Siapa mau kuliah? Beberapa dari kamu pasti ingin menempa pendidikan yang lebih tinggi. Kalau dulu banget, hanya siswa SMA saja yang melanjutkan, tapi sekarang siswa SMK dan MA pun banyak yang kuliah.

Perkembangan zaman menuntut kamu untuk bisa bersaing dalam berbagai hal, termasuk ilmu. Itulah sebabnya, perguruan tinggi tak lagi hanya menerima lulusan SMA, tetapi juga SMA/sederajat.

Bagi kamu yang telah memiliki pandangan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, cari tahu sebanyak mungkin tentang diri kamu. Apa bakat kamu dan di mana minat kamu. Dengan demikian kamu akan mudah mendapatkan perguruan tinggi yang sesuai.

Namun, dewasa ini calon lulusan SMA/sederajat tetap saja kebingungan memilih perguruan tinggi mana yang akan mereka masuki. Saking banyaknya perguruan tinggi yang bagus dan juga jurusan dengan prospek cemerlang, kamu jadi tambah bingung.

Daripada makin bingung, mendingan kamu ikuti 6 tips memilih perguruan tinggi berikut ini. Cekidot!

1Mencari Informasi Perguruan Tinggi

dikti.go.id

Tips pertama, kamu mesti cari tahu informasi perguruan tinggi sebanyak mungkin. Pilihlah mana saja perguruan tinggi yang menjadi incaran kamu. Kumpulkan informasi selengkapnya tentang jurusan, program studi, fasilitas sampai dengan siapa pengajarnya.

Selain itu, kamu juga harus tahu, apa keuntungan dan kekurangannya jika kamu memilih salah satu dari perguruan tinggi tersebut. Yang paling penting, apakah perguruan tinggi itu relevan dengan minat yang kamu tekuni sekarang.

2Minat dan Kemampuan Harus Selaras

suararakyatindonesia.org

Ini hal sepele yang seringkali diabaikan. Ketika kamu punya tekad dan minat di salah satu perguruan tinggi, sesuaikan dengan kemampuan kamu. Baik kemampuan finansial maupun kemampuan intelektual.

Kalau kamu ingin masuk ke Universitas Indonesia, tapi kemampuan kamu tidak memenuhi syarat, ya jangan dipaksakan. Alih-alih sudah masuk, kamu malah tidak kuat lantas keluar. Kan sayang.

Begitu juga soal jurusan, mungkin kamu sangat ingin masuk ke fakultas kedokteran. Namun, dari sisi finansial tidak mampu. Jangan nekat guys, nanti kamu yang akan kewalahan. Kasihan orang tua yang sudah berjuang membiayai kamu.

Jika kedokteran bukan kapasitas kamu, carilah jurusan lain yang sejalan, misalnya biologi atau peternakan.

Prinsipnya begini, keinginan kuat pasti membutuhkan upaya yang sangat keras. Upaya yang sangat keras sudah pasti memberikan hasil maksimal meskipun jangkanya sangat lama.

Jadi, keinginan juga harus didukung kerja keras, waktu yang lebih dan kemampuan finansial yang cukup.

3Pilih Jurusan Sesuai Minat

blogsnmptn.blogspot.com

Poin penting dalam memilih perguruan tinggi yakni, memilih jurusan. Jadi, kamu harus fokus memilih jurusan. Jangan pandang almamater perguruan tingginya. Yang penting, kualitas jurusannya bagus dan sesuai dengan minat kamu.

Kalau kamu memaksakan diri masuk ke perguruan tinggi yang bagus tapi jurusan yang kamu tuju jelek, kamu pasti rugi. Karena kualitas pendidikan kamu biasanya dilihat dari jurusannya.

4Lihat Status Akreditasi Jurusan

universitasswastaterbai.blogspot.com

Status akreditasi melambangkan kualitas pendidikan. Nilai yang diberikan dalam bentuk A, B, C dan D. Nah, tugasmu adalah mencari tahu akreditasi jurusan yang kamu tuju.

Minimal kamasuk ke jurusan dengan akreditasi B, kecuali kalau memang jurusan itu baru dibuka. Memang biasanya belum ada akreditasi sampai dengan menghasilkan lulusan pertama.

5Pertimbangkan Biaya Kuliah

wido.wordpress.com

Penting banget supaya kamu bisa menyesuaikan kemampuan dengan keinginan. Cari tahu sebanyak mungkin tentang biaya di perguruan tinggi yang kamu tuju. Mulai dari biaya masuk, SPP, ujian bayar tidak, uang praktikum dan lain-lain.

6Tuhan Bersama Calon Mahasiswa

statradar.net

Saat kamu sudah berusaha maksimal dan benar-benar teliti dalam memilih perguruan tinggi, kini waktunya mendekatkan diri pada Tuhan. Dalam berproses, Tuhan memiliki banyak hak untuk menentukan lolos tidaknya kamu.

Hindari kesombongan yang menjerumuskan kamu pada kemurkaan Tuhan. Berdoalah dengan tulus dan ikhlas serta mintalah restu kepada orang tua di keluarga kamu.

Itulah tadi sekelumit tips dalam memilih perguruan tinggi yang tepat. Good luck ya!