Beberapa ratus tahun lalu, Danau Toba yang selama ini kamu kenal, berbentuk gunung. Lebih tepatnya gunung berapi dengan kekuatan super. Sekarang, memang tidak nampak lagi seperti bentuk aslinya.

Namun, ratusan tahun silam, Toba pernah meletus dahsyat. Letusannya ratusan kali lipat dari letusan Gunung Krakatau. Suara letusan Gunung Krakatau kala itu menggema hingga ke daratan Amerika.

Kalau Gunung Toba pernah meletus seratus kali lipat dari letusan Gunung Krakatau, kamu psati sudah bisa membayangkan betapa mengerikannya. Percaya atau tidak, sampai sekarang Gunung Toba yang mengelilingi danau dan Pulau Samosir termasuk kategori gunung aktif.

Dengan demikian, ada saatnya nanti Gunung Toba pun akan erupsi. Entah kapan itu terjadi. Yang jelas, jika benar-benar terjadi, spesies manusia akan musnah. Seperti inilah akibatnya kalau Gunung Toba meledak seratus kali lipat dari ledakan ratusan tahun lalu.

1Dunia Akan Gelap Gulita

togapardede.wordpress.com

Tahukah kamu, berapa juta ton asam belerang yang dilontarkan dalam sekali ledakan Gunung Toba? Ratusan tahun silam, jutaan ton asam belerang tersebut membuat dunia gelap dalam waktu sekejap.

Tak hanya itu, manusia juga akan diserang asap beracun. Bahayanya seratus kali lipat dari peristiwa kabut asap yang melanda Kalimantan dan Sumatera beberapa waktu lalu.

2Kehidupan Runtuh Satu Demi Satu

faizalfredly.com

Letusan mahadahsyat dari Gunung Toba akan menciptakan gumpalan awan hitam sehingga menutupi cahaya matahari. Cahaya yang seharusnya menjadi sumber kehidupan terhalang oleh pekatnya awan.

Akibatnya, tumbuhan banyak yang mati karena tidak ada proses fotosintesis. Manusia dan hewan kekurangan vitamin D sehingga tulangnya mudah rapuh. Sangat mengerikan bukan? Tapi, itulah yang pernah terjadi di masa lalu.

3Laut Menjadi Dingin

irhamykpedia.blogspot.com

Ketika Gunung Toba meletus ratusan tahun silam, iklim bumi menjadi sangat ekstrim seketika. Fakta tersebut didapatkan dari penelitian seorang geolog asal New York University. Ia menemukan benda di dasar laut yang disebut foraminifera.

Benda itu diteliti dan akhirnya membuktikan bahwa letusan Gunung Toba memang sangat mengerikan. Suhu bumi mengalami penurunan samapi 5 derajat celcius. Kalau hal ini terjadi lagi, kamu pasti sudah bisa membayangkan, bahwa lautan pun nyaris beku.

4Pulau Samosir dan Danau Toba Hancur Lebur

portalilmu30.blogspot.com

Pulau Samosir dan Danau Toba akan terkena dampak pertama kali ketika Gunung Toba meletus. Diprediksikan Pulau Samosir akan lenyap dan Danau Toba hilang entah kemana. Dampak yang paling mengerikan adalah terbelahnya Pulau Sumatera.

Letusan Gunung Toba di masa lalu mengakibatkan kaldera yang kamu lihat di Danau Toba. Nah, kalau letusannya terulang lagi, tentu lebih parah dampaknya.

5Gunung Api Lainnya Akan Meletus

solopos.com

Ini yang lebih dan lebih mengerikan. Saat ada satu gunung yang meletus, biasanya gunung-gunung lainnya pun meletus. Kasus tersebut sudah terbukti setahun lalu ketika Gunung Sinabung meletus, disusul beberapa gunung lainnya meskipun letusannya kecil.

Jika yang meletus Gunung Toba, dampaknya pasti sangat parah. Pasalnya, deretan gunung api yang terhubung dari Gunung Toba merupakan gunung besar semuanya. Letusan Gunung Toba dinilai super volcano, apalagi kalau ditambah letusan gunung lainnya.

Mungkin Indonesia lenyap seketika. Bumi pun lumpuh karena kehidupan satu demi satu menghilang. Konon, dampak letusan Gunung Toba dapat terjadi selama bertahun-tahun.

Bencana alam adalah kehendak Tuhan. Manusia hanya bisa berusaha memberikan peringatan dan mencegahnya dari doa yang dipanjatkan.

Namun, jika suatu saat nanti Gunung Toba benar-benar meletus, maka makhluk hidup sudah tak lagi punya harapan.