Paus, jenis mamalia ini sangat istimewa. Paus merupakan mamalia laut yang bisa bertahan hidup di laut selama hidupnya. Karena itu, mereka dengan mudahnya beradaptasi di kedalaman samudra terdalam sekalipun.

Dan pada saat ini dikenal dua kelompok Paus, yaitu  Paus Bergigi (Odontoceti) dan tidakbergigi (Mysticeti). Paus bergigi Odontoceti adalah predator yang makan ikan, cumi-cumi, dan mamalia laut, memiliki lubang pernapasan. Paus bergigi terkait erat dengan lumba-lumba dan atau pesut.

Lalu paus tidak bergigi tidak lebih besar dari paus bergigi dengan strukturbergigi yang dikenal sebagai baleen dalam bentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton, makanannnya, di dalam air. Dan paus ini memiliki dua lubang pernapasan.

Sebutan “paus” diberikan pada anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar. Paus bukan tergolong dalam keluarga ikan. Paus mempunyai ciri-ciri antara lain, bernapas menggunakan paru-paru dan mempunyai rambut ( meski hanya sedikit, dan kebanyakan ada di paus dewasa).

Ikan paus juga memiliki ciri berdarah panas, selain itu ia mempunyai kelenjar susu dan mempunyai jantung dengan empat ruang.

Paus purba berevolusi pada pertengahan tempo Eocene, kira-kira 50 juta tahun yang lalu. Salah satu paus terawal yang telah punah adalah Basilosaurus yang mempunyai kepala kecil bermoncong menonjol dan bergigi. Basilosaurus mempunyai panjang 25 meter.

Fosil menunjukkan bahwa paus berasal dari hewan daratan berkuku, kemungkinan dari hewan seperti Mesonychid (hewan seperti serigala yang tinggal di pesisir pantai) yang berangsur-angsur kembali menghunii lautan sekitar 50 juta tahun yang lalu.

Satu lagi kemungkinan hewan lain yang berubah menjadi paus, adalah Ambulocetus, mamalia seukuran anjing laut namun memiliki panjang 3 meter seberat 325 kilogram.

Tidak seperti sapi laut atau manati, Paus adalah satu-satunya mamalia laut yang hanya dapat hidup di bawah laut untuk hidup selamanya. Oleh karena itu, mereka begitu mudah beradaptasi ke kedalaman laut yang tak terhingga.

Ikan paus juga pernah memiliki kisah bersama salah seorang Nabi. Yap! Ikan besar ini dikisahkan pernah menelan Nabi Yunus a.s. Selama 40 hari, Nabi Yunus. as terkurung di perut ikan paus tersebut tanpa dikunyah olehnya. Namun sang Nabi menyadari bahwa ini adalah balasan perbuatan kepada beliau yang melepaskan tugas yang diembannya tanpa seizin Allah. SWT.

Ikan paus menggunakan hidungnya hanya untuk bernafas dan ikan paus melepaskan udara dari dalam paru-parunya dengan menyemburkan air dari lubang yang ada di atas kepalanya tersebut. Karena udara ini mengandung uap air dan suhunya lebih panas daripada udara luar, semburan paus tersebut tampak sebagai air dari kejauhan.

Sayangnya, paus kini terancam punah karena ulah tangan jahil manusia yang ingin memburunya. Baik untuk diambil daging, minyak atau bagian tubuh lainnya.

Berikut ini 10 jenis ikan paus yang terancam punah:

1Paus Biru (Balaenoptera musculus)

haydensanimalfacts.com

Sebagaimana diyakini dan telah diteliti, paus jenis ini merupakan hewan terbesar yang ada di bumi. Bayangkan saja, panjangnya bisa mencapai 33 meter. Sementara beratnya bisa mencapai 180 ton bahkan lebih. Paus ini ditemukan banyak di Antartika.

Ciri khas yang bisa kita lihat adalah sirip belakang paus yang kecil dan menurun ketiga perempat area punggungnya. Sehingga, paus memiliki kecepatan berenang yang besar.

Adapun kulitnya berwarna biru keabu-abuan dengan bintik-bintik di bagian atasnya. Sebenarnya paus biru tak memiliki predator, namun sempat diserang paus pembunuh.

Ikan ini disebut juga dengan Balaenoptera musculus. Ada sedikitnya tiga perbedaan subspesies dari Balaenoptera musculus yaitu musculus Atlantik Utara dan Pasifik Utara. Balaenoptera musculus intermedia Samudra selatan dan brevicauda (juga dikenal sebagai paus biru kerdil) ditemukan di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Selatan.

Balaenoptera musculus indica ditemukan di Samudra Hindia, mungkin menjadi subspesies lain. Seperti dengan paus balin lain, pola makannya berisi hampir secara eksklusif dari krustasea kecil yang dikenal sebagai krill.

Paus Biru sangat berlimpah di hampir seluruh samudra hingga awal abad kedua puluh. Selama lebih dari 40 tahun, mereka diburu sampai mendekati kepunahan dengan paus hingga dilindungi oleh komunitas internasional pada tahun 1966.

Sebuah laporan tahun 2002 memperkirakan ada 5.000 sampai 12.000 paus biru di seluruh dunia, terletak di sedikitnya lima kelompok. Penelitian yang lebih baru ke dalam subspesies Pygmy menunjukkan ini mungkin merupakan penurunan sebelum perburuan paus.

Populasi terbesar berada di Antartika, dengan jumlah diperkirakan 239.000 (mencapai 202.000 hingga 311.000). Jumlah ini hanya jauh lebih kecil (sekitar 2000) konsentrasi di setiap Pasifik Utara-Timur, Antartika, dan Samudra Hindia kelompok. Ada dua kelompok lebih di Atlantik Utara, dan setidaknya dua di Belahan Selatan.

2Paus Kepala Busur (Balaena mysticetus)

Balaena mysticetus

Paus dengan warna gelap kekar tanpa sirip punggung dan dapat tumbuh sampai 20 meter (66 kaki) panjang. Perkiraan berat maksimum spesies ini 136 ton (134 LT; 150 ST), kedua terberat setelah paus biru, meskipun paus kepala busur panjang maksimum kurang dari paus lainnya.

Paus ini hidup sepenuhnya di perairan Arktik dan sub-Arktik, tidak seperti paus lain yang bermigrasi untuk mencari makan atau berreproduksi. Ia juga dikenal sebagai paus Greenland atau paus Arktik.

Paus kepala busur mungkin mamalia yang memiliki usia hidup terpanjang dan binatang yang memiliki mulut terbesar.

Berbeda dari jenis paus lainnya, paus ini tidak bermigrasi untuk mencari makan. Dapat disebut paus Greenland atau paus Arktik, pasalnya hanya tinggal di perairan tersebut.

Genom, atau perangkat kromosom dalam tiap inti sel, milik hewan tersebut mungkin menyimpan rahasia umur panjang, menurut studi baru yang menjelaskan struktur gen secara lengkap.

Dalam jurnal Cell Reports, Magalhaes dan kolega-koleganya menjelaskan berbagai perubahan pada gen ikan paus kepala busur berkaitan dengan pembagian sel, perbaikan DNA, kanker dan proses penuaan.

Magalhaes mengatakan setiap spesies yang berumur panjang menggunakan trik yang beda dengan spesies lainnya. Ia ingin menemukan mekanisme alamiah yang memicu proses ini.

3Paus Western Grey (Esrichtiius robustus)

www.nmfs.noaa.gov

Paus ini beratnya bisa mencapai 40 ton dengan panjang 15 meter. Paus ini sempat dinyatakan punah namun pada 2010 sempat terlihat di Laut Mediterania.

Ciri-ciri fisiknya sangat mencolok pada bintik-bintik putih pada tubuhnya yang gelap.

Paus ini juga memiliki jambang di area mulut untuk mendeteksi lingkungan sekitarnya.

Kita bisa mendapati paus ini dalam kelompok-kelompok kecil atau kelompok besar. Paus ini juga menyelam dengan cepat, yang menurut para ahli hal itu dilakukan untuk menyingkirkan parasit di tubuhnya.

Pada abad ke-18 paus ini sudah dinyatakan punah, namun pada tahun 2010 dinyatakan kenampakannya di lepas pantai Israel, Laut Mediterania.

Ciri-ciri yang mencolok pada fisiknya yaitu adanya bintik-bitik putih pada tubuhnya yang sangat gelap. Disebut paus setan karena perilakunya ketika diburu.

