Bagi sebagian orang, naik gunung adalah aktivitas yang membosankan, membuang-buang waktu dan kurang kerjaan.

Memang wajar kalau ada yang berpendapat demikian karna faktanya naik gunung memang tidak menghasilkan apa-apa jika dilihat secara kasat mata. Hanya dapat lelah saja.

Tapi untuk kamu yang masih berpikir demikian, sebaiknya segera ubah persepsi tersebut. Meski kelihatannya naik gunung cuma membuat badan jadi lelah dan kaki pegal, ada banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang bisa didapat dari naik gunung.

Berikut ini adalah 10 alasan kenapa kamu harus naik gunung, minimal sekali seumur hidup

1Belajar Fokus

socialtextjournal.com

Masih banyak orang beranggapan bahwa pendaki gunung adalah orang yang tidak punya tujuan dan hidupnya terkesan berantakan.

Padahal, andai orang-orang tahu bahwa mendaki gunung akan mengajarkan manusia untuk bisa fokus pada satu tujuan.

Bukankah dalam kehidupan sehari-hari pun kita diharuskan untuk fokus pada satu hal sampai selesai, baru pindah ke satu hal berikutnya?

2Mengajarkan Hidup yang Fluktuatif

msoutdoorclub.org

Hidup ini seperti roda. Kadang di atas, kadang di bawah. Mendaki gunung akan mengajarkan kita untuk memahami konsep hidup yang sebetulnya sederhana ini.

Track pendakian tidak terus-menerus lurus dan datar, tapi naik turun, bahkan banyak yang benar-benar harus memanjat dengan tangan dan tali.

Di dalam kehidupan sehari-hari pun kita sering dihadapkan pada masalah serupa. Kadang mendapat problematika yang menuntut kita untuk bekerja lebih keras, sampai letih, menguras habis seluruh tenaga.

Kadang, hidup ini bisa terasa sangat santai, sehingga mudah dilewati tanpa harus menghabiskan banyak tenaga.

3Belajar Teliti dan Cermat

bromotravelindo.com

Mendaki gunung juga membutuhkan ketelitian tinggi. Misalnya, ketika kita akan memperkirakan apakah perbekalan yang dibawa cukup untuk survive selama beberapa hari atau tidak.

Kita juga harus bisa memprediksi waktu, kapan kira-kira akan sampai pos pendakian untuk beristirahat dan mendirikan tenda. Perhitungan-perhitungan tersebut akan mengajarkan kita untuk lebih teliti dan cermat.

4Mengajarkan Arti Kesabaran

dotnutur.com

Jika sudah menetapkan puncak sebagai tujuan pendakian, maka kita harus mau untuk bersabar. Jalan menuju puncak itu tidaklah mudah lho.

Sabar memang menjadi kunci utama seseorang untuk meraih kesuksesan, apapun bentuknya. Sayangnya, tidak banyak orang yang benar-benar bisa menerapkan konsep kesabaran dalam kehidupan sehari-hari.

Maka, mendakilah. Maka kamu akan tahu bagaimana kesabaran menjadi bahan bakar utama untuk mendapatkan apa yang kita perjuangkan.

5Memahami Arti Perjuangan

bayudeje.wordpress.com

Mendaki akan membuat kita lebih peka terhadap perjuangan hidup, apapun bentuknya. Penghargaan terhadap usaha ini yang masih kurang di masyarakat Indonesia.

Sekecil apapun usaha seseoran meraih sesuatu, pasti dia lakukan dengan sepenuh hati, jiwa, dan raga. Sampai rela sakit, rela kelelahan, demi meraih apa yang ia perjuangkan. Di sinilah letak makna filosofis sebuah pendakian.

6Menghargai Proses

blog.tokopedia.com

Banyak orang yang ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya namun tidak mau letih berusaha untuk mencapai apa yang diinginkan. Mereka hanya malas jika harus berlama-lama dengan prosesnya.

Begitu pula dengan mendaki. Untuk bisa menikmati pemandangan indah dari puncak gunung, kamu harus mau untuk berproses. Lelah mendaki demi menikmati alam yang mengagumkan dari atas.

7Lebih Menghargai Ciptaaan Tuhan

siethie.blogspot.com

Pemandangan yang akan kita dapatkan saat naik gunung adalah sesuatu yang tidak bisa diungkapkan dengan kalimat ataupun puisi seindah apapun.

Saat sudah berada di puncak dan menikmati pemandangan yang indah, kamu akan semakin sadar bahwa alam ini sangat luas.

Betapa kerdil sekali manusia, tapi masih berani-beraninya bersikap sombong dan seenaknya.

8Menjadi Pribadi yang Ramah

infopendaki.com

Keramahan antar pendaki adalah hal yang sangat lumrah dijumpai. Meskipun baru pertama kali bertemu, pada pendaki tidak akan pernah merasa sungkan dan canggung untuk menyapa satu sama lain di track pendakian.

Saat ada pendaki yang sedang berisitrihat, pendaki lain biasanya akan menyapa dengan ramah. Mendaki gunung akan menjadikanmu pribadi yang lebih hangat dan bersahabat.

9Hidup Mandiri

linasasmita.com

Mau tidak mau, seorang pendaki harus hidup dengan perbekalan seadanya saat melakukan pendakian untuk bisa bertahan dari terpaan cuaca dingin.

Pendaki juga dituntut untuk tidak manja dan bisa menjaga diri sendiri. Hal ini akan membuat kita menjadi orang yang lebih mandiri. Sebab saat mendaki kita akan belajar untuk bisa masak sendiri, melipat sleeping bag, packing dll.

10Lebih Mecintai Indonesia

guidelombok.com

Indonesia adalah negara yang sangat menawan, dengan keindahan alam yang sebetulnya mengalahkan negara manapun di dunia. Saat di puncak gunung, kamu akan disuguhi oleh pesona alam Indonesia.

Tak heran jika banyak pendaki yang dengan bangga mengibarkan bendera merah putih ketika berhasil sampai ke puncak.

SHARE