Hidup berkoloni dan membentuk kelompok telah menjadi budaya orang Indonesia. Hal ini bisa terlihat dari budaya gotong royong yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Selain itu slogan “makan nggak makan yang penting kumpul” menjadi gambaran pentingnya bersosialisasi bagi orang Indonesia. Berpindah ke kelompok, koloni atau tempat baru akan dilakukan bila memang dalam keadaan terpaksa.

Dan sudah menjadi keharusan untuk melakukan sosialisasi di tempat baru, paling tidak untuk memperkenalkan diri sebagai warga baru di tempat tersebut. Nah, kali ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat bersosialisasi di tempat baru seperti berikut ini.

1Simpan Ponsel

itoday.co.id

Simpanlah ponselmu saat hendak berbicara dengan orang lain. Berkomunikasi secara langsung dengan orang lain membutuhkan fokus yang penuh.

Selain itu, jika kamu masih saja memainkan ponselmu saat berbicara dengan orang lain akan membuatnya merasa tidak dihargai.

2Lemparkan Senyum

id.aliexpress.com

Ingat, senyum adalah ibadah. Maka jangan sungkan-sungkan untuk memberikan senyuman tulus kepada orang yang kamu temui. Selain itu, senyum dapat memberikan pesan bahwa dirimu adalah pribadi yang menarik dan terbuka.

3Ucapkan Sapa dan Salam

eksplorejambi.blogspot.com

Kebiasaan orang Indonesia adalah menyampaikan sapa dan memberikan salam kepada orang yang telah hadir terlebih dahulu dalam suatu forum.

Selain itu, bagi yang baru saja pindah ke lingkungan baru, selayaknya menyapa terlebih dahulu orang yang baru dikenalnya di lingkungan tersebut.

4Jabat Tangan

susindra.com

Setelah mengucapkan sapa dan salam, jangan lupa untuk menjabat tangan lawan bicaramu dengan cukup erat. Hal ini akan menunjukkan kepadanya bahwa dirimu merupakan orang yang hangat.

5Tataplah Mata Ketika Berbicara

bola.net

Orang tua kita dulu mungkin pernah mengajarkan untuk menatap atau melihat orang yang sedang mengajakmu berbicara. Rupanya hal ini merupakan adab dalam berbiicara dengan orang lain. Cara ini menunjukkan respek dan perhatianmu atas apa yang dibicarakannya.

6Mendengar Lebih Banyak

tegarhamzah.com

Ketahuilah bahwa selayaknya dalam bersosialisasi kamu menggunakan aturan 2:1 sebagai perbandingan antara mendengar dan berbicara. Artinya kamu harus banyak mendengar daripada berbicara.

7Beri Tanggapan

manusiacipta.blogspot.com

Jangan sampai kamu melupakan poin-poin penting dalam pembicaraanmu, juga berikan tanggapan sesekali saat berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini akan mengindikasikan kamu benar-benar mendengarkan perkataan mereka.

Namun usahakan untuk tidak memberi tanggapan yang tendensius, berilah tanggapan yang bersifat netral tidak memihak. Dan saat merasa kurang jelas tentang apa yang dibicarakan, bertanyalah pada lawan bicaramu.