Jurang kadang identik dengan kengerian. Banyak berita yang menyebutkan jika terjadi kecelakaan kendaraan yang masuk ke jurang. Jurang sendiri memang bentuk geografis berupa lembah yang dalam dan sempit

Ditambah dindingnya sangat curam. Jika tidak hati-hati, jurang jadi sangat berbahaya. Jika hujan bisa terjadi longsor. Ataupun menyebabkan patahan yang mengancam jiwa manusia.

Namun bayangkan jika ada jurang yang indah. Ya, ternyata jurang tak selalu menakutkan. Jurang justru menjadi panorama yang sangat indah.

Sebagai bentuk geografis sebuah alam, jurang juga menawarkan keindahan pemandangan. Bisa jadi justru keindahannya mengalahkan destinasi wisata alam lain. Karena ada sensasi yang memacu adrenalin saat menikmatinya

Berikut lima jurang paling indah di dunia.

1Grand Canyon, Amerika Serikat

source: www.roughguides.com

Ngarai atau jurang Grand Canyon adalah salah satu yang paling terkenal di dunia. Grand Canyon adalah ngarai terbesar di dunia. Statusnya pun sudah menjadi Taman Nasional Amerika Serikat.

Keajaiban Grand Canyon adalah panjangnya yang mencapai 450 km. Di bawahnya mengalir Sungai Colorado yang berkelok-kelok.

Jurangnya sangat curam namun memiliki tanah lapang yang lebar. Orang sering tidak sadar saat berjalan menikmati keindahan Grand Canyon lantas sudah berdiri di bibir jurang yang terjal.

Yang paling ajaib dari ngarai ini adalah warna cerahnya. Warna yang mencolok ini dihasilkan dari kandungan mineral dan bebatuan. Uniknya warnanya akan terus berubah sesuai dengan musim dan cuaca.

source: viralscape.com
source: viralscape.com

Saat matahari terbenam, Grand Canyon yang tadinya memancarkan warna merah dan keemasan yang mencolok berubah jadi biru dan ungu.

Mantan presiden Amerika Serikat Theodore Roosevelt dilaporkan sering mengunjungi Grand Canyon untuk berburu singa gunung dan menikmati pemandangannya.

2Copper Canyon, Meksiko

source: www.adventure-life.com

Benua Amerika memang terkenal dengan ngarai dan jurang yang sangat besar. Selain Grand Canyon di Amerika Serikat, tetangganya Meksiko juga memiliki ngarai yang tak kalah hebat.

Adalah Copper Canyon yang juga memiliki luas yang sangat besar. Bahkan jika bagian-bagian Cooper Canyon disatukan, luasnya diyakini lebih besar daripada Grand Canyon.

Warna-warni pemandangan di Cooper Canyon terasa membawa kita ke alam lain. Selain jurang dan curamnya ngarai yang spektakuler, nuansa hijau di wilayah sekitarnya membuat kamu bakal betah lama-lama menikmati keindahan ciptaan Tuhan ini.

Para wisatawan bisa mengunjungi Cooper Canyon dengan menggunakan kereta api lokal. Kamu bisa menjelajah dan berpetualang dengan melewati 37 jembatan dan 86 terowongan! wow, pasti pengalaman yang tidak bakal terlupakan.

3Fish River Canyon, Namibia

source: wetu.com

Benua Afrika memang eksotis. Kekayaan alamnya menjadikan benua ini benar-benar mutiara. Selain kekayaan khazanah flora dan faunanya, Afrika juga menyimpan potensi alam dalam bentuk ngarai-ngarai raksasa.

Salah satunya yang bisa kamu temui adalah Fish River Canyon di Naimia. Fish River Canyon adalah ngarai terbesar kedua di dunia setelah Grand Canyon. Panjangnya bahkan mencaoai hampir 160 km dari ujung ke ujung.

Tak ada salahnya selain menikmati sajian alam liar Afrika, pemandangan di jurang curam Fish River Canyon bisa menjadi petualangan alam seru.

4Colca Canyon, Peru

source: www.bugbog.com

Menyeberang balik ke Benua Amerika. Kini kita akan menjelajahi Peru dengan segala petualangan alamnya yang dahsyat.

Peru juga memiliki jurang atau ngarai yang sangat indah. Terletak di Pegunungan Andes yang sangat terkecal, Colca Canyon adalah bukti keindahan ciptaan tuhan.

Fenomena Colca Canyon tak seperti jurang dan ngarai lainnya. Meski memiliki kedalaman yang luar biasa, namun kamu bisa melihat tanda bekas sentuhan manusia di tebingnya. Seperti lahan pertanian yang diolah di tebing-tebing ngarai yang sangat curam. Luar biasa…

Selain melihat bagaimana manusia dan alam bisa bersatu dalam balutan Colca Canyon, kamu juga bisa menikmati atraksi luar biasa dari burung liar condor si raja langit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here