Perang adalah sebuah bencana bagi umat manusia. Bedanya bencana ini bukanlah bencana yang berasal dari alam, namun dari ulah manusia sendiri.

Perang tidak hanya akan membuat banyak jatuh korban jiwa, namun juga sangat merusakkan alam.

Bagai sebuah parade pembunuhan besar, saling berusaha serang dengan nafsu membunuh dan menganiaya besar.

Perang biasanya terjadi karena ada perlawanan dari pihak tertindas untuk melawan pihak yang menindasnya.

Selain itu, perang juga bisa terjadi karena ada dua atau lebih pihak yang saling memperebutkan wilayah tertentu.

Namun tak jarang pula, kadang perang terjadi hanya karena masalah sepele saja, yaitu masalah salah paham.

Hmm, berbicara tentang perang, di dunia ini pernah tercatat 5 perang besar yang paling banyak memakan korban jiwa sebagai dampaknya. Perang apa sajakah itu?

1Perang Salib

selasarsifakir.blogspot.com

Perang ini dinamakan Perang Salib karena selain memperebutkan sebuah wilayah bernama Yerussalem, yang kemudian melebar menjadi sebuah unsur perang antar agama di dalamnya.

Dalam perang ini, ada dua tokoh yang sangat terkenal, sekaligus mereka menjadi pimpinan dari masing-masing pasukan atau pihak yang berperang.

Mereka adalah Shalahuddin Al-Ayyubi dari pihak Islam, dan Richard the Lion Heart dari pihak Kristen.

Selain itu juga ada tokoh bernama Paus Urbanus II yang merupakan salah satu tokoh penyebab meletusnya perang ini.

2Perang Palestina-Israel

sastrahelvy.com

Perang ini sudah lama terjadi, bahkan sejak tahun 1948. Dimulai dari Inggris yang secara paksa merampas tanah Palestina untuk diserahkan pada Israel dengan sebutan ‘kembali membangun Tanah Air’.

Perang yang kemudian disebut dengan Konflik Palestina-Israel ini terus berlangsung sampai sekrang ini. Ada kekejaman yang telah melewati batas hak-hak azasi manusia.

Israel telah lama mendapat somasi dunia tentang tindakan semena-menanya pada rakyat Palestina, namun mereka tetap tak mau berhenti dengan tindakannya.

Pada akhirnya konflik ini tak hanya sekedar perebutan wilayah, namun melebar sampai ke seuah konflik antar agama yang tak berkesudahan hingga detik ini.

3Perang Dunia 1

dsatryo.blogspot.com

Perang ini adalah salah satu perang terbesar di dunia yang melingkupi wilayah seluruh Eropa, yang terdiri dari dua blok kekuatan besar saat itu, yaitu Blok Sekutu dan Blok Sentral.

Perang ini dipicu oleh terbunuhnya Pangeran Franz Ferdinand dari Austria oleh teroris Serbia bernama Gavrilo Princip. Perang ini terjadi dalam rentang tahun 1914 sampai 1918.

4Perang Dunia II

aneka10.blogspot.com

Salah satu perang terbesar dunia yang pernah tercatat memiliki banyak korban jiwa sekaligus kerusakan pada bumi adalah Perang Dunia II yang terjadi pada 1 September 1939 sampai 14 Agustus 1945.

Perang ini meliputi seluruh bagian dunia, dan tetap ada dua blok kekuatan besar yang bermain di dalamnya, yaitu Blok Sekutu dan Blok Sentral.

Pada sejarah perang ini, tercatat ada tiga peristiwa besar yang terjadi.

Yaitu pengeboman Jepang terhadap Pearl Harbour Amerika, pengeboman Sekutu kepada Hiroshima dan Nagasaki, kemerdekaan Indonesia.

Itulah tadi 4 perang besar dunia yang pernah tercatat ‘menghasilkan’ cetakan sejarah berupa korban jiwa paling banyak sepanjang masa.

Bagaimanapun tak pernah ada perang yang menyenangkan, perang akan selalu mengalirkan darah dan mencabut banyak nyawa.

Namun ketika penindasan semakin besar dari pihak adikuasa kepada pihak lemah, apakah kemudian bisa dibearkan mengadakan perlawanan berupa perang?