Masih banyak di antara kita yang kurang atau bahkan sama sekali tak mau menyentuh sayuran dikarenakan tidak suka, atau tidak memiliki selera makan terhadapnya.

Bahkan ada yang sampai mengalami fobia dengan muntah atau mual setiap memakan atau hanya sekedar melihatnya.

Hmm, padahal sayuran dan juga buah-buahan adalah bahan makanan yang diciptakan Tuhan dengan khasiat yang banyak sekali bagi kesehatan manusia, bahkan makhluk hidup.

Termasuk salah satunya yang paling banyak juga dihindari oleh para ‘pembenci’ sayuran, adalah kangkung. Padahal sayuran hijau ini termasuk paling banyak juga manfaatnya bagi kesehatan kita manusia.

Nah, bagi kamu yang masih malas-malasan atau menghindari mengkonsumsi sayuran yang satu ini, yuk coba intip 6 manfaat kangkung berikut:

Melelapkan Tidur

orang-tertidur-lelap
muslimah.co.id

Bagi yang suka begadang bukan karena alasan ada pekerjaan yang harus diselesaikan atau memang menjaga anak, namun karena mengalami insomnia, mengkonsumsi kangkung bisa menjadi solusinya.

Kangkung memiliki sifat sedatif, sehingga hal ini membuat kangkung bisa memicu kantuk. Apalagi jika dikonsumsi pada sore atau malam hari.

Kangkung juga bisa membuat seseorang yang mengkonsumsinya menjadi rileks karena dapat mengendurkan saraf-saraf. Karena di dalamnya ada mineral seng dan selenium.

Semakin rileks dan kendur saraf-sarafnya, maka seseorang akan makin mudah untuk merasa kantuk dan terlelap tidur.

Melancarkan Buang Air

Sembelit-Susah-Buang-Air-Besar
cloverjelly.com

Baik buang air kecil atau besar, dengan mengkonsumi kangkung dengan kadar yang cukup, maka seseorang tak perlu takut kesulitan.

Kesulitan buang air kecil maupun besar memang sangat menyiksa, apalagi jika sampai membuat penderitanya mengalami ambeien karena terlalu sering mengejan saat kesulitan buang air besar.

Hal ini karena dalam kangkung banyak terkandung serat, yang bisa menjadi pemicu kelancaran buang air besar maupun kecil.

Mencegah Anemia

anemia-mental-health
empowher.com

Kangkung terkenal sebagai sayuran hijau yang banyak mengandung zat besi. Sedangkan zat besi adalah salahs atu mineral yang sangat membantu pembentukan sel-sel darah merah.

Ada sekitar 2,5 mg/100g kandungan zat besi yang terkandung dalam kangkung. Bagi yang memiliki penyakit anemia, gejala anemia, atau sekedar masih kekurangan zat besi, perbanyaklah mengkonsumsi kangkung.

Mencegah dan Mengobati Diabetes Mellitus

landscape-1445714217-g-diabetes-154932202
netdoctor.co.uk

Penyakit diabetes mellitus atau yang biasa disebut dengan DM adalah penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah seseorang.

Penyakit DM tercatat sebagai salah satu penyakit yang cukup mematikan karena perlahan-lahan mengurangi berat badan serta nafsu makan penderitanya.

Agar terhindar dari penyakit ini, selain dengan pola hidup sehat serta pola makan yang teratur dan berkualitas, sayuran kangkung juga bisa menjadi pencegahnya.

Jika sudah terlanjur mengidap DM, sayuran ini pun juga bisa menjadi terapi penyembuhannya. Terutama ekstrak dari kangkung ini.

Obat Sakit Kepala

macam-sakit-kepala-dan-cara-mengatasinya
bodrex.com

Dalam sayuran kangkung juga terdapat zat mineral yang dapat meringankan sakit kepala dan juga migren, akibat kepanasan, terlalu tegang, atau memang karena memiliki sakit kepala berkala.

Namun jika sakit kepala sudah tidak tertahankan, segera periksakan diri kepada dokter ya!

Menajamkan Penglihatan

carasehat123 blogspot com
carasehat123.blogspot.com

Sayuran kangkung juga bisa menjadi terapi untuk mempertajam penglihatan, bagi yang mengalami masalah karena minus atau plus.

Vitamin A yang terkandung dalam kangkung terhitung lumayan banyak, yaitu 6300 IU, jauh lebih banyak dibandingkan bayam yang hanya 6100 IU.

Semakin hijau warna daun kangkung, maka semakin banyak pula jumlah beta karotin yang terkandung di dalamnya, untuk semakin memperbanyak jumlah vitamin A.

Jadi, masihkah kamu tak mau makan sayur, terutama kangkung setelah membaca 6 manfaatnya di atas?