Acara Hafiz Indonesia yang ditanyangkan di RCTI seolah menjadi inspirasi sekaligus tamparan tersendiri bagi kita para orangtua maupun calon orangtua. Dimana anak-anak kecil tersebut sungguh di masa dininya telah tercetak menjadi generasi qur’ani.

Generasi qur’ani adalah mereka yang tak hanya menjadi pembaca qur’an yang rajin, namun menghafalkan, mentadaburi, dan menjadikan qur’an sebagai benar-benar jati dirinya dalam hidup dan berakhlaq.

Para orangtua dan calon orangtua yang melihat para finalis Hafiz Indonesia ini, adakah kalian merindukan memiliki anak-anak hebat seperti mereka?

Tak perlu pesimis, karena sejak dini kalian bisa menyiapkan mereka untuk menuju jenjang Generasi Qur’ani di masa depan mereka kelak dengan langkah-langkah berikut:

Pilihlah Pasangan yang Baik

cinta-suami-istri-karena-allah
www.islamku.xyz

Hak pertama anak adalah dilahirkan dari orangtua yang baik. Maka ketika ingin mendapatkan keturunan yang baik, pilihlah pasangan yang baik. Karena memang buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

Pendidikan pertama yang akan anak dapatkan dalam hidupnya adalah dari orangtua, maka jika ingin mencetak generasi qur’ani, sedini mungkin berikan hak anak untuk mendapatkan orangtua yang mampu membimbingnya menjadi demikian sejak dini.

Dan untuk mendapatkan pasangan yang baik, cara paling mudah adalah dengan memperbaiki diri juga. Hehehe.

Mengkonsumsi yang Halal

Halal-Restaurants
abdurakhman.com

Hal-hal yang halal, baik uang, makanan, minuman, perbuatan, dan sebagainya, akan mendorong pada kekuatan positif untuk perkembangan janin yang dikandung seorang ibu, pun bahkan untuk seluruh isi keluarga.

Jika ingin anak tercetak menjadi pribadi baik sejak dini, maka jangan pernah mendekatkannya dengan sesuatu yang haram sedikitpun dan apapun itu.

Banyak Menghabiskan Waktu Bersama Qur’an Saat Mengandung

tips-untuk-ibu-hamil-muda-2
www.wajibbaca.com

Bagi seorang calon Ibu yang tengah mengandung, perbanyak lah waktu bersama qur’an. Dengan membaca, menghafal, mentadaburi, dan terus berusaha menjadikan Al Qur’an sebagai akhlaq hidupnya.

Pun untuk para calon Ayah, sering-seringlah membaca atau menghafal Qur’an di dekat perut istri yang sedang hamil sambil terus mengelus-elusnya dengan lembut.

Mengenalkan Qur’an Sejak Anak Lahir

maxresdefault
youtube.com

Walaupun bayi yang baru lahir belum bisa sepenuhnya paham apa yang dia dengar, lihat, dan rasakan, namun qur’an dapat dengan mudah masuk ke dalam jiwanya jika dikenalkan sejak dini, sejak dia baru saja dilahirkan.

Sering perdengarkan suara qur’an baik dari lantunan murrotal atau suara tilawah qur’an orangtua maupun saudaranya, selain agar jiwanya merasa tenang juga mendekatkannya pada akhlaq qur’ani.

Mengajarkan Qur’an Begitu Anak Mulai Paham

kiki widyasari mengajar anak mengaji
youtube.com

 

Terakhir, masa dimana anak mulai mampu membaca, menulis, dan berbicara adalah masa dimana orangtua semakin semangat untuk mengajarkan dan mendekatkan anak pada qur’an.

Karena masa tersebut adalah masa emas, dimana anak-anak mudah meniru apa yang dilihat dan didengarnya, serta cepat dalam menghafal sesuatu yang akan diingatnya sampai tua kelak.

Dengan langkah-langkah tersebut, membentuk generasi qur’ani bukanlah sebuah hal yang dianggap sulit lagi. Kuncinya adalah percaya kepada Allah, usaha yang kuat untuk terus memperbaiki diri dan keluarga, serta tentunya kekokohan do’a.