konfrontasi.com

Indonesia Perlu Orang Nekat! Chandra Hamzah Ingat Pesan Gus Dur Sebelum Meninggal

Posted on

Pada awal Desember tahun 2009, Gus Dur bertemu dengan Chandra Hamzah, yang kini menjadi bakal calon ketua ILUNI UI 2016-2019.

Mereka bertemu berdua untuk mendiskusikan tentang Indonesia di masa depan, berikut rencana-rencana yang akan disiapkan.

Ada pesan yang Gus Dur sampaikan kepada Chandra Hamzah. Pesan penting yang akan menentukan kemajuan Indonesia kelak. Pesan apakah itu?

Indonesia Perlu Oran Berani dan Nekat

republika.co.id
republika.co.id

Beberapa hari sebelum Gus Dur wafat, pertemuan empat mata dilakukan di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan empat mata itu, Gus Dur berpesan kepada Chandra bahwa Indonesia memerlukan orang berani dan nekat.

Mengapa? Sebab yang diam, tidak inisiatif, dan hanya bisa menurut saja akan mudah tergilas zaman yang semakin berlari kencang.

Pertemuan tersebut berlangsung sekitar setengah jam dan berjalan dengan lancar. Chandra juga menemui Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi.

Selepas Kepergian Gus Dur

nasional.kompas.com
nasional.kompas.com

Chandra merasa kehilangan sosok Gus Dur yang menginspirasinya untuk bersikap berani; berani berpendapat, berani melawan arus, dan bentuk keberanian lain yang dibutuhkan bangsa Indonesia untuk bisa mendobrak kesalahan.

Chandra berpendapat bahwa Negara Indonesia memang butuh sosok panutan masyarakat yang tidak bergerak atas dasar suruhan, kaku, tidak dilandasi kepahaman dan keberanian membela kebenaran.

Bagi Chandra, orang seperti Gus Dur bisa memecahkan kebekuan-kebekuan.

Nilai-nilai yang Dibutuhkan Masyarakat

konfrontasi.com
konfrontasi.com

Banyak nilai-nilai yang harus menjadi sifat para pemimpin Indonesia kelak serta bisa menjadi tauladan bagi masyarakat. Salah satunya keberaniannya dalam mendukung pemberantasan korupsi.

Tidak banyak orang yang berani di saat-saat sulit menyatakannya dengan bahasa yang tegas dan lugas.

Ke depannya, KPK harus menjadi lembaga yang lebih berani dan jujur. Amanah bagi generasi muda, dan bangsa, untuk jangan takut-takut dalam memerangi korupsi.

Sekarang ini yang dibutuhkan bangsa adalah orang yang tidak takut terhadap halangan dalam bentuk apapun, berani menerobos, memberontak terhadap kezaliman.

Suntikan semangat yang diberikan Gus Dur pada Chandra Hamzah akan sangat melekat dan diingat baik olehnya.

Apa yang Akan Dilakukan Chandra Hamzah?

tokohindonesia.com
tokohindonesia.com

Pesan Gus Dur tersebut menyiratkan bahwa dirinya harus mampu menjadi orang dengan sifat berani dan nekat tersebut. Menjadi sosok dengan sifat seperti itu bisa dalam bidang apa saja.

Berani dan nekat memiliki arti luas dalam dimensi kontribusi. Selama status Chandra masih sebagai warga negara indonesia, maka selama itu pula dedikasinya pada tanah air tidak akan pernah putus.

Keberanian, semangat, dan nekat adalah satu paket, bagian dari bentuk dedikasi tersebut. Negara dan seluruh masyarakatnya akan melihat di kemudian hari, perubahan apakah yang akan muncul setelah pesan Gus Dur tersebut terlaksana dalam tataran Negara.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *