Dunia remaja generasi Y memang nggak secanggih sekarang. Masih jadul banget. Namun, bagi para remaja yang hidup di era itu pasti sangat merindukan semua kenangan.

Dibandingkan dengan zaman digital sekarang, generasi Y mengalami masa yang lebih menyenangkan.

Masa di mana ponsel, android dan i-phone masih belum menjajah sisi sosial seseorang. Masa di mana kamu harus berjuang ke warnet hanya untuk berkirim pesan dan mengerjakan tugas. Masa-masa yang nggak mungkin dialami remaja generasi Z (miris banget, bacanya ya, hiks!).

Kalau diingat-ingat terus, sedih banget ya, nggak bisa ketemu lagi dengan budaya yang sangat terjaga di kala itu. Remaja kekinian mesti iri nih melihat kebahagiaan remaja era 90-an. Kenapa?

Karena kamu yang hidup di era digital ini sudah jarang melihat maraknya permainan tradisional seperti, petak umpet, jangka, kelereng, congklak dan lain-lain.

Kamu yang berjaya dengan canggihnya teknologi di masa globalisasi, nggak bisa lagi menikmati indahnya bersenda gurau tanpa gangguan handphone, i-phone dan sebangsanya.

Yakin? Kamu nggak iri dengan remaja generasi Y? Mendingan kamu simak dulu hal-hal yang bikin mereka (remaja jadul) kangen. Cek ya, guys!

1MTV Sumber Musik Terkini

markarinas.blogspot.com

MTV sudah tidak populer lagi di zaman ini. Nggak ada dengungnya sama sekali. Padahal, acara musik MTV sangat tenar dengan musik dan lagu berkualitas. Apalagi VJ dan video klipnya keren abis.

Kamu bisa tahu musik dalam negeri dan juga luar negeri. MTV jadul ibarat youtube-nya anak zaman digital sekarang. Tapi jelas, MTV lebih berkelas. Penyanyi yang ditampilkan adalah penyanyi berkualitas juara, begitu pula dengan musisinya.

2Rambut Belah Tengah

lihatdulu.info

Ingat aktor ganteng Andy Lau? Jimmy Lin? (sekarang sih udah tua, hehehe). Potongan rambutnya itu lho, belah tengah, bikin mereka tambah ganteng. Remaja dan anak muda tahun 90-an banyak yang meniru gaya mereka.

Tren rambut belah tengah ini menjamur hingga ke tanah air, bahkan sampai ke artis juga. Misalnya saja, Ariel Peterpan (jadul) dan Ari Lasso. Dulu, yang nggak ngikutin gaya rambut begitu, dianggap jadul. Sekarang, kalau ngikutin, siap-siap diledekin (hehehe).

3Gimbot Sangat Berjaya

sepertinyabukan.blogspot.com

Anak muda zaman sekarang pasti bertanya-tanya, apaan sih gimbot? Makhluk dari planet mana (hadeeh). Gimbot bukan makhluk, guys. Tapi, gimbot telah mencuri hati remaja era 90-an. Apalagi gimbot dewa.

Disebut gimbot dewa karena gimbot ini terkenal sakti. Saktinya karena bisa ngomong ketika kamu kalah dan skornya jeblok pasti muncul tulisan, bego lo! Kalau skor permainan kamu tinggi, si gimbot langsung memuji, oke juga lo!

Jadi, gimbot itu sejenis game yang sekarang marak di android, i-phone dan internet. Cukup modal baterai, gimbot sudah langsung nyala. Meskipun zaman sekarang permainan online lebih canggih, tapi nggak ada kan yang bisa ngoceh kayak gimbot dewa.

4Filmnya Asik-Asik

youtube.com

Ini nih yang sulit dinikmati anak muda era 2016. Hampir seluruh stasiun TV didominasi acara gossip, berita kriminal dan sinetron nggak jelas ceritanya. Kalau pun jelas isinya perselingkuhan (hadeeh).

Nah, saat tahun 90-an, anak muda Indonesia, terutama remaja selalu berjaya dengan suguhan film menarik. Misalnya, Doraemon, Satria Baja Hitam, Keluarga Cemara, Bobo Ho, Power Ranger dan lain-lain.

Belum lagi aksi ultraman Jepang yang memikat hati. Minggu pagi jam Sembilan udah siap-siap di depan televisi. Gimana dengan zaman sekarang?

Pagi-pagi malah disuguhi berita perceraian artis. Siangnya berisi berita teroris dan kriminal. Ironis banget deh. Sampai kapan anak-anak Indonesia disuguhkan acara demikian?

5Goosebumps yang Populer

hexjam.com

Kamu yang remajanya di masa 90-an pasti ingat novel Goosebumps. Novel karya RL Stine yang menceritakan kejadian menegangkan dan menakutkan. Kalau dibaca waktu itu sih memang serem habis. Tapi, coba kamu baca lagi sekarang, yang ada kamu ketawa ngakak.

Meskipun demikian, asik banget lho baca Goosebump ini dibandingkan dengan nonton film horror Indonesia zaman sekarang (isinya pornoaksi). Judul seri Goosebump ada macam-macam, di antaranya Darah Monster, Selamat Datang di Rumah Mati, dan lain-lain.