Kismis adalah salah satu bahan makanan yang tentunya sudah tak asing lagi bagi kita semua, terutama yang gemar mengkonsumsi kue atau roti, karena bahan ini sering digunakan sebagai pelengkap makanan tersebut.

Kismis terbuat dari buah anggur yang dikeringkan, rasa kecut manisnya selalu menjadi kesenangan tersendiri bagi para penggemarnya.

Namun tahukah kamu, dibalik kenikmatan dan kelezatan kismis tersebut, ada banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya, sehingga membuatmu tak mau ketinggalan untuk mengkonsumsinya.

Apa sajakah itu?

Membersihkan Pencernaan

tokoherbaljakartatimur com
tokoherbaljakartatimur.com

Dalam kismis terkandung serat yang cukup banyak, mengingat memang buah anggur juga mengandung serat yang tak sedikit juga.

Apalagi setelah melewati proses pengeringan, justru jumlah serat tersebut semakin bertambah banyak pula.

Dengan jumlah serat yang banyak itu, kismis dapat membantu manusia untuk menjaga kesehatan pencernaannya, dari sembelit atau susah buang air besar, serta untuk membersihkan pencernaan dari racun-racun.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem-Kekebalan-Tubuh
tokoherbalacemaxs.com

Dalam kismis juga tergantung sejumlah zat yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh manusia tetap tangguh dan kuat dalam menjaga kesehatan manusia dari serangan penyakit.

Zat-zat tersebut adalah glukosa dan fruktosa yang merupakan zat gula atau karbohidrat yang mampu meningkatkan penyerapan vitamin sehingga sangat bermanfaat bagi kekebalan sistem pertahanan tubuh.

Mengurangi Kadar Asam Lambung

marunde net
marunde.net

Asam lambung yang berlebihan kadarnya dapat memicu penyakit maag, dan jika kronis bisa memicu penyakit liver dan penyakit pencernaan lainnya.

Jika kamu tak mau asam lambungmu meningkat tajam, kamu bisa melakukan salah satu usaha menurunkan atau menjaga kestabilannya dengan mengkonsumsi kismis.

Karena dalam kismis terkandung zat mineral yaitu kalium dan magnesium yang dapat mengurangi tingginya kadar asam lambung di dalam lambungmu tersebut.

Mengobati Anemia

blog awalbros com
blog.awalbros.com

Dalam kismis terkandung zat-zat mineral kaya manfaat yang dapat mengobati dan mencegah penyakit kekurangan sel darah merah, yaitu anemia. Yaitu zat besi, vitamin B komplek, dan beberapa zat mineral lainnya.

Zat-zat tersebut dapat membantu memperbanyak jumlah pembentukan sel darah merah, sehingga dapat menghindarkan pengkonsumsinya dari kekurangan sel darah merah atau anemia.

Menguatkan Tulang

strong-bone
buahhatiku.com

Selain bisa meningkatkan pembentukan sel darah merah dalam tubuh, zat besi yang terkandung dalam kismis juga dapat membantu untuk menguatkan tulang.

Selain itu dalam kismis juga mengandung zat mineral yaitu kalsium, yang bersama zat besi mampu memperkokoh tulang tubuh manusia.

Mencegah Kanker

151221105834_Sekuat-Apakah-Sistem-Kekebalan-Tubuh_ori
www.belanjaalkes.com

Salah satu manfaat dari kismis juga adalah sebagai pencegah terbentuknya sel kanker ganas yang dapat menjadi pemicu kematian.

Karena dalam kismis ada zat antioksidan berupa polifenol katekin yang dapat mengurangi bahkan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker maupun tumor.

Nah, setelah mengetahui kebermanfaatan dari kismis tersebut, kamu pasti semakin tak ingin ketinggalan dalam mengkonsumsinya ya? Hehehe.

SHARE