya, ketika lokasi perairan kurang mendukung untuk berburu, lumba-lumba mengandalkan “electroreception” untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

Kemampuan ini dikenal pula dengan sebutan “electroreception.” Mungkin hal ini membuatmu tercengang namun kenyataanya, ketika lokasi perairan kurang mendukung untuk berburu, lumba-lumba mengandalkan “electroreception” untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

11Perenang Handal

picsportray.com

Jika kamu tertarik dengan keunikan lumba-lumba yang bersifat fisiologis, fakta berikut adalah yang paling tepat untuk diperhatikan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kedua sisi otak lumba-lumba akan sadar secara bersamaan selama 8 jam. Kemudian, sisi yang kiri akan tidur selama 8 jam. Setelah sisi itu terbangun, sisi yang kanan akan tidur selama 8 jam. Begitu seterusnya.

Tidak hanya memiliki kulit yang kuat menahan dorongan 300-400 pon dengan kecepatan tinggi di dalam air, tetapi lumba-lumba juga mampu mengkonversi sekitar 80% dari daya kekuatan tersebut untuk menjadi tenaga dan kecepatan berenang di dalam laut.

Kemampuan lumba-lumba berikut telah menandingi lima kali energi perenang terkuat di dunia.

12Perkembangan Fisik

aeon.co

Ukuran lumba-lumba kecil pun bisa mencapai berat 90 kilogram dan memiliki panjang tubuh sekitar 4 meter.

Beberapa dari spesies mereka mencapai 30 kaki dan beratnya sekitar 11 ton. Spesies lumba-lumba memang beragam dan tidak banyak yang memiliki dimensi ukuran sebesar itu.

Akan tetapi, lokasi perairan dan sifat-sifat tertentu dari lingkungan habitat turut menjadi peran utama yang mempengaruhi perkembangan fisik lumba-lumba.

Lumba-lumba yang kita ketahui biasanya berwarna abu-abu. Namun selain warna abu2, ada juga lumba-lumba yang berwarna pink (pink dolphin). Lumba-lumba berwarna pink ini merupakan spesies yang langka yang hidup di perairan amazon.

Saat muda, lumba2 ini berwarna kelabu, tapi menginjak dewasa, warna abu-abu akan digantikan warna pink yang dominan, hingga abu-abunya tinggal berupa bintik bintik di sana-sini.

Proses ini akan berlangsung terus sampai berubah total menjadi warna pink.

Spesies ini sangat bersahabat, namun lumba2 ini terancam kepunahan akibat ulah manusia, beberapa orang mempercayai bahwa mata dan gigi lumba ini memiliki kekuatan magis.

Bagi yang tertarik ingin melihat Lumba-lumba pink ini, yang terdekat ada di singapura (sentosa island) atau di hongkong.

Ada juga lumba-lumba pesut lho. Pesut pertama kali dideskripsikan oleh Sir Richard Owen tahun 1866 berdasarkan satu spesiemen yang ditemukan tahun 1852, di pelabuhan Vishakhapatnum di pantai timur India. Pesut adalah satalh satu spesies dari genus Orcaella.

Kadang-kadang pesut terdaftar dalam beragam famili yang terdiri dari ia sendiri dan pada Monodontidae dan dalam Delphinapteridae. Sekarang ada persetujuan bahwa pesut termasuk famili Delphinidae.

Ekolokalisasi yang dimiliki lumba-lumba jauh lebih baik dibandingkan dengan pada peralatan pesawat terbang dan kapal selam bertenaga atom. Frekwensi lumba-lumba ditunjang oleh kemampuan penggunaan yang lebih luas dari pada manusia yaitu pada frekwensi 750.300.000 getaran per-detik.

13Ramah

huffingtonpost.com

Lumba-lumba hidup dalam komunitas yang mampu mencapai 1000 ekor dan berkomunikasi aktif satu dengan yang lain.

