Inilah 4 Trik Jitu Agar Semangatmu dalam Beribadah Bertahan Sampai Akhir Hayat

Posted on

Pada bulan suci Ramadhan, umat Muslim banyak yang begitu semangat dalam beribadah demi meraih ridho dan ampunan Allah SWT.

Menjalankan puasa dengan tekun, sholat sunnah yang maksimal, bangun dan berdzikir di sepertiga malam, tilawah Qur’an sebanyak-banyaknya, sholat tarawih, dan sebagainya.

Namun seketika setelah Ramadhan pergi berganti Syawal, suasana ceria menyambut hari raya Idul Fitri mengalihkan suasana syahdu dalam berlomba-lomba semangat menjalankan ibadah kepadaNya.

Dan mirisnya, setelah semuanya terlewati baik Ramadhan maupun hari raya Idul Fitri, yang semula semangat beribadah menjadi kendur bahkan sudah malas lagi. Hmm, hal tersebut tentu sangat sia-sia dan rugi sekali.

Tentunya kamu tak ingin jadi manusia yang merugi sampai akhir hayat kan? Maka dari itu jagalah semangatmu dalam beribadah, tak hanya saat tertentu saja, namun sampai akhir hayat.

Nah, untuk terus menjaga semangat ibadahmu bertahan kuat sampai akhir hayat, yuk coba 4 trik jitunya berikut ini:

Banyak Berdzikir

Manfaat-berdzikir-kepada-Allah-1024x819
www.hijabina.com

Ketika kamu mengaku jatuh cinta dengan seseorang, kamu pasti selalu teringat akan dirinya, dan tak lelah pula menyebut namanya dalam setiap do’a mu.

Nah, begitu juga yang selalu Allah inginkan darimu, Allah ingin kamu mencintaiNya di atas segalanya. Sehingga banyak berdzikir akan membuatmu mengingat Allah selalu.

Dengan selalu mengingat Allah dengan dzikir maka kamu akan semakin cinta dan selalu semangat untuk terus menjalankan ibadah sebagai perintahNya.

Banyak Berkumpul Dengan Orang-orang Shalih

pengajian kiki widyasari
ratihalkaafamajene.blogspot.com

Jika dianalogikan, seseorang yang berada di sekitar sampah pasti akan terkena bau busuknya. Sebaliknya seseorang yang berada di sekitar penjual parfum pasti akan terkena wanginya.

Memang kita harus mau berteman dengan siapapun, namun dalam hal ketaatan kepada Allah kita sebaiknya memperbanyak jalinan silaturahim dengan berkumpul di sekitar orang-orang shalih.

In shaa Allah kita akan ikut tetap semangat dalam menjaga ketaatan kita kepada Allah dalam ibadah-ibadah yang istiqomah dan kontinyu sampai akhir hayat.

Terus Mengingat Kematian

Pemakaman-0021
onewebid.blogspot.com

Seseorang yang belum siap menghadapi kematian berarti dia yang merasa bahwa bekalnya di dunia untuk hidup di akhirat kelak masih sangat jauh dari kata cukup.

Untuk itu, dengan selalu memotivasi diri dalam mengingat kematian, menganggap bahwa besok bisa saja kita mati, maka kita akan selalu semangat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya.

Tidak Berlebih-lebihan dalam Sesuatu

spread-2
konsultanpendidikan.com

Apapun itu, jika dilakukan dalam jumlah atau batas yang berlebihan maka tak akan pernah bisa baik dan menghasilkan suatu kebaikan.

Baik makan, minum, tidur, berbicara, bekerja, bahkan beribadah pun, Allah telah mengatur semua sesuai porsinya agar manusia hidup seimbang di dunia ini.

Yang begitu semangat menggapai akhirat juga tidak boleh lupa akan kewajibannya hidup di dunia untuk menjalankan amanah sebagai da’i, suami, istri, orangtua, dan masih banyak lagi.

Begitupun yang terlalu semangat menggapai kebahagiaan duniawi juga jangan sampai lupa pada akhiratnya.

Semoga keempat trik di atas bisa membantu kita dalam berusaha kuat dan kokoh menjaga semangat dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT sampai ajal menjemput kelak. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *