Kamu baru saja diputusin pacar? Jangan buru-buru menyalahkan mantan pacarmu. Ada baiknya kamu introspeksi diri. Mungkin saja, kesalahan itu justru hadir dari dalam diri kamu. Berhentilah emosional dan pikirkan dengan jernih, apa masalah sebenarnya.

Memang nggak mudah sih membaca yang ada di pikiran para cowok. Kadang mereka susah ditebak.

Tapi, nggak ada salahnya kalau kamu melihat ke dalam diri sendiri, adakah pernah kamu menyakiti pasanganmu. Apakah sikapmu membuat nyaman pasangan atau justru sebaliknya?

Nah, buat kamu yang belum terlanjur putus sama pacar, tapi sekarang sudah ada sinyal, ada lima hal yang tidak boleh kamu lakukan. Barangkali, salah satu diantaranya menjadi penyebab renggangnya hubungan kalian saat ini.

Let’s check itu, guys!

1Terlalu Banyak Menuntut

piknikdong.com

Pria sangat tidak suka jika dituntut berlebihan oleh pasangannya. Minta inilah, minta itulah, jadinya malah bikin pacarmu tertekan. Paling parah, kalau ia sampai merasa kamu tidak bisa menerima dia apa adanya. Hubunganmu nanti jadi berantakan.

Nah, daripada kamu selalu protes ini itu, mendingan berikan masukan atau saran dengan cara yang tepat. Pilah kata-kata yang tidak membuatnya tersinggung.

2Kamu Terlalu Egois

irenegracesiana.wordpress.com

Tidak selamanya, girls, keinginanmu harus dipenuhi oleh pria. Ada kalanya kamu yang harus mengerti mereka. Ketika kamu ingin ia senantiasa membahagiakanmu, kamu pun mesti melakukan hal yang sama.

Tapi, kalau kamu melakukan yang sebaliknya dan menuntutnya untuk memenuhi keinginanmu, hubungan kalian bisa berantakan. Apalagi jika kamu tidak peduli dengan perasaannya, kalian akan terancam perpisahan.

Jadi, saling mendukung dan menolong lah ketika kamu atau dia ada masalah. Jangan malah menjauhinya. Ingat ya girls, apabila kalian bisa melewati dan menyelesaikan masalah bersama, hubungan kalian pasti langgeng selamanya.

3Kamu Tidak Pernah Menghargainya

blogvamili.com

Coba lihat ke dalam dirimu, apakah selama ini kamu selalu merendahkannya? Atau kamu cuek terhadap kebaikan yang dia lakukan kepadamu. Kalau iya, berarti kamu harus segera mengubah sikap tersebut.

Pada dasarnya seorang pria, ingin dihargai oleh pasangannya. Dia akan takluk pada perempuan yang pandai menghargai setiap kebaikannya. Saat dia meraih sebuah pencapaian, sekecil apapun itu, berikanlah apresiasi untuknya.

Pria akan setia kepadamu jika ia merasa nyaman dan diakui keberadaannya di sisimu. Jadi, girls, jangan salahkan dia yang menjauh kalau sikapmu selalu meremehkan dan tidak pernah menghargainya.

4Cemburu Berlebihan

ugm.ac.id

Sesungguhnya, tidak ada yang salah dengan rasa cemburu. Cemburu memang salah satu tanda cinta. Tapi, kalau cemburunya kelewatan, itu yang harus kamu pertanyakan. Jangan-jangan kepercayaanmu padanya sudah hilang.

Yang lebih gawat, jika dia sampai merasa tidak nyaman dengan kecemburuanmu yang berlebihan. Hati-hati ya, girls, bisa-bisa hubungan kalian jadi renggang lho. So, boleh cemburu, asalkan masuk akal.

5Suka Berdusta

thayibba.com

Kamu tidak suka dibohongi? Begitu pun pria. Mereka akan sangat marah ketika tahu kamu suka bohong. Jujurlah padanya, meskipun tentang hal kecil.

Meskipun nantinya dia akan pergi, yang penting kamu tidak berbohong. Apapun yang dia putuskan, itulah kenyataan. Mungkin saja dia memang bukan yang terbaik untuk kamu.

Kalau kamu punya masa lalu yang buruk atau masalah yang tidak menyenangkan, cobalah berbagi dengannya. Jangan takut ditinggalkannya, karena jodoh tidak akan kemana. Percayalah, seburuk apapun kamu, jika ia cinta, pasti akan menerima apa adanya.

6Menjelek-Jelekan Keluarganya

febrianhadi.wordpress.com

Ini nih girls, yang nggak boleh kamu abaikan. Seburuk apapun keluarganya, jangan katakan hal buruk tentang mereka. Apalagi, jika kamu sampai mencaci maki keluarganya, jangan harap si pria mau meneruskan hubungannya dengan kamu.

Yang paling utama, jangan menghina ibunya. Perlu kamu ketahui, girls, seorang pria sangat mencintai ibunya. Jadi, kalau kamu pun bisa menerima ibunya, itulah kebahagiaan terbesarnya.

Bagaimana jika keluarganya yang jahat padamu? Bicarakan baik-baik dengan kekasihmu. Yang terpenting jangan sekali-kali menghina mereka.

7Sangat Mandiri

tenmienmienphi.co

Lho, bukannya cowok nggak cewek yang terlalu manja? Yap, benar. Tapi, bukan berarti ia suka dengan cewek yang terlalu mandiri dan terkesan tidak membutuhkan bantuannya.

Kodratnya cowok, pasti ingin melindungi kekasihnya. Kalau kamu selalu merasa serba bisa melakukan sendiri dan cuek pada perasaannya, ia pasti merasa tidak nyaman dan tertekan. Boleh saja sangat mandiri, tapi cukuplah sesekali.

So, bagi kamu para cewek, jadilah diri kamu sendiri dan hargai cowokmu. Bagi yang belum putus cinta, masih ada waktu memperbaikinya. Tapi, kalau yang sudah terlanjur dan nggak mungkin balikan, jadikan masa lalu sebagai pelajaran.

SHARE