Manusia diciptakan Tuhan memiliki tak hanya akal namun juga hawa nafsu dan emosi, dalam merespon kesedihan, kemarahan, kebahagiaan, dan perasaan-perasaan lainnya.

Akal digunakan untuk berpikir tentang baik atau buruk dari tindakan dan sesuatu yang ada di hadapannya, yang biasanya juga muncul dari hawa nafsu atau emosi yang spontanitas.

Salah satu hal yang kemudian menjadi dampak akhirnya adalah sebuah semangat yang ada dalam diri manusia. Semangat itu kemudian dibagi menjadi dua, yaitu semangat positif dan semangat yang negatif.

Semangat positif adalah semangat untuk hidup bahagia, terus berjalan maju, dan berusaha meraih harapan serta impian dengan penuh kesabaran. Sedangkan semangat negatif adalah kebalikannya.

Nah, dewasa ini memang cenderung banyak manusia yang mulai jauh dari Tuhannya karena godaan dunia yang semakin menggiurkan. Akhirnya semangat hidup yang timbul juga cenderung negatif, bahkan banyak juga yang akhirnya berputus asa dari nikmat Tuhan.

Lalu bagaimana caranya agar hidup kita selalu berisi semangat positif dalam menjalani hidup agar kebahagiaan selalu hadir menyertai langkah kita sehari-harinya? Ikut tips jitunya berikut ini:

Banyak Mendekatkan Diri pada Tuhan

seputarduniaislam com
seputarduniaislam.com

Tuhan punya segala keajaiban untuk kita yang tak pernah kita tahu. Jika memang kita merasa hidup kita selalu dirundung duka, coba tanyakan pada diri kita sendiri apakah kita sudah berusaha untuk selalu dekat dengan Tuhan?

Karena Tuhan merindukan hambaNya yang tak pernah mendatangiNya, mungkin salah satu caranya adalah memberi kita ujian agar lebih banyak kita mengingat dan mendatangiNya. Karena tak ada satupun penolong selain Dia.

Banyak Melakukan Kegiatan Positif

nuqtoh com
nutqoh.com

Pikiran buruk atau negatif biasanya muncul saat kita menganggur atau tak memiliki kesibukan apapun yang bermanfaat, sehingga akhirnya kita hanya diam sambil pikiran menjadi liar di luar kendali kita.

Untuk menghindari hal tersebut, sibukkan diri kita dengan kegiatan-kegiatan positif yang dapat membangkitkan semangat positif juga dalam diri kita.

Tak ada waktu untuk melamun atau bersedih bukan? Hehehe.

Mengkonsumsi yang Positif

esquire co id
esquire.co.id

Mengkonsumsi di sini dalam artian banyak hal, tak hanya makanan saja, namun juga tontonan, bacaan, dan apapun yang menjadi kebutuhan dan kesenangan kita.

Karena sesuatu yang berbau negatif akan berpengaruh juga pada diri dan tingkah laku kita. Contohnya budaya dan tontonan yang negatif pasti juga akan mengajarkan kita pada keburukan. Iya bukan?

Berusaha Berpikir Positif dan Menjadi Pemaaf

patheos com
patheos.com

Dan yang terpenting adalah masalah isi hati kita. Jika kita tak ingin diliputi kegelisahan dan rasa yang menyesakkan dada dalam hidup kita, lepaskan semua beban dengan berusaha memaafkan dan berlapang dada menjalani hidup.

Manusia yang hidup bermasyarakat tentu tak luput dari namanya bergesekan, namun jika gesekan itu terus diperlebar maka yang ada adalah luka yang lebih parah dalam hati. Sehingga berusaha memaafkan dan bersabar adalah obatnya.

Jangan lupa untuk selalu berpikiran positif kepada Tuhan utamanya, dan saudara-saudara sesame umat manusia kita, karena belum tentu pikiran dan prasangka manusia itu benar. Tuhan yang Maha Tahu.

SHARE