www.dronestagr.am

Indah!! Destinasi Wisata Sisa Peradaban Islam di Andalusia

Posted on

Bukti Islam telah mencapai Eropa masih dapat kita nikmati dan temui saat berkunjung ke Andalusia, Spanyol. Ya Andalusia adalah simbol kejayaan dan peradaban Islam di Eropa.

Awalnya, ekspedisi kaum Muslimin ke Spanyol dipimpin oleh Tariq bin Ziyad. Setelah itu peradaban Islam berkembang di Andalusia dengan Cordoba sebagai pusat ibu kotanya.

Beragam bangunan dididirkan dengan corak Islam berasitektur Muslim Moor. Sampai saat ini bangunan-bangunan simbol Islam tersebut masih bisa kita temui saat kita menjejakkan kaki ke Andalusia. Yuk kita intip destinasi wisata sisa peninggalan peradaban Islam di Andalusia

Alhambra

handluggageonly.co.uk
handluggageonly.co.uk

Alhambra merupakan kompleks bangunan kerajaan seluas 14,2 hektar yang terletak di atas bukit di Granada. Nama Alhambra diambil dari Bahasa Arab “al-hamra” yang berarti “yang berwarna merah” karena seluruh kompleks bangunan berwarna kemerah-merahan.

Bangunan Alhambra pertama kali dibangun pada tahun 889 hanya sebagai benteng pertahanan kecil. Setelah itu, reruntuhan benteng kemudian dibangun kembali sebagai istana kerajaan pada pertengahan abad ke-11 oleh Emir Granada.

Berbagai literatur menyebut Alhambra sebagai “paradise on earth” (surga di bumi) karena keindahan arsitekturnya.

Generalife (Palacio de Generalife)

www.travelchannel.com
www.travelchannel.com

Kompleks istana ini juga terletak di Granada, di sebelah Alhambra. Generalife merupakan kompleks istana dan taman yang digunakan oleh keluarga kerajaan jika musim panas tiba.

Nama Generalife juga berasal dari Bahasa Arab “Jannat al-‘Arif” yang berarti “taman orang-orang yang pandai”.

Taman di kompleks ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu: Patio de la Acequia yang didalamnya terdapat kolam hias berukuran panjang dengan air mancur dan berbagai macam bunga.

Satunya lagi Jardin de la Sultana yang merupakan taman dengan banyak pohon sejenis cemara. Bersama dengan Alhambra, Generalife dimasukkan ke dalam list UNESCO World Heritage Site pada tahun 1984.

Mosque of Cordoba

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Dikenal dengan nama Great Mosque of Córdoba. Bangunan ini pada awalnya adalah sebuah gereja yang dibangun oleh kaum Visigoth.

Saat Muslim menguasai Andalusia tahun 711, gereja ini dibagi menjadi 2 bagian, separuh sebagai gereja dan separuhnya lagi sebagai masjid. Pada tahun 784 Khalifah Abd al-Rahman I membeli separuh bagian gereja tersebut dari kaum Kristen dan dibangunlah sebuah masjid besar Cordoba.

Alcazar of Seville

www.thousandwonders.net
www.thousandwonders.net

Alcazar of Seville merupakan istana kerajaan yang dibangun oleh para raja Muslim Moor di Seville. Alcazar berasal dari Bahasa Arab “al-qasr” yang berarti “istana; kastil; benteng”.

Sama seperti Alhambra dan Generalife, Alcazar ini juga terkenal sebagai bangunan berarsitektur terindah di Spanyol.

Hingga saat ini, bangunan ini masih digunakan sebagai istana dan tempat tinggal resmi keluarga Kerajaan Seville sehingga merupakan istana kerajaan tertua yang masih digunakan di wilayah Eropa.

Almeria Fortress

www.mundo-guides.com
www.mundo-guides.com

Almeria Fortress merupakan benteng yang dibangun oleh Khalifah Abd ar-Rahman III pada tahun 995 di Almeria.

Pada saat itu Almeria telah menjadi kota sehingga diputuskan untuk membangun sebuah benteng pertahanan. Kata Alcazaba berasal dari bahasa Arab “al-qasbah” yang berarti “benteng”.

Bangunan benteng ini tidak hanya terdiri atas tembok (wall) dan menara (tower) tetapi juga meliputi lapangan, masjid, dan rumah-rumah tempat tinggal.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *