tahrirnews.com

Inilah 5 Panglima Muslim Terhebat Sepanjang Sejarah

Posted on

Sejak manusia mengenal peradaban, dua belah pihak yang saling menghegemoni dan berseteru seolah-olah tiada pernah ada habisnya. Baik karena hegemoni berlandaskan ideologi ataupun agama.

Peperangan untuk memperebutkan otoritas wilayah sebagai simbol kekuasaan hegemoni pun menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan. Dan beberapa pertempuran pun akhirnya memunculkan para tokoh pemimpin perang yang kehebatannya tercatat dalam sejarah manusia.

Mereka adalah para panglima yang dalam istilah lain adalah pemimpin perang dengan kekuasaan dan wewenang terhadap wilayah sekaligus beberapa pasukan militer yang setia kepadanya. Memiliki kemampuan bertarung di lapangan maupun strategi militer yang jitu.

Termasuk di dalamnya para panglima yang muncul dari peradaban Islam. Hegemoni peradaban Islam selama 1400 tahun di dunia telah berhasil memunculkan banyak tokoh panglima yang tidak hanya mahir bertarung dan memimpin strategi. Namun juga terkenal dengan akhlak yang mulia.

Shalahuddin Al Ayyubi

azquotes.com
azquotes.com

Dikenal dengan nama lain Saladin atau Salah ad-Din. Beliau seorang jenderal yang berasal dari Tikrit, Irak. Hidup pada masa Dinasti Ayyubiyah yang mencakup berbagai wilayah Afrika dan Timur Tengah seperti Suriah, Mesir, Irak, Mekkah, Hijaz, Yaman dan Deyak Bakr.

Baik di dunia Islam maupun Barat, Salahuddin dikenal dengan kepemimpinan dan kekuatan militernya  yang unggul. Namun tetap memiliki sifat pemaaf saat melawan pasukan salib. Beliau juga merupakan seorang ulama yang mewasiatkan beragam catatan kaki pada kitab hadits Abu Daud.

Abdullah bin Amir

theghurabah.blogspot.com
theghurabah.blogspot.com

Abdullah bin Amir merupakan seorang jenderal yang sukses memimpin di masa pemerintahan Khalifah Utsman bin ‘Affan. Dikenal memiliki kemampuan mengelola administrasi negara dan kekuatan militer. Beliau sempat menjadi Gubernur Bushra pada tahun 647 – 456 Masehi.

Amr bin ‘Ash

skanaa.com
skanaa.com

Amr bin ‘Ash masuk Islam bersama dengan Khalid bin Walid. Tepat 6 bulan sebelum Fathul Mekkah, yaitu penaklukan Kota Mekkah oleh kaum muslimin. Beliau dikenal sebagai panglima perang dengan watak bijak dan cermat dalam mengatur strategi.

Beliau juga sempat ditunjuk menjadi panglima perang di masa Khalifah Umar bin Khattab untuk melepaskan Baitul Maqdis dan Mesir dari cengkeraman jajahan Romawi. Selanjutnya beliau ditunjuk menjadi Gubernur Mesir hingga masa Khalifah Umar bin Khattab berakhir.

Thariq bin Ziyad

voa-islam.com
voa-islam.com

Thariq bin Ziyad begitu dikenal sebagai salah satu legenda Spanyol berjuluk Taric el Tuerto atau Taric bermata satu. Beliau menjadi seorang jenderal pada masa Bani Umayyah. Beberapa wilayah yang pernah ditaklukkannya seperti Protugal, Andorra, Gibraltar dan Spanyol di tahun 711 M.

Syurahbil bin Hasanah

dakwahmuslim.com
dakwahmuslim.com

Beliau termasuk salah satu Sahabat Rasulullah Muhammad SAW. Pernah ditunjuk sebagai komandan dalam pasukan Rasyidin, yaitu pada masa Khalifah Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Selama penaklukan Suriah beliau didaulat sebagai komandan lapangan utama, yaitu pada tahun 634 – 639 M.

Syurahbil bin Hasanah meninggal saat bertugas akibat serangan wabah.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *