Setiap orang tua tentu ingun anak-anaknya tumbuh dengan baik. Tidak hanya dari pertumbuhan fisiknya saja yang diperhatikan, banyak hal yang perlu diperhatikan.

Memiliki anak yang kreativ dan cerdas tentu membanggakan. Kreativitas yang dimiliki anak akan memberikan dampak positif bagi kehidupannya kelak.

Eits, bagi kamu yang masih muda atau masih single bukan berarti tidak harus siap-siap berpikir tentang anak lho.

Bagaimanapun juga yang masih single adalah calon orang tua di masa depan. So, sebagai calon orang tua yang baik tentu kita perlu mengetahui bagaimana cara mendidik anak dengan cara yang tepat.

Melihat fenomena yang ada, tidak sedikit orang tua yang sukses dengan banyak prestasi tapi belum bisa mendidik anaknya secara tepat.

Adalah Adam Grant, seorang guru di Wharton School of Business yang juga sekaligus merupakan penulis buku psikologi mencetuskan cara yang tepat untuk mendidik anak agar keterampilan artistiknya berkembang.

Nah, berikut tiga cara tepat untuk mengembangkan kreativitas anak.

Pujilah Si Anak, Bukan Apa yang Dilakukannya

mewarnai kiki widyasari
http://www.binaulummah.com

Misalnya ketika anak sedang melakukan aktivitas menggambar atau membuat sebuah karya, kebanyakan orang tua akan memuji kraya tersebut, seperti dengan mengatakan “Wah gambarmu bagus sekali” atau “Origami ini bagus, Kak!”.

Sebenarnya hal tersebut kurang tepat. Sebaiknya orang tua memberikan pujian untuk si anak, seperti dengan mengatakan “Wah, Kakak berbakat menggambar ya” atau “Wow, kamu pinter ya membuat gambar pemandangan alam”.

Dari situ terlihat perbedaannya,pujilah si anak bukan objek yang digambarnya. Cara tersebut dapat menyadarkan anak bahwa dia memiliki bakat.

Maka, rasa percaya diri anak akan tumbuh dengan baik dan kreativitasnya terus berkembang.

Jangan Membuat Aturan yang Berlebihan

anak galau
http://alifakids.com

Maksudnya bukan berarti tidak ada aturan sama sekali. Sebab membiarkan anak seenaknya sendiri bukanlah hal yang baik.

Berilah anak kebebasan, dalam hal ini biarkan anak berpikir dan berkaya dengan bebas. Jangan sampai si anak dikekang dengan aturan yang berlebihan.

Saat orang tua memberikan banyak peraturan pada anak, hal itu kelak akan membuat anak mengalami kesulitan dalam memcahkan masalahnya sendiri.

Ingat ya, berlebihan dan kebebasan adalah dua hal yang sangat berbeda. Berilah aturan yang cukup dan tidak berlebihan, tetap biarkan anak berpikir dan berkarya.

Sering Ajak Anak Berdiskusi

anak ortu
http://beritagar.id

Mengajak anak berdiskusi membuat anak terlatih untuk berpikir kritis, merangsang kemampuan berkomunikasi, maupun bernegosiasi. Dengan begitu kreativitasnya akan muncul dan terus berkembang

“Jika Anda ingin membuat anak menjadi kreatif, Anda harus mengajarkan mereka untuk berpikir secara mandiri.” (Adam Grant)

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk menumbuhkan kreativitas anak. Membentuk karakter seseorang adalah dimulai saat mereka masih kecil.