4Paus Beluga (Delphinapterus leucas)

www.wwf.ca

Paus yang satu ini memang agak sedikit mirip lumba-lumba. Memiliki panjang 5 meter dengan gelombang suara 1,2-120 kHz.

Populasinya semakin menurun karena sering diburu oleh manusia dan hewan lainnya.

Keunikan paus ini mereka dapat melihat ke dalam air di luar. Meski begitu, penglihatannya lebih tajam di dalam air.

Beluga, atau paus putih, adalah salah satu spesies terkecil dari ikan paus. Warna khas mereka dan dahi yang menonjol membuat mereka mudah diidentifikasi. Tidak seperti kebanyakan paus lain, beluga memiliki leher yang sangat fleksibel yang memungkinkan untuk mengangguk dan berbalik kepalanya ke segala arah.

Beluga umumnya hidup bersama dalam kelompok-kelompok kecil. Mereka adalah hewan sosial dan komunikator yang sangat vokal. Beluga selama ini memang dikenal sebagai “burung kenari di laut”. Ini merujuk pada betapa tingginya kemampuan vokal mereka.

Mereka menggunakan bahasa diversifikasi bunyi klik, peluit, dan bunyi gemerincing. Ikan paus Beluga juga dapat menirukan berbagai suara lainnya.

Hasil penelitian terhadap paus putih (Delphinapterus leucas) menghasilkan kesimpulan mengejutkan: paus putih jantan bisa menirukan suara manusia. Penemuan ini membuat para peneliti kemungkinan besar akan kembali menganalisa mengenai kemampuan lain dari paus.

Saat itu, para peneliti di National Marine Mammal Foundation, San Diego, Amerika Serikat, mulai memperhatikan banyaknya suara yang muncul dari akuarium paus dan lumba-lumba. Suara tersebut menyerupai dua manusia yang sedang berbincang.

Sesudah ditelusuri, suara ini berasal dari beluga jantan bernama Noc. Noc diketahui punya banyak peluang mendengarkan suara manusia, baik di permukaan mau pun di dalam air bersama para penyelam.

Analisa dari suara Noc menyingkap ritme yang mirip dengan manusia yang berbicara. Peneliti juga berhasil membuktikan jika Noc menghasilkan frekuensi beberapa oktaf lebih rendah dari suara paus dan lebih mendekati suara manusia.

Sayangnya kemampuan suara Noc si beluga jantan mereda setelah empat tahun kemudian. Namun, Noc dikatakan tetap vokal selama usianya yang mencapai angka 30, hingga akhirnya wafat di tahun 2007. Hasil penelitian ini dituangkan dalam jurnal Current Biology, Selasa (23/10).

Beluga terkait dengan ‘paus unicorn’, paus yang memiliki moncong tajam seperti gading dan dikenal dengan nama narwhal. Beluga tidak terkait dengan sturgeon beluga— ikan primitif yang sangat besar dengan lempeng tulang pada tubuh, meski memiliki nama yang sama, yang telah banyak dipancing demi mendapatkan telurnya yang terkenal mahal.

5Paus Pemburu (Orca orcinus)

www.norbertwu.com

Paus yang satu ini adalah predator puncak karena mampu mengalahkan hiu putih dewasa dan memakannya. Sehingga, paus ini mamatahkan rantai makanan puncak yang dipegang hiu putih.

Meski demikian, paus ini sangat bersahabat dengan manusia dan sering dijadikan hewan pertunjukan. Ia juga bisa memakan hewan apa saja. Yang unik, paus dewasa akan mengajarkan anaknya berburu jika persediaan makan menyusut.

Sebenarnya orca tergolong sebagai lumba-lumba. Namun, karena orca berukuran sangat besar, banyak yang menyebutnya sebagai paus. Spesies ini ditemukan di seluruh samudera, dari kawasan dingin seperti Artik dan Antarktika hingga kawasan bersuhu hangat.

Paus pembunuh merupakan predator puncak di lautan, kebanyakan populasi memakan ikan, sementara populasi lainnya memakan mamalia laut seperti singa laut, anjing laut, walrus hingga paus besar.

Bahkan pada 04 Oktober 1997 di lepas pantai California Amerika Serikat pun, sekelompok pengamat paus yang sedang bepergian di Pulau Farallon telah merekam sebuah kejadian unik tentang paus pembunuh yang menyerang hiu putih dewasa dan kemudian memakan hiu tersebut.

Pernyataan yang mengatakan bahwa Hiu merupakan predator yang mengendalikan rantai makanan teratas di laut pun dipatahkan karena peristiwa itu. Paus pembunuh hidup secara berkelompok, mereka juga sering berburu bersama.

IUCN menetapkan status konservasi paus pembunuh adalah tidak diketahui, karena beberapa paus pembunuh berbeda jenis. Beberapa populasi lokal sudah terancam karena kehilangan habitat, pengaruh polusi, dan ditangkap untuk taman mamalia laut, serta terkadang konflik dengan nelayan.

Pertumbuhan Orca dapat tumbuh dengan panjang mencapai 10 m. Sehingga mereka dapat memakan hiu putih dengan mudah.

Orca dapat debedakan dengan mudah karena morfologinya yang mirip keluarganya, ya lumba-lumba. Orca merupakan spesies lumba-lumba terbesar didunia, dengan ciri cir pembeda berupa punggungnya yang berwarna hitam dan bagian ventral (perut) yang berwarna putih.

Selain itu juga ada corak putih diatas matanya dan bagian belakang tungkai depannya. Sangat unyu unyu dan mudah dibedakan.

Tapi kelakuannya tak seunyu-unyu bentuknya loh, karna Orca merupakan predator tingkat atas yang bahkan kalau lagi iseng dia juga menyerang sodaranya sendiri Lumba-lumba. Jahat ya? Hiks!

Anaknya lahir dengan warna yang agak kekuningan dan akan memudar menjadi putih seiring dengan pertambahan usianya. Karakteristik lainyya yaitu sirip punggung yang besar dan bahkan bisa mencapai 2 meter tingginya, ngeri kan?

Orca atau yang lebih dikenal dengan nama “Killer Whale” adalah mamalia laut sejenis dengan lumba-lumba dan ikan paus, tapi apa yang membuat Orca begitu berbeda dibandingkan dengan mamalia laut lainnya?

Orca dikategorikan dalam kelas “paus bergigi” artinya Orca yang memiliki gigi ini tentu saja makannya terdiri dari ikan-ikan kecil dan sebagainya, lain dengan “paus baleen” yang memiliki baleen atau semacam jaring yang berguna untuk menangkap mangsa yang kecil seperti plankton.

6Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae)

Megaptera novaeangliae

Disebut paus bungkuk karena rahangnya yang tinggi dan melengkung, sehingga terlihat sedang membungkuk.

Panjang paus bungkuk dewasa sebesar 12-16 meter dan memiliki berat 36.000 kilogram. Paus Bungkuk memiliki bentuk tubuh yang istimewa, dengan sirip dada panjang dan kepala menonjol.

Hewan ini adalah hewan akrobatik, ia sering muncul di permukaan air. Jantan mengeluarkan lagu yang terdengar selama 10 sampai 20 menit dan diulang untuk beberapa jam pada satu waktu. Peran lagu ini belum diketahui, walaupun sepertinya memiliki peran dalam berpasangan.

Ia menangkap mangsanya dengan balin, caranya ia membuka mulutnya lebar-lebar, lalu paus bungkuk akan meneguk airnya. Lantas, apabila ia mendapatkan mangsanya, lantas air yang telah ia teguk dimuntahkan. Kadang-kadang, hewan ini melompat-lompat dan menebas air dengan ekornya.

Paus ini berwarna hitam dan sering ditemukan di daerah Arktik. Untuk beradaptasi di daerah dingin, mereka memiliki lemak setebal 45cm.

Paus ini seringkali muncul di permukaan laut dan loncat seperti salto. Paus ini dapat mengeluarkan suara 10-20 menit. Hal ini dilakukan untuk melakukan komunikasi dengan kelompoknya atau untuk menarik pasangannya.

Paus ini populasinya semakin menurun karena eksploitasi laut yang tidak bertanggung jawab.

Paus bungkuk pakan terutama di lapangan makan, dan selama hibernasi dan selama migrasi mereka kelaparan, menggunakan cadangan lemak. Selama periode ini mereka secara substansial menurunkan berat badan, jatuh ke 1/3 dari massanya.

