Bagi seorang wanita yang baru saja menikah, mungkin akan sangat kaget dengan apapun yang akan dialaminya kemudian pasca sah menjadi istri seorang lelaki yang telah menjadi imamnya tersebut.

Selain mungkin akan kaget dengan karakter atau kebiasaan suami, belum lagi dengan kebiasaan di keluarga pasangan, juga dengan rutinitas yanga kan dihadapinya setelah menikah.

Saat lajang mungkin bisa saja setelah sholat subuh tidur lagi atau bersantai sebelum berangkat kuliah atau kerja. Namun setelah menikah sepertinya ada saja pekerjaan yang harus dilakukannya.

Mulai dari bangun tidur menyiapkan sarapan untuk berdua dengan suami, lebih hemat begitu daripada beli di luar rumah kan? Lalu dilanjutkan dengan membersihkan rumah, mencuci baju-baju dua orang, dan pekerjaan rumah lainnya.

Ada yang beruntung memiliki suami yang senang membantu pekerjaan istri, namun sejauh mana suami membantu, tetap pekerjaan utama suami untuk mencari nafkah di luar rumah jangan sampai terbengkalai karena dimintai tolong istri di rumah terus kan?

Nah, bagi kamu ibu rumah tangga baru yang kebetulan juga berkarier di luar rumah, ingin seimbang dalam aktivitas luar dan dalam rumah? Yuk ikuti tips kerennya berikut ini:

Tidur Awal Bangun Awal

mytips-mau-bangun-pagi-lebih-mudah
www.myindischool.com

Setelah menikah, memang kamu perlu mengatur ritme waktumu dalam beraktivitas lebih disiplin lagi. Jika dulu saat lajang masih sering menunda-nunda pekerjaan, maka setelah menikah kebiasaan buruk tersebut jangan pernah kamu lakukan lagi.

Sebisa mungkin segera lakukan apa yang harus kamu lakukan dan kamu akan bisa segera mengerjakan pekerjaan berikutnya. Begitu seterusnya.

Selesaikan pekerjaan lembur atau tugas kuliah sesegera mungkin agar kamu bisa segera tidur awal dan tidak perlu begadang, karena dengan begitu kamu juga akan bisa bangun lebih awal pula keesokan harinya.

Mengapa harus bangun lebih awal? Karena sebelum waktu subuh kamu bisa melakukan banyak hal, seperti menyetrika baju, membersihkan rumah, atau mencuci jika memang tidak dingin. Setelah subuh kamu bisa melanjutkan dengan memasak.

Bayangkan jika kamu bangun kesiangan, maka pekerjaan yang harusnya bisa kamu bereskan dalam waktu yang berharga tersebut akan terbengkalai dan semakin menumpuk kan?

Jangan Tunda Pekerjaan Sepele

cuci-piring
salehajuliandi.com

Menjaga kebersihan rumah dan segala perabotannya merupakan kunci dalam menjaga keharmonisan rumah tangga juga. Suasana rumah yang bersih akan memicu penghuninya merasa nyaman dan betah tinggal di rumah, serta ada rasa rindu untuk selalu ingin pulang.

Setidaknya jika kamu dan suami meninggalkan rumah untuk beraktivitas di luar maka rumah dalam keadaan bersih dan rapi, sehingga saat pulang dalam keadaan lelah, hati menjadi kembali nyaman melihat rumah yang menenangkan tersebut.

Salah satunya adalah jangan pernah menunda mengerjakan hal sepele. Misal dalam mencuci piring, setelah makan atau minum sebisa mungkin segera bersihkan peralatan makan tersebut hingga tak menumpuk dan malah membebani pekerjaan di kesempatan lain.

Selain itu juga dalam mencuci baju juga jangan sampai ditumpuk seminggu baru dicuci, karena kamu harus ingat bahwa sekarang cucian tak hanya bajumu saja namun ada baju suamimu juga. Jangan mengeluh, karena pahala melayani suami akan jauh lho! Hehehe.

Banyak Beribadah pada Tuhan

muslimah-sholat
www.syahida.com

Siapa bilang mendekatkan diri kepada Tuhan justru membuat waktu terbuang percuma? Karena Tuhan itu Sang Pemilik Waktu, sehingga jika kamu perbanyak waktu untukNya, Dia akan anugerahkan kebaikan waktu untukmu dan hidupmu.

Rasanya akan beda ketika waktu kita berisi rutinitas dunia semata, dengan yang berisi rutinitas seimbang dunia dan akhirat, akan menenangkan pada kondisi yang kedua bukan?

Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan pula kamu akan lebih banyak belajar dalam mengolah waktu menjadi lebih disiplin, dan tentunya aka nada banyak keuntungan dunia dan akhirat lainnya dari sisi religiusmu tersebut.

Nah, dengan langkah-langkah jitu di atas, yakin deh kamu akan bisa melakukan aktivitas luar dan dalam rumah secara seimbang jika kamu juga mencobanya dengan penuh kesabaran dan ketekunan. Selamat mencoba!