Mereka memiliki jenis budaya, kemampuan emosi dasar berkomunikasi, dan konsep berpikir untuk belajar dan terlibat satu sama lain. Sehingga masing-masing lumba-lumba memiliki keharmonisan dalam berkomunikasi dan keramah-tamahan.

Sama seperti anjing, lumba-lumba juga sangat populer di kalangan manusia dan dapat dilatih untuk melakukan banyak hal.

Lumba-lumba suka menunjukan sikap lucu kepada manusia dan suka mematuhi perintah majikannya, tidak heran mereka sangat disukai oleh banyak orang.

Meskipun lumba-lumba sangat bersahabat, tapi juga bisa sangat agresif terhadap apa yang ada di hadapannya.

Mereka juga suka berenang bersama manusia yang menunjukan bahwa dia sangat bersahabat dengan manusia.

14Pemulihan Cepat

pinterest.com

Mereka juga memilki kemampuan pemulihan yang sangat cepat dan dapat menumbuhkan kembali daging yang terpotong. Selain itu, lumba-lumba pun mampu berenang di dalam air laut di saat luka infeksi tanpa rasa sakit.

Tubuh mereka memiliki kemampuan penyembuhan yang luar biasa, mampu menyembuhkan luka, menumbuhkan kembali potongan besar daging, dan bahkan berenang melalui perairan yang terinfeksi tanpa sakit.

Di banyak daerah, lumba-lumba tampaknya lebih selaras dengan lingkungan mereka dan mampu belajar dari kehidupan dan menikmatinya lebih dari diri kita sendiri.

Harapan hidup lumba-lumba berbeda-beda tergantung tempat tinggal dan kondisi lingkungan. Usia maksimum lumba-lumba yaitu empat sampai lima puluh tahun.

Ahli biologi kelautan menyimpulkan masa hidup total seekor lumba-lumba yaitu dua puluh hinggu dua puluh lima tahun.

15Penyayang dan Rela Berkorban

parade.com

Layaknya manusia, hewan ini memiliki sikap afeksi berupa kasih sayang terhadap makhluk lainnya. Lumba-lumba dapat mempertaruhkan nyawanya sendiri demi menyelamatkan kawannya ataupun spesies lain.

Tapi ada rumor yang mengatakan jika lumba-lumba juga sering membunuh anaknya lho. Mungkin ini sangat sulit dipercaya, tetapi ini adalah fakta bahwa lumba-lumba dapat membunuh bayi mereka sendiri.

Fakta ini dibuktikan ketika bayi lumba-lumba ditemukan mati di pantai. Kemudian penelitian dilakukan pada mayat bayi lumba-lumba tersebut dan membuktikan bahwa lumba-lumba bisa saja membunuh anaknya sendiri.

Lumba-lumba adalah anggota paling altruistik dari kerajaan hewan, sering mempertaruhkan nyawa mereka untuk menyelamatkan makhluk lain (bahkan dari spesies lain).

Menarik bukan? Eits, tetapi ada hal lain yang harus kamu ketahui. Karena kelebihannya yang membuat manusia tertarik, lumba-lumba menjadi hewan sirkus paling digemari di dunia hiburan.

Sayangnya, sirkus yang menggunakan jasa lumba-lumba tidak semuanya ramah kepada ikan laut tersebut.

Tentunya aksi atau cerita tentang sirkus lumba-lumba menyenangkan, karena terhibur dengan aksi pintar, lucu, penurut dari hewan yang disebut sahabat manusia. Namun, di balik aksi pintarnya itu ada fakta mengerikan.

Tidak jarang lumba-lumba tersebut diangkut menggunakan wadah yang menyiksa serta mengerikan. Seolah-olah lumba-lumba tersebut adalah benda mati, dan tidak mendapatkan hak sebagaimana hewan yang masih hidup.

Kerap kali pelatih juga melakukan tindak kekerasan ketika lumba-lumba yang dilatih tidak melaksanakan perintah dengan baik.

Di alam liar, lumba-lumba selalu bergerak, berpergian hingga beratus-ratus mil jauhnya setiap hari. Mereka menjelajahi banyak tempat, mereka juga mengenali sekitar mereka dengan sonar yang telah disesuaikan oleh lingkungan mereka dan indra tersebut tidak dimiliki oleh manusia.

Mereka bermain, berenang dan tidur bersama dengan keluarga serta teman mereka dalam kelompok yang sangat erat.

Fasilitas penangkaran sangatlah kecil, lingkungan yang kurang sehat, juga merampas hak lumba-lumba yang biasa berenang untuk melakukan perjalanan bersama dengan kelompok mereka di alam liar.

Mereka tidak memiliki tempat lagi untuk bersembunyi dari manusia, lingkungan seperti ini menyebabkan stress yang sangat luar biasa, yang dapat menimbulkan penyakit dan kematian pada lumba-lumba.

Hanya ada sedikit perbedaan antara penjara dan kolam penangkaran, bahkan ketika lumba-lumba ini dilahirkan di penangkaran, kehidupan mereka tetap saja menderita karena di penjara di balik jeruji besi kolam penangkaran, jauh dari laut di mana mereka berada. Sistem sonar mereka juga rusak selama berada dalam kolam penangkaran.

Beberapa tahun belakangan ini, banyak ikan lumba lumba diburu untuk dijadikan bahan makanan oleh karena memiliki khasiat kesehatan.

Biasanya, lumba-lumba yang diburu adalah jenis lumba-lumba hidung botol atau bottlenose dolphin adalah jenis odo yang paling kecil dan paling dikenal bisa dipergunakan dalam pertunjukan/ animal show.

Tubuhnya tegap dengan moncong yang pendek dengan sirip punggung (dorsal fin) tinggi dibagian tengah punggung dan berujung agak bengkok seperti sabit. Warna kulit abuabu terang hingga agak hitam pada bagian punggung dari sisi-sisi berbayang ke arah putih pada bagian perut.

Pada bagian perut dan sisi bagian bawah terkadang berbintik-bintik dan ada sebuah garis gelap dari mata ke fliper juga bila diamati dengan seksama dalam jarak yang dekat terdapat tonjolan berwarna redup pada bagian punggung.

Seringkali terdapat sebaran warna abu-abu pada tubuh, khususnya pada muka dan adri apex melon kelubang hidung (blowhole). Lumbalumba ini memiliki 18-26 pasang gigi yang tegak pada tiap rahang.

Lumba-lumba dewasa memiliki panjang tubuh 1,9-3,8 m panjang tubuh lumba-lumba jantan lebih panjang dari pada betina dan bayi lumba-lumba pada waktu lahir 1-1,3 m. Lumbalumba hidung botol hidup berkelompok, jumlah anggota biasanya kurang dari 20 ekor sering kali mereka juga dalam jumlah kelompok besar mencapai ratusan ekor.

Pada beberapa perairan mereka hidup dengan home range (daerah jelajah) terbatas tetapi pada perairan lainnya mereka juga bermigrasi dengan daerah jelajah yang lebih luas. Induk dan anak lumba-lumba selalu beasosiasi kuat dalam suatu kelompok, tetapi sering kali banyak didapati lumba-lumba dewasa berada dalam asosiasi dengan kelompok lain.

Hal inilah membuktikan bahwa mereka memiliki daya adaptasi yang tinggi sehingga banyak yang dipelihara secara bebas dan mudah dilatih karena kecerdasan mereka yang tinggi.

Hal ini sungguh sangat menyedihkan dikarenakan bisa memulai kepunahan hewan lucu itu dari muka bumi, sering saya dengar mereka terdampar di pesisir pantai karena akibat dari terganggunya sistem navigasi yang di karenakan gelombang panas atau adanya gangguan lain di laut.

Bila gendang telinga binatang itu rusak, mereka akan kehilangan arah, dan kemudian muncul ke permukaan lalu berenang tak tentu arah.

Hmm, maka dari itu setelah kamu mengetahui fakta menarik seputar lumba-lumba, ayo lindungi hewan laut ini.

SHARE