Setiap orangtua pasti ingin memiliki anak yang kelak menjadi seorang penerus yang hebat, dalam artian sukses di dunia maupun akhirat, berbakti pada orangtua, dan menjadi kebanggaan Bangsa ini.

Namun seringkali dalam perjalanannya, banyak orangtua yang mengabaikan banyak hal yang harusnya sangat dieprhatikan dalam pendidikan anak.

Akibatnya, dengan sistem pendidikan yang kurang atau bahkan salah, anak akan justru tumbuh menjadi pribadi yang jauh dari kebanggaan.

Akhirnya anak justru disalahkan, alih-alih orangtua introspeksi diri dengan cara pendidikan dan kasih sayangnya kepada mereka.

Hmm, kalian para orangtua atau calon orangtua tentu tak mau kan salah mengasuh anak sehingga mereka menjadi pribadi yang jauh dari baik?

Silahkan lakukan 7 tips pendidikan anak berikut ini, dijamin anak-anakmu kelak akan menjadi pribadi hebat yang jauh lebih hebat darimu. Hehehe.

1Ciptakan Suasana Keluarga yang Harmonis

iralistya.blogspot.com

Dengan keluarga yang harmonis, penuh dengan kasih sayang dan cinta, anak akan merasa aman, nyaman, dan terlindungi.

Harmonis bukan dalam artian tak pernah ada perbedaan pendapat sama sekali, namun mampu memanajemen perbedaan untuk tidak sampai menimbulkan perselisihan.

Kalaupun orangtua dengan sangat terpaksa akhirnya sedikit bertengkar, jangan sampai anak-anak tahu, dan segera selesaikan permasalahan sebelum membesar.

2Tata Ruang Rumah yang Nyaman

www.ayeey.com

Kondisi lingkungan, termasuk lingkungan suasana rumah, ternyata juga sangat berpengaruh pada rasa betah anak saat di rumah.

Bahkan tak hanya anak, orangtua atau siapapun yang ada di rumah tersebut bukan kah seperti itu juga?

Bukan berarti harus memaksa diri membeli atau memiliki rumah bagus, namun rumah yang telah dimiliki ditata senyaman dan serapi mungkin, agar suasana menjadi lebih menenangkan.

3Jadilah Orangtua yang Aktif

calonpengantin.co.id

Pada usia pertumbuhannya, anak-anak lebih cenderung suka bermain, bercerita, dan mendengarkan cerita-cerita yang menarik.

Apalagi saat anak memasuki usia remaja, dimana emosi mereka mendadak berubah labil, dan harus perlu perhatian yang lebih.

Orangtua harus bisa lebih aktif mengetahui perkembangan anaknya secara langsung, memahami kesenangan dan apa yang tak disukainya.

Dengan menjadi orangtua yang aktif, secara otomatis anak-anak akan lebih percaya kepada kita sebagai orangtuanya melebih kepada siapapun.

4Menjadi Sahabat Anak

nirwanafile.blogspot.com

Selain sebagai orangtua yang aktif, harusnya kita juga perlu menempatkan diri sebagai sahabat bagi mereka. Bukan sebagai sosok yang mereka takuti.

Karena dengan menjadi sahabat, secara otomatis anak-anak akan dekat dengan kita.

Dan mereka mematuhi kita bukan karena tekanan rasa takut, tapi karena rasa hormat dan taat.

5Jangan Pernah Menjadi Sosok Otoriter

www.idntimes.com

Kadang banyak orangtua yang merasa memiliki anaknya, merasa telah banyak berkorban bagi anaknya, sehingga secara otomatis mereka melakukan sikap yang otoriter pada anak-anak.

Tahukah kamu, bahwa sikap otoriter adalah salah satu penyebab utama anak menjadi jauh dari orangtuanya dan tumbuh menjadi pemberontak?

Ya, itu karena anak merasa orangtuanya sangat mengekang dan tak mendukungnya dalam meraih mimpi.

Hmm, bahaya sekali bukan jika anak sudah mulai menjauh dari orangtuanya?

6Berikan Kamar Sendiri Pada Anak

zonadesain.com

Dengan memberikan fasilitas kamar sendiri kepada anak, tidak jadi satu dengan orangtua atau saudaranya, maka sikap mandiri dan adanya privasi bisa dengan mudah dibentuk pada mereka.

Sejalan dengan pertumbuhannya memang anak sudah harus mulai ditekankan pada kemandirian dan memiliki privasi bahkan rasa malu untuk hal-hal yang bersifat pribadi.

7Selalu Siap Mendampingi

www.dakwatuna.com

Jangan pernah menjadi orangtua sibuk yang tak memiliki waktu-waktu berkualitas bagi anak, karena pelan-pelan anak akan mulai kehilangan sosok kita sebagai orangtua.

Itulah mengapa, sesibuk apapun kita di luar atau dalam rumah sekalipun, kita harus bisa tetap menjadi orangtua yang siap sedia dalam mendampingi anak-anak kita.

Dengan pendidikan dan pengajaran terbaik, maka keinginan kita, harapan dan impian kita sebagai orangtua atau calon orangtua untuk masa depan yang baik bagi anak, in shaa Allah akan terwujud.