yufid.tv

Ingin Jadi Muslim yang Lebih Baik? Lakukan Tips Berikut Ini Yuk!

Posted on

Seringkali kita sudah merasa beriman kepada Allah. Sudah merasa menjadi seorang muslim yang baik. Namun, seringkali juga kita merasa menjadi seseorang yang tidak berguna di dunia ini. Seringkali juga kita merasa sendiri, merasa tak berdaya dan merasa merana.

Beberapa rasa di atas tentunya sangat kontradiktif. Di satu sisi kita merasa menjadi muslim yang baik, dalam artian kita adalah pribadi yang tawakal, pribadi yang tenang dan pribadi yang selalu menerima takdir dengan rasa syukur. Namun, di sisi lain ada kegundahan yang tidak mencirikan kita seperti seorang muslim yang baik.

Nah, agar kita tidak terombang-ambing pada rasa yang tidak jelas seperti itu, maka sebaiknya kita evaluasi diri kita. Apakah kita sudah menjadi muslim yang baik? Untuk tahu hal tersebut, lakukan hal-hal berikut ini yuk!

Renungkan Kembali Untuk Apa Kita Diciptakan

streptomedia.blogspot.com
streptomedia.blogspot.com

Seorang muslim yang memiliki kepribadian yang baik adalah mereka-mereka yang mengetahui untuk apa mereka diciptakan ke dunia ini. Jika kamu bingung, maka kita bisa merujuk landasannya ke surat Adz Dzariyat ayat 56.

Di ayat tersebut jelas di tegaskan bahwa tujuan penciptaan kita di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah. Bagaimana cara kita beribadahnya. Tentunya bisa dilakukan dengan banyak aktivitas yang mendekatkan diri kita kepada Allah, baik itu dengan melakukan ibadah wajib atau melakukan ibadah sunnah.

Kenali Allah Lebih Dekat

artikelislamiku.blogspot.com
artikelislamiku.blogspot.com

Salah satu cara agar kita menjadi lebih baik setiap saat, maka kita perlu mengenal Allah lebih dekat. Ini perlu kita lakukan agar kita semakin yakin akan keberadaan Allah dengan sifat-sifatnya yang maha sempurna. Agar kita hanya menggantungkan segala pinta dan harap kepada-Nya.

Segeralah Bertaubat

muslimposter.wordpress.com
muslimposter.wordpress.com

Jika kita ingin menjadi pribadi yang lebih baik, maka satu hal yang bisa kita lakukan pertama kali, yaitu bertaubat dari semua kesalahan yang pernah kita lakukan. Dengan bertaubat diharapkan pintu hidayah akan selalu Allah karuniakan kepada kita.

Jangan Ulangi Kesalahan

ansarisetyoprabowo.wordpress.com
ansarisetyoprabowo.wordpress.com

Seseorang yang tidak lulus dalam ujian tertentu, maka ia perlu mengulang dan akan mengulang ujian yang sama. Tapi tentunya ujian berulang agar kita menjadi pribadi yang lebih baik dan kompeten. Namun hal ini tidak boleh terjadi pada kesalahan. Kita tidak diizinkan melakukan kesalahan yang sama, jika kita ingin hari ini lebih baik dari yang lalu.

Banyak-banyaklah Meminta Ampunan

youtube.com
youtube.com

Dalam kehidupan ini, kita tidak akan terlepas dari kesalahan-kesalahan ataupun dosa-dosa kecil. Oleh karena itu, maka kita dianjurkan untuk selalu memohon ampun di setiap kesempatan,  terutama setelah kita melaksanakan sholat.

Ingat, Allah Selalu Melihat Kita

metlandempire.blogspot.com
metlandempire.blogspot.com

Saat kita akan melakukan kemaksiatan yang sudah menjadi kebiasaan dalam hidup kita, maka kita bisa menjauhinya dengan selalu mengingat bahwa Allah selalu melihat kita. Dengan begitu, kita pun akan takut melakukan kemaksiatan yang dibenci oleh Allah.

Bantulah Mereka yang Kesulitan

fotografibbergerak.blogspot.com
fotografibbergerak.blogspot.com

Jika kamu mau ditolong oleh Allah, maka tolonglah orang-orang yang mengalami kesulitan. Dengan melakukan ini, jika suatu saat nanti kamu butuh pertolongan, maka Allah akan membantumu melalui orang lain juga.

Jangan Lelah Berdoa

duniajilbab.travel.com
duniajilbab.travel.com

Ketika semua sudah kita lakukan, dan sudah kita renungkan, maka satu hal yang tidak boleh terlupa adalah berdoa tanpa lelah kepada Allah. Karena, walaupun kita sudah berusaha menjadi pribadi yang baik. Namun jika Allah tidak berkehendak, maka pinti hidayah dan pertolongan tidak akan mengiringi langkah perbaikan kita.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *