Setiap orang pasti pernah menjadi seorang anak, namun belum tentu semua orang pasti akan menjadi orangtua.

Sebagai anak muda, yang belum pernah merasakan menjadi orangtua atau sudah merasakan menjadi orangtua sekalipun, bakti kepada orangtuanya harus tetap berjalan sampai akhir hayat.

Bagi yang orangtuanya sudah meninggal, bakti bisa terus berjalan dengan selalu mendo’akan kebaikan dan kelapangan kubur bagi mereka, memintakan ampunan kepada Allah, dan syurga untuk mereka.

Dan bagi orangtuanya yang masih hidup, sebenarnya ada banyak sekali amal bakti yang bisa dilakukan seorang anak bagi kedua orangtuanya.

Salah satunya dengan membuat mereka tetap bahagia dan nyaman berada di dekat kita.

Nah, bagaimana caranya agar mereka tetap bahagia dan nyaman berada di dekat kita? Jangan pernah lakukan hal-hal berikut ini.

1Membentak

www.akhwatindonesia.net

Hal yang paling tidak disukai siapapun adalah dibentak. Begitupun dengan orangtua. Mereka akan sangat sedih bahkan merasa sakit hati saat dibentak oleh anaknya.

Dengan dibentak, orangtua merasa sangat tidak dihargai bahkan disayangi oleh anaknya. Terlebih mereka juga merasa sangat terhina dengan perlakuan tersebut.

Maka ayo jaga ucapan dan nada kita kepada orangtua, agar mereka tidak merasa sakit hati dan sedih atas ucapan dan tingkah kita tersebut.

2Membohongi

intisari-online.com

Siapapun juga pasti tak suka jika dibohongi, dibohongi sama dengan dikhianati, dan itu adalah hal yang sangat menyakitkan.

Begitupun dengan orangtua.

Pasti orangtua tak pernah mengajarkan kita untuk berbohong, maka ketika dewasa jangan pernah juga kita menjadi seorang pembohong, apalagi membohongi orangtua.

Orangtua akan merasa tidak dihargai, tidak dihormati, dan dikhianati dengan dibohongi apalagi oleh anak sendiri.

3Membuka Aib

duniajilbab.tumblr.com

Membuka aib orang lain sama halnya dengan memakan bangkai mereka, apalagi jika diikuti dengan membicarakan keburukan mereka dan menambahinya dengan berlebihan kepada orang lain.

Terlebih kepada orangtua, orangtua akan merasa sangat sakit hati dan terpukul jika anak yang telah mereka asuh sejak kecil hingga dewasa ternyata malah mengkhianati mereka dengan hal tersebut.

Jangan sampai membuat orangtua kehilangan kepercayaan pada kita ya?

4Membangkang

namasayarina.blogspot.com

Dimanapun orangtua pasti tak suka dibangkang atau dibantah oleh anak-anaknya. Apalagi jika hal yang diminta orangtua adalah kebaikan.

Pun jika orangtua meminta keburukan, kita harus menolaknya pun dengan cara yang baik, bukan dengan cara yang kejam atau jahat pada mereka.

Jika keinginan orangtua tak sesuai dengan kita, maka kita harus membicarakan dengan baik, tidak menyakiti atau membuat orangtua merasa dikhianati anaknya sendiri.

Semoga kita bisa menjaga hati orangtua kita dengan baik, selama mereka masih hidup maka berbaktilah dengan semaksimal mungkin.