Manusia memang diciptakan lebih sempurna dibandingkan dengan makhluk Tuhan yang lain. Manusia dikaruniai kecerdasan di otaknya.

Dan kecerdasan itu tak bisa dibiarkan saja, namun memang harus terus diasah agar mampu berinovasi, demi kebaikan ummat.

Itulah sesungguhnya hakikat diciptakannya manusia oleh Tuhan di muka bumi ini, yaitu sebagai pemimpin atau khalifah.

Namun tak jarang pula banyak manusia yang menggunakan kecerdasan otaknya malah justru untuk membuat kerusakan di muka bumi ini.

Tak berbeda pula dengan manusia di masa lampau.

Mungkin mereka belum merasakan pendidikan yang sangat komplit seperti yang kita dapatkan sekarang. Namun bukan berarti mereka tak mampu berinovasi, lho!

Nah, inilah beberapa contoh teknologi di kebudayaan masa lalu yang merupakan bukti dari kecerdasan manusia di masa lampau.

1Gobekli Tepe

media.npr.org

Gobekli Tepe adalah teknologi kuno yang ditemukan oleh para Arkeolog di daerah selatan timur Turki.

Diperkirakan umur kompleks bangunan ini telah mencapai sekitar 1.200-an tahun. Dan merupakan kompleks bangunan yang disinyalir dibangun pada akhir zaman es.

Gobekli Tepe diperkirakan merupakan teknologi kuno yang menjadi pendahulu dari beberapa teknologi kuno canggih seperti tembikar, penulisan, roda, dan metalurgi.

Tahukah kamu? Teknologi kompleks bangunan ini ternyata dibangun jauh lebih awal dari Stonehenge yang selama ini telah mendunia.

2Giza Plateau

www.iconicguides.com

Misteri dari Mesir Kuno memangs elama ini menjadi daya tarik sendiri untuk para Arkeolog. Mereka berlomba-lomba meneliti dan memecahkan misteri-misteri yang masih belum terungkap dari kebudayaan Mesir Kuno tersebut.

Salah satunya adalah teknologi keren dari kebudayaan Mesir Kuno di masa lampau bernama Giza Plateau.

Kompleks Giza Plateau ini melingkupi piramida-piramida raksasa dan Sphinx yang terkenal itu.

Penemuan ini terus dilakukan secara bertahap hingga kemudian ditariklah kesimpulan bahwa kebudayaan yang menghasilkan Giza Plateau ini kemungkinan malah sebelum Mesir Kuno.

Giza Plateau diperkirakan telah berusia 9000 tahunan. Yang unik, kompleks ini, terutama di sekitar Sphinx ditemukan banyak bekas erosi yang menunjukkan bahwa daerah tersebut dahulunya mungkin bukan gurun.

3Baalbek

www.4gress.com

Situs ini terletak di Lebanon, dan merupakan situs atau kompleks teknologi bersejarah warisan dari zaman Romawi Kuno.

Pada masa dahulu, bangunan ini bernama Heliopolis.

Yang membuat unik dan masih menjadi rasa penasaran bagi semua orang di dunia ini, bagaimana bisa batu-batu besar seberan sekitar 1.200-an ton menjadi landasan dari bangunan yang di masa lalu berfungsi sebagai kuil ini.

Tentu saja yang membuat meisteri adalah, bagaimana para arsitek dan kuli bangunan di masa Romawi Kuno itu mengangkuti batu megalitik sebesar itu ke lokasi.

Dengan menggunakan teknologi atau cara bagaimana.

Baalbek diperkirakan telah berusia sekitar 9000-an tahun. Dan sampai sekarang kuil ini masih tegak berdiri walaupun memang mulai mengalami kerusakan di sana dan sini.

4Nan Madol

wikimedia.org

Nan Madol adalah teknologi kuno di zaman dahulu yang dibuat pada tahun 200 SM. Hal ini berdasarkan hasil pengujian radiokarbon pada batuan yang menyusunnya.

Yang membuat unik dari teknologi kuno ini adalah, bagaimana bisa batu-batu basalt tersebut tertata dengan rapi dan tersetruktur sehingga membantuk sebuah bangunan yang pada akhirnya bernama Nan Madol ini.

Di antara bebatuan itu, ada yang beratnya bahkan mencapai lebih dari 50 ton.

Dan pertanyaan yang masih belum terjawab, bagaimana arsitek kuno zaman itu merancang dan menata bangunan ini sehingga serapi seperti itu.

Nan Madol terletak di Mikronesia. Terdapat banyak tulang belulang manusia di sekitarnya. Dan bangunan setinggi sekitar 17-50 kaki ini sampai sekarang masih menjadi misteri besar. Darimana bebatuan basalt penyusunnya itu berasal?