Rizky merupakan salah satu kenikmatan bagi manusia yang sudah dijamin oleh ALLAH. Namun manusia sering kali lupa bahwa rizky ini sudah dijamin jika mau berusaha, mereka banyak yang terlalu khawatir terhadap rizky yang didapatnya.

Hakikat rizky itu sendiri sebenarnya sangat luas, tidak melulu soal uang, tapi rizky sangat luas, bisa kesehatan, istri yang sholehah, kehidupan ini, anak dan sebagainya.

Dalam soal harta Rasulullah telah mengajarkan kepada umatnya, walau rasulullah dulu Cuma berdagang dalam menjemput rizkynya. Tapi tetap ada rincian yang menjadi perhatian kita semua dalam menjemput rizky.

Dan inilah 8 cara yang diajarkan rasulullah untuk membuka rizky kita.

1Cukupkan dengan yang Halal dan Jauhi yang Haram

ahlulbaitindonesia.or.id

Jika kita sudah berusaha dan mendapatkan harta yang tidak terlalu banyak maka cukupkan kebutuhan dengan harta halal itu saja, jangan mencari tambahan dengan cara yang haram.

Rasulullah mengajarkan ini karena memang doa bisa tertolak jika ada makanan haram yang masuk ke dalam tubuh kita.

2Jauhi Segala yang Syubhat

tarbawiyah.com

Kadang memang banyak harta yang seliweran di tengah-tengah kehidupan kita dan kita masih bingung dengan harta yang seperti itu.

Lebih baik dan dianjurkan bagi kita menjauhi harta syubhat yang tidak jelas seperti itu, karena yang tidak jelas biasanya lebih mengarah ke yang haram.

3Selalu Berperasangka Baik Terhadap ALLAH

thesoulfortress.wordpress.com

Selalu berperangsaka baik lah kepada ALLAH, walau suatu hari hasil yang kamu dapat tidak seperti apa yang kamu harapkan.

Karena itu mungkin yang terbaik bagi kamu, sungguh ALLAH adalah sebaik-baik pengatur, siapa tahu harta yang banyak tidak baik untuk kamu atau ada rizky lain yang akan diberikan oleh ALLAH kepada kamu.

4Iman dan Taqwa Kepada ALLAH

arrahmah.com

Sudah menjadi modal utama tentunya, iman dan taqwa merupakan yang tidak bisa dipisahkan dari membuka pintu rizky. Rizky itu kepunyaan ALLAH dan kalau kita bertaqwa tentu ALLAH tidak akan menyia-nyiakan orang bertaqwa kepada NYA

Taqwa juga merupakan jalan keluar dari segala permasalahan, dengan iman dan tawa orang akan terbimbing ke jalan rizky yang halal.

5Sabar, Syukur dan Selalu Istighfar

tabungwakaf.com

Bersabarlah atas apa yang kamu punya dan apa yang kamu dapatkan. Syukuri atas pemberian ALLAH atas yang kamu dapatkan. Dengan sabar dan syukur itulah justru rizky kamu akan ditambah.

Istighfar merupakan hal yang mendekatkan kepada ALLAH, jika banyak beristighfar insyaALLAH jalan kemudahan dan kelapangan rizky kamu akan terbuka.

6Ikhtiar dan Silaturahim

djkn.kemenkeu.go.id

Ikhtiar merupakan salah satu hal yang mempengaruhi terbukanya rizky, tanpa ikhtiar tidak akan mungkin. Jangan lupa jalin silaturahim dengan sesama, karena salah satu jalan rizky juga karena silaturahim.

7Bersungguh-Sungguh dalam Berdoa

elsunnah.wordpress.com

Sungguh-sungguhlah dalam berdoa kepada ALLAH, jangan pernah bosan dengan apa yang kamu doakan karena kamu juga tidak tahu kapan doa kamu akan dikabulkan.

Doa itu seperti mengayuh sepeda yang berulang-ulang, semakin kamu banyak mengayuh sepeda semakin kamu sampai tujuan.

8Perbanyak Infaq dan Sedekah

dainusantara.com

Perbanyak infaq dan sedekah bagi orang lain yang membutuhkan karena memang sebagian rizky kita memang untuk mereka. Lagipula ALLAH lah yang sejatinya memiliki rizky, bukan kita yang punya.

Jika rizky digunakan untuk jalan beribadah kepada ALLAH tentu ALLAH akan mengganti dengan yang lebih baik dan lebih banyak.

Itulah cara membuka rizky seperti yang diajarkan rasulullah, semoga bermanfaat bagi kita manusia yang selalu butuh rizky.