Acap kali kita mendengar kata istiqomah. Baik yang berhubungan dengan ibadah atau pun kegiatan sehari-hari. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istiqomah diartikan sebagai suatu sikap teguh pendirian dan senantiasa konsekuen.

Berarti jika ada orang yang mengatakan, “Semoga istiqomah ya ngajinya” atau “Semangat ya, semoga istiqomah jualannya”. Ini menandakan bahwa orang ini berharap kepada kita untuk konsekuen atau tetap melakukan kegiatan mengaji atau berjualan, walau apapun yang terjadi.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa istiqomah sepanjang hayat. Yuk simak.

1Meletakkan Cinta Kepada Allah Di Atas Segalanya

peacelover25.blogspot.com

Istiqomah adalah hal yang mudah dikatakan tetapi sulit dijalankan. Perlu perjuangan seumur hidup untuk melakukannya. Dan salah satu hal yang dapat kita lakukan sebagai cara melatihnya dengan senantiasa untuk meletakkan cinta Allah di atas segalanya.

Dalam keseharian kita, hampir dipastikan gesekan antara panggilan Allah dengan panggilan makhluk dalam wujud orang tua, saudara, pasangan, guru, teman dan lainnya akan terjadi. Maka selalu memposisikan Allah di atas segalanya dapat menjadi sarana belajar untuk senantiasa istiqomah.

2Senantiasa Berzikir kepada Allah

suffagah.com

Di dalam Hadits Qudsi disebutkan, “Barangsiapa yang mengingat-Ku di dalam dirinya, maka Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Dan barangsiapa yang mengingat-Ku dalam kesibukan, maka Aku akan mengingatnya dalam kesibukan yang lebih baik darinya.” (HR. Bukhari)

Artinya, bila kita senantiasa mengingat atau berzikir kepada Allah dalam setiap waktu. Berarti kita selalu memprioritaskan untuk mengingat Allah. Sehingga Allah pun akan memudahkan kita untuk bisa istiqomah menjalankan perintah-Nya dan kebaikan lainnya.

3Mempelajari Kisah Orang Shaleh Terdahulu

tarbawiyah.com

Belajar dari kisah orang-orang shaleh terdahulu akan menjadikan kita bisa mengambil banyak pelajaran dan teladan. Seperti kejujuran mereka dalam bersikap, kesabaran dalam menghadapi ujian berat dan keteguhan dalam mempertahankan keimanan sebagai bagian dari istiqomah di jalan-Nya.

4Senantiasa Berpikir tentang Kebesaran Ciptaan Allah

yukpegi.com

Allah berfirman dalam Al Qur’an Surat Al Hajj ayat 73,

“Wahai manusia, telah diberikan kepada kalian beberapa permisalan, maka dengarkanlah (perhatikanlah) permisalan itu. Sesungguhnya orang-orang yang engkau seru selain Allah, mereka tidak  akan mampu menciptakan lalat, meski untuk melakukannya mereka berkumpul bersama..”

Bahwasanya Allah memiliki ciptaan yang begitu banyak dan indah. Namun ada juga yang dinilai sangat kecil dan remeh oleh manusia, tetapi tidak demikian dalam pandangan Allah. Karena itulah, kita diminta untuk senantiasa menyadari kekuasaan dan keagungan-Nya atas setiap ciptaan-Nya.