Semut adalah hewan kecil yang kita temui sehari-hari. Serangga ini memang terkadang mengganggu.  Jika kita tidak berhari-hati dalam menaruh makanan hewan-hewan kecil ini akan merayap dan menghampiri makanan tersebut.

Jangan salah, semut tidak hanya menghampiri gula atau makanan yang manis-manis saja. Apa saja jenis makanan bisa mereka ‘serang’.

Semut merupakan serangga eusosial yang berasal dari kelurga Formisidae. Semut juga termasuk dalam ordo Himenoptera bersama lebah dan tawon.

Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Selama ini kita hanya melihat semut yang ada di sekitar rumah dan lingkungan.

Nah, sebenarnya ada beberapa semut yang mungkin belum pernah kamu ketahui. Mereka memiliki bentuk yang unik dan hidup di beberapa tempat tertentu.

Berikut beberapa spesies semut yang mungkin belum kamu ketahui.

1Cantik Seperti Madu, Honeypot Myrmecocystus

tarheelants.com

Dilihat dari namanya saja ada kaitannya dengan madu. Yup, spesies semut yang satu ini memiliki ciri tubuh yang unik, tubuhnya berwarna kuning seperti warna madu.

Honeypot Myrmecocystus merupakan semut yang hidup di iklim kering. Mereka harus menyimpan makanan untuk bertahan hidup lama dari kelangkaan makanan.

Semut ini bisa kamu temui di padang pasir Amerika Utara. Mereka menggunakan tubuhnya sebagai wadah yang hidup.

Dapat kamu lihat, tubuhnya membengkak, hal ini karena cairan cadangan yang tersimpan di dalamnya dan dibawa ke sarang pasangan.

2Semut Lompat, Harpegnathos Saltator

www.myrmecos.net

Tidak hanya katak yang bisa melompat, semutpun ada yang bisa melompat lho. Adalah Harpegnathos Saltator, ia dikenal dengan semut Pelompat India.

Semut ini adalah salah satu semut pertama yang mempunyai genome sequencing.

3Podomyrma

www.alexanderwild.com

Pernahkah kamu melihat dua jenis hewan yang berbeda saling berdekatan dan berinteraksi? Misal saja semut dan ulat.

Mungkin terlihat aneh ya? Semut Podomyrma adalah semut yang cenderung mendekati ulat Lycaenid di Australia Selatan.

Mengapa demikian? Yup, karena ulat ini mengeluarkan zat-zat yang membuat semut tertarik. Sedangkan sang semut berperan akan memberikan perlindungan dari parasit.

4Predator Misterius, Malagasi (Mystrium Spesies)

www.wikiwand.com

Semut yang satu ini cukup mengerikan. Ia merupakan predator penghuni hutan hujan pada sampah daun.

5Penjaga Pohon, Cecropia (Azteca Alfaroi)

en.wikipedia.org

Selain semut di atas, kali ini ada semut penjaga pohon. Ia adalah Cecropia (Azteca Alfaroi). Semut-semut ini memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi.

Betapa tidak ketika ada penyusup yang masuk, mereka bekerja bersama-sama untuk mengepung dan melumpuhkan lawan-lawan dengan menjepitnya hingga lemas.

6Sang Predator, Thaumatomyrmex

commons.wikimedia.org

Inilah salah satu serangga yang paling langka di dunia. Adalah Thaumatomyrmex, semut mandibula Amerika tropis ini telah membuat ilmuwan semut bingung.

Thaumatomyrmex merupakan predator khusus dari landak seperti kaki seribu. Ia memiliki rahang yang panjang. Rahangnya dapat menangkap mangsa tanpa cedera.

7Penyuka Nectaries Daun, Paratrechina Longicornis

www.alexanderwild.com

Si “Pekerja yang Gila”, itulah sebutan dari semut yang satu ini. Paratrechina Longicornis suka minum nectaries di bawah daun.

Sebagai imbalannya, semut-semut ini membantu menghilangkan hama pada tanaman tersebut.

8Semut Terbesar, Dinoponera

myrmecos.net

Spesies ini dapat ditemukan di Amerika Selatan. Dinoponera adalah satu di antara semut terbesar di dunia. Ia memiliki panjang lebih dari satu inchi.

9Pogonomyrmex Rugosus

gadau.lab.asu.edu

Kamu akan melihat adegan dua semut yang terlibat peperangan. Dua mesin penuai semut (Pogonomyrmex Rugosus) dari sarang yang berdekatan ini memang terlihat sedang bertarung.

Eits, jangan salah, pertempuran tersebut tidak benar-benar melukai satu sama lain. Itulah “pertempuran bohongan” yang dilakukan semut-semut ini untuk megumpulkan informasi tentang tentangga mereka. Lucu ya?

Menarik bukan? Itulah beberapa spesies semut yang mungkin belum kamu ketahui. Ternyata banyak hal yang belum kita ketahui tentang ciptaan Tuhan di dunia ini. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita.