Mungkin anak-anak kamu sekarang sedang tidak mood untuk belajar. Banyak hal yang menyebabkan mereka demikian. Padahal, belajar merupakan bagian dari aspek pendidikan yang penting untuk masa depannya.

Sekolah yang bagus dan guru les handal tidak cukup untuk membuat si anak mau belajar. Kamu perlu cara khusus untuk mendorong semangat belajarnya.

Kebanyakan anak menganggap belajar adalah hal yang membosankan. Kamu tidak bisa serta merta memaksanya belajar karena itu juga tidak baik bagi perkembangannya. Memang sulit, namun kamu harus mencobanya.

Anak-anak adalah tanggung jawab kamu sebagai orang tuanya. Kamu harus mengetahui setiap detail dari masalahnya. Mereka tidak mau belajar, pasti ada penyebabnya.

Cobalah 7 tips berikut ini untuk memotivasi si anak agar rajin belajar. Cekidot!

1Carilah Penyebab Kemalasan Anak

changeche.wordpress.com

Kamu harus mencari tahu, mengapa si anak tidak mau belajar. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu akan mudah mengembalikan semangat belajar si anak.

Namun, untuk mengetahuinya, kamu perlu bersabar. Anak-anak tidak akan mudah untuk menceritakan masalahnya. Tanyakan si anak pelan-pelan atau cari tahu dari teman-teman mainnya. Biasanya, si anak lebih mudah cerita dengan teman sebaya.

2Kenali Karakter Belajar Anak

kiddiefuntimeent.blogspot.com

Setiap anak memiliki karakter berbeda ketika belajar. Mungkin kamu pernah mendengar tipe belajar kinestetik, visual dan audio visual. Nah, salah satunya bisa jadi adalah karakter anak kamu.

Kalau kinestetik, biasanya si anak akan belajar sambil memainkan sesuatu misalnya bermain musik, menonton televisi, mendengarkan musik dan lain-lain. Sementara tipe belajar visual, lebih cenderung suka membaca.

Si anak dengan tipe belajar visual tidak bisa belajar di dalam suasana ribut. Ia perlu ketenangan. Yang terakhir adalah tipe audio visual. Anak-anak tipe ini mudah belajar jika mendengarkan penjelasan.

3Memberikan Perhatian Penuh

feed.id

Ini bisa menjadi faktor yang menurunnya semangat anak untuk belajar. Mungkin kamu terlalu sibuk sehingga anak merasa kurang diperhatikan.

Jika hal ini sebabnya, ubahlah sikapmu. Berikan perhatian dan kasih sayang sepenuhnya untuk anak. Utamakan mereka dibandingkan yang lainnya. Mereka pasti membutuhkan dukungan kamu, apalagi ketika mereka punya banyak masalah.

4Aturlah Jadwal Belajar Anak

pemudari45.blogspot.com

Salah satu cara memberikan semangat belajar yakni mengatur jam belajar anak. Buatlah jadwal belajar setiap hari. Misalnya mereka harus belajar satu sampai dua jam setiap pagi dan sore.

Bersikap tegas boleh, tapi jangan bersikap keras. Mereka hanya perlu pengawasan dari kamu, namun bukan pengekangan yang membuat mereka jenuh.

5Bantu Mereka Menemukan Cita-Cita

blooploop.com

Ketika si anak mendapatkan cita-citanya, semangat belajarnya pasti meningkat. Pasalnya, si anak pasti akan melakukan apapun untuk menggapai mimpinya itu.

Tugasmu adalah membantunya untuk menemukan cita-cita. Jelaskan apapun yang dia tanyakan dengan bahasa yang ia mengerti.

6Menceritakan Kisah Inspiratif

inspirasi-anak.blogspot.com

Kisah-kisah inspiratif biasanya akan membangkitkan semangat anak. Cobalah mencari tahu siapa tokoh idolanya dan ceritakan perjalanan tokohnya itu.

Ceritakan tentang sikap pantang menyerah dan semangat juang yang tinggi sehingga memotivasi anak. Jika perlu, ceritakan sebelum mereka tidur agar kisah tokoh inspiratif tersebut terekam di dalam hati dan pikiran si anak.

7Berikan Hadiah Kecil dan Pujian

buyunguda.wordpress.com

Kadang pujian juga perlu kamu berikan saat anak mencapai prestasi tertentu. Tahukah kamu, pujian dari orang tua akan membuat anak lebih bersemangat lagi.

Kalau memang mampu,berikan hadiah kecil untuknya. Mereka akan lebih semangat dan merasa dihargai segala usahanya.

Demikian tadi tips untuk menyemangati anak agar rajin belajar. Selamat mencoba tips-tips ini

SHARE