Setelah seharian beraktivitas, memang tempat yang paling nyaman adalah rumah, terlebih kamar. Dimana kita tak hanya bisa istirahat dengan tenang namun juga bisa mencari kembali mood yang sempat hilang.

Kamar juga bisa menjadi tempat kita mengaktifkan mood dan inspirasi setelah kita sempat merasa jatuh karena lelah atau sedang ada masalah.

Itulah mengapa tepat jika dikatakan bahwa kamar adalah ‘markas’ yang paling nyaman untuk bersembunyi atau menyusun kekuatan diri dalam kembali menghadapi kehidupan.

Nah, untuk itu kamu harus memperhatikan satu hal, bahwa mood atau semangat yang baik dibangun dari suasana yang nyaman dan kondusif juga, salah satunya adalah dengan suasana kamar yang menyenangkan.

Lalu bagaimana cara membuat suasana kamar menjadi menyenangkan? Ikuti tipsnya berikut ini.

Memberi Cat dengan Warna Favorit

kombinasi warna cat merah dan putih kamar tidur utama
stellaeyre.blogspot.com

Warna favorit adalah salah satu hal yang dapat membangkitkan semangat diri kita, terutama semangat yang mengarah pada hal yang positif.

Sehingga untuk membangkitkan mood kita, bisa kita permak dinding kamar dengan warna-warna favorit kita. Jika sekiranya warna favorit kita ternyata terlalu gelap, maka bisa kita rubah dengan warna yang lebih terang.

Yaitu warna terang yang menurut kita paling bisa menumbuhkan kembali gairah dan semangat dalam hidup dan berkarya.

Merubah Letak Barang-barang

kiki widyasari kamar minimalis anaknya
permathic.blogspot.com

Jika selama ini mungkin tempat tidurnya ada yang memakai dipan dan kemudian merasa bosan, bisa kok sesekali kasur dipindah di bawah dan dipan dikeluarkan dari kamar.

Lalu kita bisa merubah letak-letak barang menjadi berbeda dari letak-letak yang sebelumnya. Intinya buat variasi pada kamar agar tidak monoton. Karena dengan variasi, maka semangat dalam diri bisa kembali dibangkitkan.

Membuat Kamar Lebih Luas

img_1109
o2zone.wordpress.com

Menjadikan kamar lebih luas tak harus memperluas secara ukuran karena pasti merupakan hal yang mustahil dan terkesan sangat konyol sekali bukan?

Maka yang bisa kita lakukan untuk merubah kamar menjadi lebih luas adalah dengan mengeluarkan barang-barang yang tak terpakai sehingga akan memberi space lebih banyak untuk kamar kita terlihat longgar.

Dengan kamar yang longgar, hati juga terasa nyaman melihatnya.

Memberi Hiasan

wall-stickers-for-kids-room-3d-art
indonesian.alibaba.com

Untuk masalah yang satu ini tergantung selera masing-masing saja. Ada yang suka kamarnya dihias dengan poster-poster atau stiker dinding yang lucu-lucu, namun ada juga yang lebih memilih hiasan yang menggantung-gantung.

Namun ternyata tak sedikit pula yang malah menyukai kondisi kamar bersih tanpa hiasan apapun yang mewarnai kamar tersebut.

Menjaga Kebersihan Kamar

Desain Dekorasi Kamar Tidur Sempit2
hauptundneben.blogspot.com

Bagaimana rasanya jika kamar kita berbau tak sedap, banyak nyamuk, dan pengap? Rasanya untuk tidur bahkan berdiam diri di dalamnya pun pasti akan malas bukan?

Untuk itu jaga kebersihan kamar dengan teratur, rajin disapu dan dipel, lalu kalau perlu diberikan pewangi ruangan dan bersihkan dinding serta langit-langit dari debu atau sarang laba-laba yang gemar menempelinya.

Selamat membangkitkan mood dengan mengubah suasana kamarmu ya!