Apakah kamu memiliki keinginan untuk nambah momongan? Agar si Kakak punya teman, berarti kamu ingin menambah yang kedua, atau ingin menambah yang ketiga bahkan keempat.

Memang, hal yang sangat membahagiakan dan penuh harapan saat menantikan buah hati, menambah anggota baru dalam keluarga.

Akan tetapi, sebelum kamu dan pasanganmu ingin menambah momongan, coba tanyakan beberapa pertanyaan ini kepada dirimu sendiri.

Hal tersbut bisa untuk memastikan apakah sekarang adalah  memang saat yang paling tepat bagi kalian untuk menambah momongan? Baiklah simak dan jawab beberapa pertanyaan berikut ini.

Berapa Tahun Jarak Umur Kakak dan Adiknya Nanti?

3 jarak
acehraya.co.id

Ketika kamu ingin menambah momongan tentukan berapakah jarak usia antara kakak dan adik.  Terdapat banyak saran tentang jarak kelahiran yang ideal.

Akan tetapi, kamu memiliki prioritas dalam hal ini. Jika kamu hanya ingin mengurus satu urusan bayi dalam satu waktu, kamu juga berharap disaat kamu mengurus sang adik, sang kakak sudah bisa membantummu dalam mengerjakan pekerjaan rumah yang ringan.

Selain itu kamu juga membayangkan ketika sang kakak sudah masuk sekolah, kamu mempunyai banyak waktu untuk menumbuhkan ikatan mu dengan si adik. Maka jika semua itu yang kamu harapkan berati tandanya kamu menginginkan 3 sampai 4 tahun jarak kelahiran.

Akan tetapi berbeda halnya dengan jika kamu menginginkan lebih cepat selesai dengan urusan popok, takut lupa dengan kebutuhan dasar bayi, dan semacamnya, maka tandanya kamu ingin jarak kelahiran antara kakak dan adik lebih dekat.

Mampukah Kamu Mengasuh Satu Anak Lagi?

3 nambah
www.naqiyyahsyam.com

Sebaiknya tanyakan kembali pada dirimu tentang kesanggunpanmu dalam mengurus dan mengasuh bayi lagi. Memang tidak semua bayi itu susah diatur, yang kadang sering rewel.

Biasanya ibu yang memiliki bayi yang lebih mudah diatur ternyata lebih mudah untuk memiliki momongan lagi. Nah, apakah kamu juga demikian?

Bagaimana Kehadiran Si Adik Mempengaruhi Si Kakak?

3 kakak adik
www.allianz.co.id

Disini sosok ibu juga diharapkan untuk memahami dan mengerti kondisi kakak. Terkadang si kakak yang memiliki adik bisa mengalami rasa tertekan, sebab ia merasa kasih sayang ibunya terbagi dan respon ibunya berkurang terhadapnya.

Apa sajakah yang Harus Dipersiapkan?

planning
gocoret.blogspot.com

Ditemukan fakta bahwa mereka yang kembali hamil di bawah jarak 18 tahun setelah kelahiran sebelumnya cendrung mengalami kelahiran bayi prematur dan bobot bayi yang kurang.

Selain itu sebaiknya ibu menurunkan berat badannya ke bobot normal sebelum kembali hamil. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya obesitas.

Maka bisa kita ketahui bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk menyembuhkan diri setelah hamil dan melahirkan.

Kamu juga harus mempersiapkan banyak hal ketika akan menambah momongan. Tentang kasih sayangmu terhadap anak-anak, rencana keuangan, pembagian waktu, dan lain-lain.

Lantas adakah waktu yang benar-benar tepat untuk menambah momongan? Sepertinya tidak ada ‘rumus’ khusus. Semua kembali pada dirimu, jika kamu sudah yakin bisa, why not untuk menambah momongan.