Pastinya bagi umat Muslim, sudah sangat hafal dengan isi dari Surat An Nuur ayat 26 bahwa “Laki-laki yang baik akan mendapatkan perempuan baik, dan laki-laki pezina akan mendapatkan perempuan pezina”.

Makna dari ayat tersebut sangat dalam karena memang itu adalah sebuah keniscayaan atau hal yang telah ditetapkan oleh Allah, artinya mutlak.

Jika pun ada perempuan baik yang mendapatkan lelaki buruk seperti halnya Asiyah istri Firaun yang kejam, atau lelaki baik seperti Nabi Nuh yang mendapatkan istri pembangkang, Allah sendiri yang tahu tentang perhitungan tersebut.

Dengan adanya ayat tersebut, harusnya hamba Allah taat dan berusaha memperbaiki diri sebelum meminta yang baik kepada Allah, karena secara otomatis Allah akan hadiahkan yang baik kepada orang yang baik pula.

Lalu, selain memperbaiki diri, usaha atau ikhtiar apa lagi sih yang perlu kita lakukan untuk bisa mendapatkan jodoh baik-baik di hadapan Allah?

Proses yang Baik

maxresdefault
youtube.com

Mendapatkan jodoh yang baik tak bisa dengan cara ikhtiar yang buruk. Coba bayangkan, jika kita berpacaran dengan bebas dengan lawan jenis, kemana-mana berdua, bahkan na’udzubillah sampai berzina.

Hmm, bagaimana Allah tak murka dengan hal tersebut? Maka jika ingin mendapatkan jodoh yang baik, lakukan ikhtiar dengan proses yang baik. Jangan merusak atau mau dirusak orang lain ya? Hehehe.

Proses yang baik bisa dengan ta’aruf, yaitu melakukan perkenalan secukupnya, dengan tentunya ada pendamping yang bisa dipercaya akhlaq dan agamanya, lalu menjauhi perbuatan dosa, dan langsung berkomitmen pada pernikahan.

Meminta Kepada Orang Baik

dhitayutantri blogspot com
dhitayutantri.blogspot.com

Jika ternyata tak ada kenalan kamu yang bisa nyantol, tak usah putus asa. Kamu bisa meminta orangtua untuk mencarikan kenalan yang baik untuk kamu peristri atau dijadikan suamimu.

Orangtua tak mungkin akan menjatuhkan anaknya sendiri dalam keburukan maka mereka pasti akan mencarikan yang baik dan terbaik pula.

Namun jika ternyata pilihan orangtua kurang berkenan di hatimu, kamu bisa meminta dikenalkan oleh teman atau sahabat yang kamu percaya kebaikan akhlaq dan agamanya, atau bisa juga minta dicarikan ulama.

Memperbanyak Sedekah dan Silaturahim

785-keajaiban-silaturahim-dapat-meluaskan-rezeki-hingga-memasukkan-ke-surga
ummi-online.com

Percaya atau tidak, memang janji Allah itu nyata. Bahwa sesiapa yang memperbanyak kebaikan akan Allah ganjar dengan kebaikan berlipat-lipat kali dari yang dilakukannya tersebut.

Bagi yang sudah menikah, cobalah bertanya, bagaimana bisa cepat bertemu jodoh dan menjalani kehidupan yang bahagia, maka sebagian besar jawaban mereka pasti karena banyak kenalan.

Lalu darimana bisa mendapat banyak kenalan? Ya karena silaturahim yang diperkokoh, hubungan baik dengan sesama umat Muslim, serta sedekah yang dapat mempererat silaturahim tersebut.

Kita juga tak tahu bukan, dari sekian banyak manusia yang ada di bumi ini, yang mana jodoh kita. Karena tugas kita hanyalah ikhtiar, berdo’a, dan tawakkal. Maka lakukan semua karena taat kepada Allah.

Bisa jadi jodoh kita adalah teman dekat, bisa jadi juga orang yang dikenalkan oleh teman dekat, dan seterusnya. Maka menjaga hubungan baik dengan silaturahim adalah salah satu jalan mempermudah rezeki dan jodoh.

SHARE