Selamat Hari Kartini! Hari ini merupakan perayaan besar bagi kaum wanita. Pasalnya, pada hari inilah diperingari lahirnya seorang Kartini.

Sosok pahlawan Indonesia yang memperjuangkan hak-hak perempuan Indonesia. Tanpa Kartini, mungkin perempuan masih terbelenggu dalam kebodohan. Kartini lah yang membangkitkan semangat para perempuan untuk giat belajar.

Di masa kini, lahirlah sosok-sosok Kartini modern. Kartini yang penuh inspirasi. Jumlah Kartini sekarang sudah lebih dari satu. Mereka terus berkarya dan berjuang untuk Bangsa Indonesia. Inilah mereka.

Back

1. Een Sukaesih

Dunia pendidikan pasti tidak asing dengan sosok ini. Een Sukaesih, seorang pahlawan di bidang pendidikan. Meskipun sudah tutup usia pada 13 Desember 2014, namun jasanya tetap dikenang.

Een Sukaesih adalah guru teladan yang mengabdikan hidupnya untuk mendidik putra-putri bangsa. Penyakit Rheumathoid Artitis yang dideritanya tidak menghalanginya untuk terus berjuang.

Penyakit yang menyerang sejak di kelas 3 Sekolah Pendidikan Guru itu tidak lantas membuatnya patah semangat. Dalam kondisi lumpuh, Een tetap menyelesaikan pendidikan diplomanya di IKIP Bandung.

Seumur hidup Een Sukaesih didedikasikan untuk pendidikan. Inilah cerminan Kartini masa kini yang pantang menyerah dan bertekad mencerdaskan anak bangsa dalam kondisi apapun.

youtube.com
Back