Amarah merupakan emosi yang tak hanya dimiliki oleh seseorang yang memiliki karakter temperamen, namun bahkan siapapun yang masih memiliki nyawa dalam raganya, manusia memiliki amarah. Sesabar apapun orang tersebut.

Namun walaupun amarah adalah sebuah hal fitrah yang ada pada setiap manusia ciptaan Tuhan, bukan berarti bahwa setiap orang tersebut boleh mengumbar amarahnya sehingga menyebabkan kekacauan dimana-mana.

Sejatinya dunia ini bisa aman dan terasa nyaman tenteram jika dipenuhi oleh perasaan cinta dan setiap orang mampu meredam emosi dan egonya sedalam mungkin.

Coba lihat lah, beberapa kasus berakhir pembunuhan biasanya dipicu masalah sepele yang kemudian dibakar oleh emosi dan amarah. Semuanya itu adalah kemenangan setan atas bujukannya terhadap umat manusia.

Tentu kamu tak mau kan menjadi sahabat setan kelak di neraka? Maka ada baiknya kamu pahami 5 alasan logis mengapa menahan amarah itu amat penting dalam kehidupan ini.

Amarah Bisa Merusak Hubungan

tali-putus
yukbelajarislam.com

Coba bayangkan jika tali silaturahim yang awalnya manis antara dua atau lebih sahabat, teman, saudara, bahkan antara anak dan orangtua kandung sendiri tiba-tiba retak. Pasti tidak hanya sedih namun sangat menyakitkan bukan?

Nah, dengan amarah yang mungkin dibiarkan menguap hanya sekejap, tak ada 5 menit bahkan, bisa saja tali silaturahim yang awalnya hangat dan manis menjadi retak bahkan hancur berkeping-keping. Miris sekali.

Amarah Bisa Menyebabkan Seseorang Melakukan Kejahatan

14RDP_HIMIZU_SPAN-master1050
www.nytimes.com

Seperti yang telah disinggung pada paragraf intro bahwa amarah bisa menyebabkan seseorang melakukan sebuah tindakan kriminal yang berujung pada dosa dan kerugiannya secara hukum.

Coba bayangkan, masalah sepele yang mungkin hanya karena saling berebut remote televisi mendadak berubah menjadi pembunuhan yang sadis.

Dan tentunya telingamu sudah taka sing lagi dengan berita pembunuhan yang sangat riuh terdengar akhir-akhir ini hanya dipicu oleh masalah sepele. Manusia seakan sudah menjadi budak amarah ya?

Amarah Adalah Hal yang Dilarang oleh Rasulullah

jangan-marah
amwah.wordpress.com

Pernah mendengar sebuah hadits dari Rasulullaah, dimana ketika ada sahabat bertanya apa pesan dari Rasulullaah untuknya? Maka Rasul menjawab, “La Taghdob”, sampai tiga kali. Dan apa itu La Taghdob?

Artinya adalah “Jangan Marah”.

Kiranya tak hanya agama Islam saja pasti yang melarang untuk marah, namun pasti agama apapun dari Tuhan juga melarang hal tersebut.

Amarah Dapat Menghapuskan Pahala Kebaikan

kiki widyasari tidak suka marah
duniajilbab.tumblr.com

Amarah adalah salah satu hawa nafsu yang dapat menghapuskan pahala kebaikan, sehingga ketika seseorang telah susah payah mengumpulkan pahala namun hanya karena amarah meluap selama semenit saja, pahala tersebut bisa hilang.

Contohnya pada saat berpuasa, setelah seharian menahan lapar dan haus, namun ternyata seseorang itu tak mendapat pahala apapun bahkan tertolak amalannya hanya karena amarah dan menyebabkan kerusakan.

Sayang sekali ya?

Amarah Dapat Menyebabkan Penyakit

sakit-ok-1
americanindonesian.com

Salah satu kondisi yang bisa praktis langsung terlihat dari tubuh ketika seseorang marah adalah naiknya asam lambung yang bisa memicu maag bahkan penyakit lainnya.

Tak hanya maag dan asam lambung yang meningkat, bahkan bisa memicu penyakit jangka panjang seperti jantung, tekanan darah naik drastis, dan stroke.

Itulah 5 alasan logis yang benar-benar perlu kita sebagai manusia ingat dnegan baik bahwa amarah itu tak baik jika dibiarkan meluap. Marah saja tak boleh kan, apalagi membiarkannya meluap-luap.

SHARE