Kesehatan memang mahal harganya. Menjaga kesehatan merupakan hal terpenting yang harus kita lakukan.

Berbagai aktivitas yang kita jalani membuat kita terkadang agak lalai dalam menjaga kesehatan. Hal itu berakibat mudahnya penyakit ringan mudah menyerang tubuh.

Apakah kamu suka menikmati teh? Atau bisa dikatakan penikmat teh? Ketika membuat teh hangat biasanya ada di antara kita yang menggunakan jenis teh kantung.

Cukup praktis memang, tinggal menyelupkan kantung teh pada segelas air hangat kemudian dicampur dengan gula secukupnya.

Setelah kita menggunakan kantung teh tersebut biasanya kita membuangnya. Tahukah kamu bahwa ternyata kantung teh bekas seduhan teh bisa kita gunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

Inilah manfaat kantung bekas seduhan teh yang dapat mengobati beberapa penyakit berikut.

1Mata Bengkak

www.wajibbaca.com

Ketika matamu bengkak tak perlu khawatir. Kamu dapat menggunakan kantung teh bekas dengan cara mengompres mata dengan kantung tersebut.

Menggunakan kantung teh bekas adalah cara efektif untuk mengobati mata bengkak.

2Jerawat

hetihetiho.blogspot.com

Jerawat memandel sangat mengganggu? Terdapat cara yang mudah dan murah untuk mengobatinya. Kamu dapat menggunakan teh hitam atau teh hijau pada jerawat.

Caranya,letakkan kantung teh pada bagian yang berjerawat dan diamkan selama 10 menit. Tanin yang terkadung di dalam teh berperan dalam mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

3Sariawan

menurutparaahli.com

Kamu dapat menggunakan teh hitam dalam mengobati sariawan di bagian mulut. Caranya rendam kantung teh hitam pada air hangat kemudian oleskan pada luka dan biarkan selama kurang lebih 30 menit.

4Terbakar Sinar Matahari

rioferi.files.wordpress.com

Saat berada di bawah paparan sinar matahari kulit akan terasa perih. Hal ini menunjukkan bahwa kulitmu terbakar sinar matahari.

Gunakan kantung teh hitam untuk meredakan rasa tersebut. Rendam kantung dalam botol yang memiliki semprotan kemudian semprotkan air itu pada kulit.

Atau kamu bisa menggunakan cara lain yakni mencampurkan teh saat kamu mandi.

5Kutil

www.cakapsehat.com

Teh hitam menggandung tanin yang dapat membunuh kutil hingga ke akarnya. Caranya cukup mudah, tempelkan kantung teh yang basah pada kutildan biarkan bereaksi selama beberapa jam.

Lakukan hal ini setiap hari hingga kutil lepas. Ingat, jangan lupa mengganti kantung teh dengan yang baru.

6Bau Kaki

cukuptau.com

Masalah bau kaki terkadang sangat mengganggu. Saat kakimu berkeringat maka bisa menyebabkan bau yang tak sedap.

Rendamlah kaki di sebuah baskom yang berisi air hangat dan beberapa kantong teh celup bekas. Diamkan selama 15 menit. Lalu bersihkan kaki dengan handuk.

Kamu dapat melakukannya saat sebelum tidur.

7Gigitan Serangga

blog.8share.com

Kentong bekas teh hitam atau teh hijau dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga. Rendam kantong teh bekas ke dalam air hangat dan basuh ke bagian yang terkena gigitan serangga.

Atau dengan cara yang lebih mudah yakni tempelkan kantong teh langsung ke kulit.

Jangan buru-buru untuk membuang kantong teh celupmu. Ternyata kantong teh celup bekas memiliki banyak manfaat yang luar biasa.