Sudah tahu belum guys? ternyata tidur dalam keadaan mulut terbuka akan memberikan efek yang kurang baik bagi orang.

Mungkin bagi sebagian orang ini adalah hal yang lucu, bahkan ada yang mengerjai dengan memasukkan sesuatu ke dalam mulut orang yang tidur itu.

Bagi kamu, teman atau saudara yang mengalami tidur seperti itu, segera bantu dengan membangunkan untuk menutup mulutnya karena ada beberapa akibat yang perlu menjadi perhatian akibat tidur mulut terbuka.

1Masuknya Udara Melalui Mulut

beritalamongan.com

Tidur dengan mulut terbuka adalah tanda-tanda saluran napas yang tidak lancar. Paru-paru kekurangan oksigen sehingga mulut membuka supaya udara yang masuk lebih banyak.

Dengan udara yang masuk melalui mulut, otomatis udara tersebut tidak saringnya layaknya seperti hidung, bisa saja debu kotor dan penyakit bisa masuk.

2Membuat Mulut dan Bibir Kering

wartakesehatan.com

Ketika tidur dalam keadaan mulut terbuka, seseorang akan bernapas lewat mulut dan membuat cairan hilang lewat penguapan sehingga mulut dan bibir akan kering.

Akibatnya bisa sangat serius, seperti menyebabkan gangguan saat menelan dan penurunan jumlah air liur yang punya fungsi melindungi mulut dan gigi.

3Merusak gigi

palembang.tribunnews.com

Akibat berikutnya ketika tidur dalam keadaan mulut terbuka adalah dapat merusak gigi.

Ketika air liur berkurang pH di mulut pun bisa lebih rendah alias mulut bisa menjadi lebih asam. Kondisi mulut yang terlalu asam bisa meningkatkan resiko terjadinya erosi gigi, karies, hingga pembusukan.

4Bau mulut

penabiru.com

Bau mulut pasti didapat bagi orang yang tidur dalam keadaan mulut terbuka. Air liur yang berkurang, bisa mengundang banyak kuman ke dalam mulut. Kuman yang banyak dan gigi yang rusak bisa berujung menyebabkan bau mulut.

5Kelelahan

merdeka.com

Hal berikutnya adalah ketika bangun tidur seperti kelelahan. Hal ini diakibatkan karena bernapas kita lewat mulut membuat kita nggak mendapat oksigen yang cukup di dalam paru-paru. Akibatnya bisa membuat kita kelelahan.

Kamu yang mengalami ini atau mungkin teman dan saudara segera saja suruh konsultasi ke dokter, hal ini mungkin saja sebuah penyakit atau kelainan, yang pasti hal ini masih bisa disembuhkan kok.