www.merdeka.com

Hebat! Inilah 5 Ilmuwan Indonesia yang Berkontribusi Untuk Dunia

Posted on

Sering kita membaca, mendengar atau melihat tokoh-tokoh yang memiliki kontribusi di dunia ini. Kebanyakan dari mereka yangsering kita ketahui adalah orang-orang asing.

Misal saja kita mengenal Newton,seorang penemu Hukum Newton dan Gaya Gravitasi, Enstein dengan teori Relativitasnya, dan masih banyak lagi.

Bagaimana dengan Indonesia?

Dengan kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusianya, masih saja penduduk Indonesia dianggap sangat kuno dan tidak bisa melakukan apa-apa.

Tahu kah kamu, bahwa penduduk Indonesia memiliki kontribusi yang luar biasa bagi dunia. Terdapat beberapa teori dan penemuan yang dilahirkan oleh putra bangsa.

Karya-karyannya tentu membuat kita bangga dan semakin cinta kepada Indonesia. Berikut kontribusi yang dilakukan oleh Indonesia kepada dunia.

Teori dan Teknologi di Bidang Kerdigantaraan, BJ Habibie

static.republika.co.id

Siapa yang tidak mengenal BJ Habibie? Presiden RI yang ke-3 ini telah memberikan kontribusi luar biasa bagi Indonesia maupun dunia.

Beliau merupakan seorang ilmuwan yang terkenal karena kejeniusannya dalam membuat pesawat. BJ Habibie mampu membuat teori yang sangat bemanfaat dalam bidang kerdigantaraan.

Tidak hanya itu, beliau dijuluki sebagai “Mr.Crack”, karena kejeniusannya menemukan rumus “Faktor Habibie”. BJ Habibie adalah orang pertama yang menemuka rumus menghitung urutan keretakan pesawat hingga ke atom-atomnya. Luar biasa bukan?

Bahkan Negara Jerman pernah menampung dan membiayai banyak sekali penelitian yang dilakukan oleh BJ Habibie. Tapi sayangnya Indonesia tidak begitu menghargai BJ Habibie.

Penemu Jumlah Kromosom yang Benar, Joe Hin Tjio

neuropediatra.org

Masih ingatkah kamu pelajaran biologi tentang kromosom di bangku Sekolah Menengah Atas? Sebelumnya dunia menganggap jika jumlah kromosom yang ada pada manusia adalah 48.

Setelah teori tersebut berlansung bertahun-tahun, ada seorang putra bangsa Indonesia yang menemukan fakta baru tentang jumlah kromosom yang benar pada manusia.

Adalah Joe Hin Tjio, beliau melakukan penelitian pada lapisan sel paru-paru dan menemukan fakta jika jumlah kromosom hanya ada 46.

Akibat penemuan ini, perkembangan penelitian kromosom manusia semakin maju dan muncul satu cabang ilmu genetik yang mempelajari penyakit keturunan dan juga pengaruhnya pada kromosom, ilmu tersebut bernama cytogenetics.

Metode Pemancar Laser, Nelson Tansu

www.youtube.com

Lagi, seorang warga negara Indonesia yang membuat kita bangga. Adalah Nelson Tansu, dosen pascasarjana yang merupakan salah satu profesor termuda di Amerika.

Nelson Tansu menemukan sebuah metode pemancar laser dan beberapa teknologi nano lain. Penemuannya tersebut telah digunakan di berbagai sektor di dunia.

Pemilik Hak Paten OFDM 4G, Khoirul Anwar

twitter.com

Siapa sangka orang Indonesia memiliki kontribusi yang sangat luar biasa di dunia. Ia adalah Khoirul Anwar.

Putra bangsa ini mematenkan penemuannya berupa teknologi broadband 4G yang dipakai di dunia internasional.

Menajubkan, sistem yang ia temukan dipakai di bumi sampai merambah ke luar angkasa untuk komunikasi menggunakan satelit.

Penemu Persamaan Helmholtz, Yogi Ahmad Erlangga

www.bintang.com

Sosok yang ahli di bidang matematika ini merupakan seorang ilmuwan muda Indonesia yang berhasil memecahkan rumus matematika berdasarkan Persamaan Helmholtz.

Penemuannya tersebut menjadi hal penting dalam ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi di beberapa bidang. Penemuannya digunakan untuk mempercepat pencairan sumber minyak bumi dan teknologi keping Blu-Ray.

Pemuda yang berhasil meraih gelar doktor dari Universitas Teknologi Delft ini berhasil mengembangkan metode kalkulasi yang membuat sistem komputer di perusahaan-perusahaan minyak bisa menyelesaikan ekuasi lebih cepat.

Nah, itulah ilmuwan-ilmuwan hebat Indonesia yang memiliki kontribusi luar biasa bagi dunia. Masih banyak lagi putra banga yang membuat kita bangga.

Dengan mengetahui 5 tokoh di atas, kita menjadi tahu bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang hebat. Kita wajib bangga dan semoga mereka dapat menjadi inspirasi bagi kita untuk lebih maju.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *