Berapa sih kecepatan rata-rata kita dalam berkendara? Bila mengendarai motor, rata-rata mungkin 50 km/jam, atau kalau lagi ngebut sampai 100 km/jam.

Tahukah kamu, kecepatan kita mengendarai motor ternyata hampir seimbang dengan kecepatan ikan-ikan laut yang dikenal tercepat ini.

Telah kita ketahui, banyak spesies ikan yang bervariasi dan memiliki keunikan masing-masing. Ragam bentuk fisik, warna, habitat hidup, ukuran hingga sifatnya.

Salah satu hal yang menarik adalah kecepatan renang yang dimiliki masing-masing ikan. Ada beberapa spesies ikan yang mempunyai kecepatan diatas rata-rata, yang ternyata setara dengan kecepatan kita berkendara.

Inilah jenis-jenis ikan paling cepat di dunia yang harus kamu ketahui.

1Ikan Sailfish

sailfishideas.ted.com

Kalau ada kontes adu cepat antar ikan, sudah pasti inilah pemenangnya. Ikan sailfish dinobatkan sebagai ikan tercepat di dunia dengan kecepatan yang sangat fantastis, mencapapai 110 km/jam.

Disebut sebagai ikan layar, karena sirip atasnya yang menyerupai layar kapal. Jika layar kapal digunakan untuk menopang kecepatan angin, ‘layar’ sirip pada ikan ini juga menopang kecepatan di laut.

Dengan badan yang kaku, lurus dan meruncing, serta sirip ekor yang menyerupai gunting, ikan sailfish memang diciptakan Tuhan untuk bergerak cepat di laut.

Gerak super cepat ikan sailfish ini juga berasal dari kemampuan gerakan ekor yang sangat cepat. Ekor ikan sailfish yang bergerak ke depan dan belakang, mampu digerakkan hingga ratusan kali dengan otot kuatnya.

2Ikan marlin

howtocatchanyfish.com

Tidak kalah istimewa, ikan marlin mempunyai kecepatan renang mencapai 80 kilometer per jam, menempatkanya sebagai ikan tercepat kedua setelah sailfish.

Ada tiga jenis ikan marlin, yakni marlin hitam, marlin putih dan marlin biru. Tercepat diantara ketiga jenis ini adalah marlin hitam.

Bentuk ikan marlin memang mirip seperti ikan sailfish, karena keduanya memang masih satu keluarga ikan Istiophorida.

Istiophorida adalah keluarga ikan dengan ciri tubuh memanjang, moncong seperti tombak, sirip punggung yang panjang dan kaku membentang kedepan membentuk sebuah puncak.

3Ikan Wahoo

bornfreefishing.com

Ikan wahoo yang berenang dengan kecepatan 78 kilometer per jam, menjadi ikan tercepat ketiga yang berenang di laut.

Wahoo adalah jenis ikan pemangsa yang hidup secara berkelompok. Hidup di perairan tropis dan subtropis, ikan ini dibekali kecepatan luar biasa guna mengejar ikan-ikan kecil buruannya dari jarak jauh.

Ikan sepanjang 2,5 meter dan berat rata-rata 83 kg memiliki tubuh yang langsing yang memudahkannya dalam berenang cepat. Ikan ini sekarang terancam punah karena mereka sering sekali diburu untuk dimakan.

4Ikan Tuna

Siapa sangka ikan yang sering kita santap ini ternyata adalah perenang handal di laut. Dengan kecepatan sampai 74 km/jam, menempatkan ikan tuna sebagai ikan tercepat keempat di dunia.

Dengan otot yang memiliki banyak myoglobin, bermanfaat untuk mempercepat gerakan ikan tuna.

Kecepatan tuna juga disebabkan bentuk tubuh mereka yang menyerupai torpedo, atau sering disebut fusiform. Cirinya dengan bentuk sedikit memipih di sisi kanan-kirinya dan moncong yang meruncing.

5Great Blue Shark

dbmazores.com

Pada posisi ke lima sebagai ikan tercepat di dunia, great blue shark mampu berenang dengan kecepatan sekitar 69 kilometer per jam.

Kecepatan ini juga membuatnya menjadi ikan hiu tercepat diantara jenis hiu lainnya.

6Bonefish

casablancafishing.com

Ikan tercepat selanjutnya adalah ikan bonefish, dengan kecepatan hingga 64 kilometer per jam.

7Swordfish

flickr.com

Dengan moncong seperti pedang, ikan pemangsa ini mampu berenang dengan kecepatan sama seperti ikan bonefish, yakni sampai 64 kilometer per jam.

8Barracuda

stophavingaboringlife.com

Ikan yang tergolong dalam kelas Actinopterygii ini adalah ikan yang dikenal dengan wujud menyeramkan, serta berukuran besar dan panjang. Panjangnya mencapai 6 kaki (180 cm) dan lebar 1 kaki (30 cm).

Ternyata ikan besar menyeramkan ini juga memiliki Kecepatan yang tinggi. Kecepatan yang pernah dicatat oleh barracuda adalah 58 kilometer per jam.

SHARE