Setiap ibu pasti menginginkan bayi yang dilahirkannya menjadi bayi yang sehat dan cerdas. Untuk mewujudkan keinginan itu, tentunya harus ada usaha yang dilakukan oleh ibu.

Banyak yang bisa dilakukan oleh ibu, mulai dari menjaga makanannya saat hamil, hingga mengonsumsi makanan dengan nutrisi tertentu.

Apakah ada kaitannya nutrisi tertentu dengan kecerdasan bayi? Tentu saja ada, baik itu kecerdasan yang secara langsung dapat terlihat, atau pun kecerdasan yang baru dapat terlihat jika kita beri stimulus tertentu.

praktisi-nutrisi-gizi.blogspot.com
praktisi-nutrisi-gizi.blogspot.com

Nah, jadi buat kamu yang sedang hamil, jangan abaikan tuh, nutrisi yang masuk ke tubuhmu, karena apapun yang masuk ke tubuh ibu kan bakal diserap oleh bayi.

Oleh karena itu, untuk pengetahuan kamu terkait nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, langsung kita lihat penjelasannya di bawah ini yuk!

1Asam Folat

solutionskehamilan.blogspot.com

Saat ini, produsen-produsen susu ibu hamil, sudah banyak menambahkan asam folat ke dalam produknya. Asam folat ini sebenarnya fungsinya untuk apa sih? Sebagai pengetahuan, asam folat ini berfungsi penting dalam proses pembentukan sel otak.

Jadi kalau kamu mau bayi yang kamu lahirkan cerdas, maka saat pembentukan sel otak di terimester pertama, kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat.

Secara alami, asam folat ini sudah tersedia dari makanan-makanan yang ada di sekitar kita. Makanan-makanan yang mengandung asam folat itu seperti alpukat, pepaya, jeruk, strawberry, dan biji bunga matahari.

2Omega-3

ledisia.com

Asam lemak omega-3 juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Pasalnya, asam lemak omega-3 ini merupakan nutrisi yang membantu pembentukan neuron atau sel saraf.

Di dalam tubuh, sel saraf ini berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan informasi ke otak atau pun menyampaikan perintah dari otak ke sistem organ atau anggota gerak. Sehingga secara tidak langsung memberikan pengaruh terhadap kecerdasan.

Bagaimana cara kita mendapatkan nutrisi asam lemak omega-3 ini? Caranya mudah kok, kamu hanya perlu mengonsumsi makanan seperti ikan salmon, telur, daging, bayam, tahu, kacang-kacangan, dan sereal.

3Buah dan Sayuran

bagilagi.com

Saat hamil, kamu pun perlu memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menangkal radikal bebas yang bisa merusak otak bayi kita.

Untuk mendapatkan nutrisi yang satu ini tentunya sangat mudah ya, karena di sekitar kita banyak sayuran dan buah-buahan yang bisa kita konsumsi, mulai dari buah pepaya, sayur bayam, dan lain sebagainya.

Oiya, pastikan untuk mencuci sayur dan buah sebelum kamu konsumsi, karena dikhawatirkan sayur dan buah ini terpapar pestisida atau zat berbahaya lainnya. Untuk mencucinya kamu hanya perlu meletakkannya di bawah air mengalir selama 30 detik.

4Makanan yang Mengandung Zat Besi

gulalives.com

Nutrisi lain yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah zat besi. Kira-kira untuk apa ya zat besi bagi ibu hamil?

Zat besi ini ternyata berfungsi untuk membantu transportasi oksigen. Jumlah oksigen yang tersedia di otak kita ternyata memengaruhi kecerdasan bayi kita lho!

Untuk mendapatkan zat besi, kamu bisa mengonsumsi daging ayam, sereal, kacang-kacangan, dan daging sapi tanpa lemak. Mudah kan mendapatkan zat besi untuk tubuh?

5Protein

nutraingredients.com

Saat seseorang sedang hamil, maka di dalam rahimnya sedang terjadi proses pembelahan sel dari waktu ke waktu, sampai saatnya bayi dilahirkan. Untuk proses pembelahan sel itulah, ibu hamil butuh asupan protein.

Untuk mendapatkan asupan protein ini, kita bisa dapatkan dari protein nabati dan hewani, seperti kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, daging, maupun susu.