Sebagai makanan utama dalam humpbacks berbagai krustasea dan ikan kecil dan kadang-kadang cumi-cumi. Ikan paus humpback pakan di perairan pantai, dan jika dipindahkan ke daerah lain, penggunaan makanan sebagai krill.

Migaloo adalah jenis paus bungkuk yang seluruh tubuhnya berwarna putih. Hewan mamalia cantik ini sudah terlihat sejak tahun 1991. Pemberian nama paus asal Australia ini diambil dari nama suku bangsa Aborigin, yang berarti ‘white fella’ atau orang kulit putih.

Paus albino ini hidup di perairan hangat di Southern Ocean di sekitar Australia. Seperti namanya, sekujur tubuh hewan ini berwarna putih. Di sekitar perairan tersebut, diperkirakan terdapat sekitar 10 hingga 15 paus berwarna putih dari 15.000 paus yang hidup disana, dan mereka dilindungi dibawah hukum Australia.

Ilmuwan dari Riset Paus Putih belum menemukan penyebab kulit putih pada paus, apakah kelainan pigmen atau memang ada jenis itu. Migaloo menjadi selebriti di dalam dunia air dan kemunculannya dinantikan para fotografer untuk mengabadikannya.

7Paus Sperma (Physeter macrocephalus)

Physeter macrocephalus

Paus ini sering diburu karena kepalanya mengandung sejenis minyak yang disebut zat spermatic. Zat ini digunakan untuk bahan parfum, salep, pelumas dan lilin. Meski begitu, belum diketahui apa fungsi zat ini bagi paus sperma.

Ciri khas paus ini kepalanya sangat besar. Bahkan pejantan ukuran kepalanya dapat sepertiga ukuran panjang badannya.

Di Indonesia, sempat menjadi perdebatan ketika warga Lamatera Pulau Lembata, NTT, sering melakukan perburuan paus sperma. Warga sebelum berburu melakukan upacara untuk meminta restu dari nenek moyang.

Sekarang, penelitian terbaru menunjukkan bahwa struktur dahi paus sperma berkembang untuk pendobrak ketika para jantan bersaing merebutkan pasangan. Perilaku ini mungkin mampu membuat kapal tenggelam, tanpa paus melukai diri mereka sendiri selama tabrakan tersebut, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal peer-review PeerJ.

Para peneliti menggunakan simulasi untuk menentukan, apakah struktur dahi secara signifikan mengurangi stres dalam tengkorak paus sperma selama dampak serudukan paus.

Dahi paus sperma berisi dua kompartemen besar berisi minyak (salah satunya disebut organ spermaseti, dan lainnya yang dikenal sebagai sampah) memainkan peran dalam kemampuan serudukan makhluk laut ini. Minyak ini merupakan target utama industri penangkapan ikan paus abad ke-19.

8Fakta Tentang Ikan Paus

ikaummuhanif.blogspot.com

Tidak seperti manusia, ikan paus tidak menderita ‘bend’ (kejutan) ketikan muncul secara cepat ke permukaan air.

Kamu mungkin akan bertanya apa itu ‘bend’. ‘Bend’ adalah rasa sakit akibat penurunan tekanan di sekitar kita secara tiba-tiba. Saat penyelam ingin menyelam jauh ke dalam air, mereka berhenti sejenak di kedalaman tertentu dan menyesuaikan tubuhnya dengan tekanan di sekitarnya agar tidak terpengaruh oleh perubahan tekanan air.

Cara ini membuat mereka mampu menyelam sangat dalam secara perlahan-lahan. Tapi ingat mereka perlu berhenti dan beristirahat pada jarak tertentu selama mereka kembali ke permukaan air.

Jika tidak, pembuluh darah penyelam akan sakit atau pecah yang dapat mengakibatkan kematiannya. Ikan paus tidak mempunyai masalah tersebut. Ikan laut dapat hidup di lautan seperti halnya manusia yang dapat hidup di daratan.

Kamu mungkin tahu bahwa ikan paus menyemburkan air dari lubang di atas kepalanya. Tahukah kalian bahwa lubang itu memang hidungnya? Ikan paus menggunakan hidungnya hanya untuk bernafas.

Banyak orang berpikir bahwa ikan paus hanya menyemburkan air dari lubang tersebut. Yang benar adalah, ikan paus melepaskan udara dari dalam paru-parunya. Karena udara ini mengandung uap air dan suhunya lebih panas daripada udara luar, ini tampak sebagai air dari kejauhan.

