Coba kamu perhatikan, banyak rumah yang berada di daerah perkotaan tidak memiliki banyak lahan kosong untuk dimanfaatkan sebagai taman hijau. Padahal keberadaannya dibutuhkan untuk memberikan kesan asri dan sejuk di dalam rumah.

Meski kecil, lahan yang tersisa bisa dibuat menjadi taman hijau yang dapat memberikan efek menyegarkan dalam pandangan mata kita. beberapa tips berikut ini bisa kamu coba untuk menyulap taman kecilmu terlihat lebih luas dan nyaman.

1Perhatikan Ukuran Tanaman yang Kamu Gunakan

designrumahminimalis.info

Cobalah padu padankan antara tanaman besar dan kecil. Walaupun lahanmu sempit, tapi tidak hanya tanaman kecil saja yang bisa diletakkan di sana.

Caranya, susun tanaman paling besar pada bagian belakang, kemudian yang berukuran sedang dan paling kecil di depan.

Hal ini akan membuat seluruh tanaman terlihat susunannya secara rapi. Selain itu, taman pun nampak lebih luas dari sebelumnya.

2Gunakan Warna yang Beraneka Ragam

fotodesain.info

Selain bermacam-macam ukuran, kamu juga bisa menggunakan tanaman dengan berbagai jenis dan warna yang berbeda.

Selain itu, aplikasikan juga warna cat yang berbeda pada tembok serta perabotan di taman. warna jingga, kuning, merah, biru atau hijau bisa menjadi pilihan yang tepat.

3Sediakan Ruang Kosong

www.suherlin.com

Satu hal yang penting pada penataan taman yaitu tetap berikan ruang kosong di bagian tengahnya. Hal ini sangat berguna saat kamu melakukan perawatan tanaman dan saat merapikan taman. selain itu, cara ini juga akan memberikan efek luas pada taman.

4Menempatkan Tanaman dengan Baik

catatankecil.com

Selain menempatkan tanaman besar di bagian belakang dan yang kecil di bagian depan, kamu juga bisa meletakkan tanaman dengan posisi vertikal.

Dengan cara ini, maka ruang vertikal pun dapat termanfaatkan dengan baik. Tanaman dapat tumbuh lebih cepat. Taman pun terlihat lebih cantik.

5Menggunakan Perabot Taman Ukuran Kecil

www.frewaremini.com

Karena taman yang kamu miliki sempit, maka perabotan yang digunakan pun seharusnya berukuran mungil. Selain itu, jangan terlalu banyak memasukkan perabotan agar tidak terlihat lebih sempit lagi.

Jangan lupa untuk meletakkan perabotan di sudut ruangan agar bagian tengah tetap kosong.