Hari jum’at sering disebut sebagai hari pendek bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan pada hari ini aktivitas sekolah, pekerjaan, maupun lainnya terpotong oleh ibadah sholat jum’at bagi kaum pria yang beragama Islam.

Bahkan beberapa instansi maupun sekolah akan memulangkan para pekerja dan siswanya sebelum waktu sholat jum’at tiba.

Kalaupun waktu pulang tetap tidak dipotong menjadi pagi hari, namun para pekerja atau siswa akan diberikan waktu istirahat siang yang lebih lama untuk menghargai para kaum adam muslim yang menjalankan ibadah tersebut.

Dalam Islam sendiri, sholat jum’at merupakan ibadah wajib bagi kaum pria, dan siapa yang meninggalkannya dianggap berdosa. Bahkan bagi mereka yang sedang bepergian, sebisa mungkin untuk berhenti dan menjalankan sholat jum’at pada waktunya.

Maka daripada meninggalkan ibadah ini, kaum pria Muslim banyak yang lebih memilih melakukan perjalanan jarak jauh selain hari jum’at atau setelah menunaikan sholat jum’at.

Hmm, lalu sebenarnya apa saja sih hikmah dan manfaat yang akan didapatkan para Muslim tersebut jika menjalankan sholat jum’at dengan tekun?

Melatih Tanggung Jawab

muslimedianews com
muslimedianews.com

 

Baik bagi Muslim anak-anak, remaja, dewasa, maupun sudah tua, yang namanya tanggung jawab tidak terpengaruh pada usia.

Ada anak-anak yang masih belia sudah mampu memikul tanggung jawab dengan baik, malah justru orang dewasa yang dianggap lebih paham tak mampu menjalankannya.

Ibadah sholat jum’at dengan sifat wajib dan waktu yang telah ditentukan, dengan susunan yang urut yaitu khutbah dan baru sholat, merupakan sebuah kode tanggung jawab yang Allah berikan kepada hambaNya untuk diemban.

Apalagi kaum adam, mereka yang terlahir sebagai seorang imam bagi diri sendiri maupun keluarga bahkan orang banyak nantinya, harus mampu memikul tanggung jawab tersebut dengan baik, benar, dan dapat dipertanggungjawabkan padaNya kelak.

Tanggung jawab disini adalah bentuk dari menjaga amanah perintah Allah dengan kewajiban tersebut. Karena memang sholat jum’at tidak bisa diqodho bukan?

Melatih Kedisiplinan

wallpaperislami com
wallpaperislami.com

Waktu sholat jum’at sangat sedikit, sehingga bagi Muslim yang hendak menjalankannya harus mempersiapkan dengan baik agar jangan sampai tertinggal.

Ada banyak sunnah yang bisa dilakukan para Muslim sebelum berangkat menunaikan sholat jum’at, diantaranya mandi dan memakai wangi-wangian.

Bagi yang memang bisa melakukannya di rumah tidak masalah, namun kendalanya adalah bagi mereka yang memiliki pekerjaan di luar rumah dan kadar terbentur waktu yang sempit, bagaimana agar tidak ketinggalan khutbah jum’atnya.

Dengan kedisiplinan tersebut, Allah hendak mengajarkan pada kaum adam Muslim bahwa seorang pemimpin jika ingin mampu memikul tanggung jawab harus mampu mendisiplinkan dirinya sendiri dulu, betul tidak?

Menyadarkan Kita Bahwa Barisan Sholat Begitu Rapi

arrahmah com
arrahmah.com

Tak ada jamaah sholat wajib paling banyak selain sholat jum’at. Bahkan sampai masjid besar sekalipun tak mampu menampung jamaahnya hingga jamaah harus rela sholat di halaman tanpa atap.

Melihat hal tersbeut harusnya umat Muslim menyadari bahwa barisan sholat yang rapi tersebut merupakan hikmah dari Allah bahwa Allah mengatur hambaNya agar berbaris rapi dalam menegakkan agama ini.

Dengan rapinya barisan maka tujuan bersama akan terwujud dan musuh Islam tak akan mampu menghancurkan barisan tersebut.

Namun masih banyak umat Muslim yang tak menyadari makna dari luar biasanya jumlah jamaah di sholat juma’at yang begitu rapi, andai saja hal tersbeut juga terjadi pada jamaah sholat wajib 5 waktu ya? Hehehe.

Selain itu, barisan atau shof sholat dalam Islam tak mengenal status, jadi walaupun dia seorang Presiden sekalipun jika dia datang terlambat maka dia tak akan mendapat barisan sholat terdepan.

Bahkan seorang kuli bangunan bisa saja bersandingan dengan seorang Menteri dalam barisan sholatnya. Indah sekali bukan?

Banyak Kebaikan dari Mengikuti Khutbah Jum’at

pecintaanakyatim com
pecintaanakyatim.com

 

Banyak para Muslim yang melalaikan dari kebaikan dan hikmah luar biasa dari khutbah jum’at, mereka beranggapan bahwa tak perlu mengikuti khutbah yang terpenting menuntaskan kewajiban sholat jum’at.

Padahal khutbah jum’at adalah salah satu ruh terkuat dari sholat jum’at. Sehingga bagi mereka yang menjalankan sholat jum’at tanpa mengikuti khutbahnya, sama saja tak mengambil ruh dari ibadah sholat jum’at tersebut.

Duduk mendengarkan khutbah telah Allah catat sebagai amalan yang luar biasa pahalanya, apalagi dalam khutbah tersbeut berisi pesan kebaikan dan do’a-do’a yang mulia bagi umat Muslim.

Nah, setelah membaca hikmah dan manfaat di atas, masihkah kamu para Muslim rela meninggalkan kewajibanmu pada Allah untuk menunaikan ibadah sholat jum’at? Jangan sampai ya!