Berapa banyak penemu dan inovator yang kamu dan anakmu tahu? Apakah ada diantaranya tokoh Muslim yang kamu kenal?

Ada sebagian masyarakat kita yang masih menganggap bahwa peradaban Islam sebagai sesuatu yang puritan dan ketinggalan zaman. Berbeda halnya dengan peradaban Barat yang dipersepsikan sebagai asal muasal modernisasi keilmuan dan teknologi.

Pada akhirnya, akan timbul pemikiran bahwa untuk bisa mendapatkan kesuksesan dunia, haruslah berlomba-lomba berkiblat pada Barat dan meninggalkan Islam di belakang. Belajar agama Islam semata-mata hanya untuk memperoleh kesuksesan di akhirat kelak.

Pola pikir yang juga disebut dengan sekulerisme ini pada akhirnya membawa mereka pada sikap acuh terhadap perilaku dan akhlak yang seharusnya dijunjung tinggi oleh seorang Muslim.

Apakah benar, bahwa peradaban Islam selalu berhubungan dengan sesuatu yang puritan dan ketinggalan jaman?

Berikut ini beberapa tokoh Muslim yang sejarahnya dikenal masyarakat dunia dan kontribusinya sampai hari ini digunakan oleh masyarakat dunia. Sehingga kamu bisa mengenal lebih dekat peradaban Islam sesungguhnya sekaligus bisa menjadi motivasi untuk berkarya seperti mereka.

1Abbas bin Firnas: Sang Penerbang Pertama

cahayaquran.com

Selama ini mungkin kamu mengenal Wright Bersaudara sebagai manusia pertama yang berhasil terbang di udara. Namun sebenarnya, lebih dari seribu tahun sebelum mereka, seorang ilmuwan Muslim bernama Abbas bin Firnas sudah terlebih dahulu berhasil terbang.

Tak hanya itu saja, jika Wright Bersaudara berhasil terbang hanya dalam waktu 12 detik. Sedangkan Abbas bin Firnas dapat terbang selama lebih dari 10 menit di udara. Selama hidupnya, Abbas bin Firnas juga dikenal sebagai ahli sastra, musik dan astronomi.

Motivasinya membuat desain pesawatnya itu untuk dapat memahami kebesaran Allah di langit. Abbas bin Firnas memang senang memperhatikan ciptaan Allah di langit. Dia begitu takjub dengan kebesaran Allah menerbangkan burung-burung di udara.

Sekarang kamu masih bisa menemukan patung Abbas bin Firnas di Cordoba, Spanyol. Patung ini didirikan untuk menghormati karya dan dedikasinya dalam ilmu pengetahuan, khususnya terhadap dunia kedirgantaraan.

2Al Jazari: Sang Insinyur Mesin

mesjid-asri.blogspot.com

Beberapa karya besar yang berhasil Al Jazari temukan diantaranya adalah jam gajah. Jam ini memang begitu penting dalam Islam karena dapat memberitahukan posisi waktu. Dengan jam ciptaannya itu, orang Muslim menjadi lebih mudah menentukan waktu sholat, puasa dan haji.

Karya besar lainnya adalah pompa air. Al Jazari termotivasi untuk membuat suatu mesin yang dapat memudahkan umat Islam untuk berwudhu. Al Jazari adalah seorang Insinyur yang hidup di abad ke-12 Masehi.

3Ibnu Sina:  Bapak Kedokteran

elpoesya.wordpress.com

Siapa tidak kenal namanya? Bahkan orang Barat pun mengakui karyanya berjudul Al Qanun fi at-Tibb yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi Canon of Medicine. Buku tersebut kemudian dijadikan dasar bagi ilmu kedokteran di Barat hingga akhir abad ke-19.

Salah satu metode pengobatan yang terkenal dari Ibnu Sina yaitu operasi tulang. Padahal saat itu dia hidup di abad ke-11 yang masih jauh dengan teknologi saat ini.

4Fathimah Al Fitri, Ibu Pendiri Universitas

limabesar.uniktapifakta.com

200 tahun sepeninggal Rasulullah SAW, peradaban Islam sudah menjangkau wilayah yang begitu luas, dan ilmu pengetahuan menjadi sesuatu yang sangat diidamkan oleh setiap Muslim saat itu. Tak hanya kaum pria saja, kaum wanita pun tak kalah semangatnya untuk berlomba dalam mencari ilmu.

Bertempat di kompleks Masjid Al Qawariyin di Fez, Maroko, seorang wanita bernama Fathimah Al Fitri mendirikan universitas modern pertama di dunia. Universitas ini menjadi salah satu kiblat bagi dunia pendidikan modern ketika itu.

Bahkan hingga sekarang, pakaian mahasiswa ala Fathimah Al Fitri berbentuk jubah warna gelap masih digunakan dalam setiap agenda wisuda universitas se-dunia. Bentuk toga yang dipakai berbentuk segi empat juga merupakan simbol dari ka’bah.