Badan ikan paus biasanya berbentuk seperti torpedo dan sangat cocok untuk berenang dalam air. Sementara itu jika kebanyakan ikan ekornya tegak lurus dengan permukaan air, ekor ikan paus melintang dan sejajar dengan permukaan air.

Dengan ekor seperti ini, ikan paus mampu mendorong dirinya ke depan di dalam air.

Dibawah kulit ikan paus ada lapisan lemak yang tebalnya sekitar 50 centimeter. Fungsi lapisan lemak ini untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap sekitar 34 – 37 derajat celcius

Pada bagian ini, mungkin berguna untuk mengingatkan kalian tentang hal berikut: berkebalikan dengan dugaan orang kebanyakan, ikan paus dan ikan lainnya tidak minum air laut karena air garam berbahaya bagi mereka. Karena itulah mereka mencukupi kebutuhan airnya dari makanan yang ditelannya.

Setiap tahun di bulan Desember dan Januari, paus abu-abu berpindah dari Laut Utara ke pantai selatan Amerika Utara dan sampai di California. Tujuan mereka berpindah ke air yang lebih hangat adalah untuk melahirkan bayinya.

Yang menarik adalah ikan paus betina yang hamil tidak makan apapun sepanjang perjalanan mereka, karena ia sama sekali tidak membutuhkannya. Selama hari-hari panjang musim panas, ia telah banyak makan dari laut yang subur di Utara, karenanya ia telah menyimpan cukup tenaga untuk perjalanan yang panjang.

Setelah ikan paus betina mencapai pantai di Meksiko barat, ia segera melahirkan bayinya. Bayi ikan paus menyusu induknya dan menyimpannya sebagai lemak sebanyak mungkin. Persiapan ini membuat mereka kuat untuk berpindah kembali, yang dimulai di bulan Maret.

Seperti mamalia lainnya, ikan paus juga menyusui anaknya. Tapi bayi ikan paus tidak menyusu induknya karena mereka beresiko menelan air laut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air laut berbahaya bagi ikan paus.

Yang menarik, seperti halnya ikan lumba-lumba,ada otot yang mengelilingi kelenjar susu ikan paus betina. Ketika ikan paus menggerakkan otot ini, tekanan yang dihasilkan membuat induk tersebut mampu menyemprotkan air susu langsung ke dalam mulut bayinya.

Air susu ikan paus berbeda dengan yang biasa kita kenal. Bentuknya hampir seperti padatan dan sangat berlemak. Karena wujudnya seperti itu, air susu tersebut tidak dapat tercampur dengan air laut.

Zat yang diminum – atau lebih tepatnya dimakan – bayi ikan paus tersebut akan terlarut di dalam perut. Makanan yang terlarut ini juga mengandung air yang dibutuhkan oleh bayi ikan paus.

Lapisan berminyak, yang tembus pandang menutupi mata ikan paus untuk melindunginya dari berbagai efek yang membahayakan dari air laut. Ikan paus mempunyai indera peraba dan pendengaran yang tajam. Ia mengetahui arah di dalam air dengan mengikuti gema suara yang dibuatnya. Cara kerja indera tersebut mirip dengan radar. Sesungguhnya, keistimewaan ikan paus ini menjadi ilham bagi pembuatan radar.

Para ilmuwan mempercayai bahwa suara-suara yang ditimbulkan oleh ikan paus berisi bahasa yang sangat rumit. Bahasa ini sangat penting dalam hubungan dan komunikasi di antara mereka.

Saat naik kepermukaan ikan paus senang sekali mengeluarkan air dan menyemprotkannya ke atas untuk ancang-ancang dalam mengambil nafas seperti gambar disamping ini.

Karena ikan paus merupakan jenis mamalia terbesar yang hidup dilaut dan bernapas dengan paru-paru seperti manusia. Jadi tidak bernapas dengan insang seperti ikan pada umumnya.

Jenis ikan paus yang terlihat seperti gambar terakhir merupakan jenis species ikan paus yang terbaru, dan para ilmuwan belum bisa menentukan jenis paus ini jadi species ini belum diberi nama. Dan hewan ini sangat langka sekali, sehingga keberadaannya harus dijaga betul.