Hidup di kota besar yang selalu ramai pasti tak jarang yang namanya macet. Sudah macet, panas, debu dan lama pasti bikin stres dan mood hilang.

Rasanya pasti terbayang jadi superman yang bisa terbang atau jadi burung yang bisa santai di udara dengan bebasnya tanpa macet, duh pasti enak dech.

Tapi sayang kamu tetaplah manusia biasa gak punya kekuatan super, so mau tidak mau harus terjebak dalam kemacetan.

Tenang guys, setiap masalah selalu ada solusi kok, bagi kamu yang gak ingin telat sekolah, telat kerja dan lain sebagainya, beberpa hal ini cocok bagi kamu agar tak telat lagi.

1Kos atau Ngontrak Dekat dengan Kampus/ Tempat Kerja

carikost.net

Ini lho guys solusi paling oke, kamu yang rumahnya jauh dari tempat sekolah, kerja, kampus dan lainnya mending kamu kos atau kontrak di tempat yang gak terlalu jauh dari lokasi itu.

Selain kamu gak perlu memakai kendaraan untuk berangkat, kalaupun pakai kendaraan kau juga perlu lama-lama waktunya alias meminimalisir terjebak macet.

2Berangkat Lebih Awal, Pulang Belakangan

hipwee.com

Kamu yang terbiasa dengan macet tentu kamu hafal jam berapa kira-kira potensi macet. Nah dari situ kamu bisa menentukan jam berapa kamu berangkat.

Kalau macet jam 7 an tentu kamu harus berangkat 1 jam sebelumnya, kalau pas pulang sekolah atau kerja jam 2 an, berarti kamu paling tidak sabar sebentar jam-jam itu.

Santai dulu di sekolah atau kerja, sembari nunggu jam potensi macet itu selesai baru dech kamu cabut.

3Naik Kendaraan Roda 2

nyobamoto.com

Naik sepeda atau motor memang anti macet, ya bisa, karena motor bisa meliuk-liuk nyari jalan yang sempit, bahkan lewat gang, lewat diatas selokan.

4Survey Rute

nsbb-bekasi.blogspot.co.id

Kalau kamu sering kena macet di jalan yang sama, tentu dunk pengalaman itu harus segera di atasi dengan mencari rute alternatif yang lain.

Kamu bisa survey di saat kamu punya waktu atau saat pulang lebih awal, jangan cuma mengandalkan peta GPS saja, tapi telusurilah dengan kendaraan kamu.

5Mencari Informasi

pikiran-rakyat.com

Biasanya ada radio yang memberitakan jalan mana yang macet dan yang tidak atau juga bisa tanya warga sekitar dengan bertanya pada orang di sekitar itu mana jalan alternatif.

Itu beberapa hal yang bisa kamu coba bagi kamu yang sering terkena macet, kalau memang gak mau kena macet, pindah aja ke desa, yang jelas gak mungkin macet,hehe.

Selamat mencoba ya